Rekapitulasi Penyaluran Dana Bantuan Siswa Miskin

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia merilis laporan rekapitulasi penyaluran Dana Bantuan Siswa Miskin yang sudah dialokasikan ke 35 Provinsi di seluruh Indonesia.

Bantuan Siswa miskin ini merupakan program kementrian Pendidikan dan kebudayaan dalam mengentaskan Program pendidikan dasar 9 tahun yang sudah dicanangkan beberapa tahun yang lalu. Alokasi terbanyak Penyaluran dana bantuan siswa miskin ini adalah dari jenjang Sekolah Dasar dan SMP dengan Jawa Tengah mendapat index terbesar untuk 468,568 untuk SD dan 114,781 untuk SMP.

Program BSM merupakan Program Pusat yang digunakan untuk meminimalisir hambatan siswa miskin dalam berpartisipasi untuk bisa sekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, serta menarik siswa miskin untuk dapat kembali bersekolah, mensupport siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran program sekolah.

Rekapitulasi Penyaluran Dana Bantuan Siswa Miskin
Dalam Program BSM ini bertujuan agar anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin dapat tetap bersekolah, tidak putus sekolah, dan di masa depan mereka dapat memutus rantai kemiskinan yang saat ini dialami orangtuanya.  Sistem BSM juga support dan merupakan komitmen pemerintah dalam rangka meningkatkan angka partisipasi angka pendidikan di Kabupaten/Kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

Program ini berupa bantuan langsung kepada siswa dan bukan dalam bentuk  beasiswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi (beasiswa) mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Dana BSM diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar hingga Perguruan Tinggi dengan besaran sebagai berikut:
  1. BSM SD & MI sebesar Rp  225.000 per semester atau Rp 450.000 per tahun.
  2. BSM SMP/MTs sebesar Rp 375.000 per semester atau Rp 750.000 per tahun
  3. BSM SMA/SMK/MA sebesar Rp 500.000 per semester atau Rp 1.000.000 per tahun.
Di jenjang pendidikan tinggi, program beasiswabagi anak kurang mampu juga digulirkan pemerintah dengan nama bantuan belajar mahasiswa miskin ber-IPK 2,5, dan beasiswa bidik misi. Bidik misi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang berpotensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. 


Sumber : http://bsm.kemdikbud.go.id/

0 komentar