Kerangka Tubuh Kita dan Fungsinya

Tahukah kamu, mengapa tubuh kita dapat berdiri tegak? Tubuh kita dapat berdiri tegak dan mempunyai bentuk karena adanya kerangka tubuh.

Kerangka tubuh kita tersusun dari tulang-tulang. Ada 206 potong tulang yang membentuk rangka dalam tubuh kita. Fungsi rangka tidak hanya memberi bentuk tubuh dan membuat kita dapat berdiri tegak. Fungsi rangka tubuh adalah:
  • Memberikan bentuk pada tubuh kita.
  • Menahan dan menegakkan tubuh kita.
  • Menjaga agar organ tubuh kita tetap berada di tempatnya.
  • Melindungi organ-organ tubuh yang lunak seperti otak, jantung, dan paru-paru.
  • Sebagai alat gerak pasif (Untuk bergerak saat dikehendaki otot).
  • Menghasilkan sel darah (di dalam sumsum tulang).

Rangka tubuh kita terbagi atas tiga bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apakah perbedaannya? Mari kita bandingkan bentuk rangka kepala, rangka badan, dan rangka
Sumber : BSE Kelas IV SD Heri S
anggota gerak, juga fungsi masing-masing dan bagian-bagian yang menyusunnya !

1. Rangka kepala (tengkorak)
Rangka kepala juga dikenal dengan nama tengkorak. Tengkorak berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih. Tulang-tulang tersebut bersatu membentuk sendi, tetapi sendi tersebut tidak dapat digerakkan. Tulang tengkorak keras, gunanya untuk melindungi otak. Otak perlu dilindungi karena otak merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting dan sangat lunak.


2. Rangka Badan


Rangka badan tersusun atas tulang belakang,  tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang  panggul. Tulang  belakang merupakan tulang yang kuat dan fleksibel. Tulang belakang terdiri atas 33 ruas, Tulang belakang berfungsi untuk menyanggga kepala. Dalam ruas-ruas tulang belakang terdapat saluran sumsum tulang belakang.
Ruas-ruas tulang belakang, dan tulang dada, serta tulang rusuk saling berhubungan dan membentuk rongga dada  yang melindungiorgan dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru.

Tulang dada terletak di dada bagian tengah. Tulang dada berbentuk pipih, dengan bagian atas lebih lebar daripada bagian bawahnya. 
Tulang Rusuk pada manusia terdiri atas 12 pasang tulang rusuk yang dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang. Tulang rusuk sejati adalah tulang rusuk yang bagian depan tulang rusuk melekat pada tulang dada dan bagian belakang melekat pada tulang punggung, sedangkan tulang rusuk palsu adalah tulang rusuk yang bagian depannya melekat padan tulang rusuk sejati dan bagian belakang melekat pada tulang punggung. Tulang rusuk melayang adalah bagian depan tulang rusuk tidak melekat pada tulang apapun, sedangkan bagian belakang melekat pada tulang punggung.

3. Rangka anggota gerak
Rangka anggota gerak pada manusia terdiri atas rangka tangan(rangka anggota gerak atas) dan rangka kaki(rangka anggota gerak bawah).            

Rangka Anggota Gerak
Sumber: BSE IPA kelas IV SD-Heri S



Bentuk-bentuk Tulang Rangka Manusia
Jika kalian amati, tulang yang menyusun rangka tubuh kita bentuknya berbeda-beda, coba kalian perhatikan bentuk tulang paha, tulang belikat dan tulang tempurung kaki! Bentuknya berbeda bukan? Berdasarkan bentuknya tulang kita dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yakni:
a. Tulang pipih
Tulang pipih adalah tulang yang bentuknya pipih/gepeng. Contoh tulang pipih antara lain, tulang belikat,tulang rusuk, tulang panggul, tulang dada,  dan tulang-tulang pada tengkorak.

b. Tulang pendek
Tulang pendek adalah tulang yang bentuknya bulat pendek. Contohnya tulang tempurung lutut, tulang pergelangan kaki, ruas-ruas tulang belakang, dan tulang pergelangan tangan.

c. Tulang pipa
Tulang seperti gambar di atas disebut tulang pipa karena bentuknya menyerupai pipa, bulat panjang dan di bagian tengahnya berongga besar. Contoh tulang pipa adalah tulang lengan, tulang paha, dan tulang ruas jari.


3. Hubungan Antar tulang
Coba kamu gerakkanlah pergelangan tanganmu! Kearah mana sajakah pergelangan tanganmu dapat bergerak? Ya. Kamu bisa menggerakkannya ke segala arah. Apakah hal yang sama dapat kamu lakukan pada siku dan lututmu? Pasti tidak bukan? 
Mengapa bisa begitu? Hal itu erjadi karena persendian pada pergelangan tangan dan pada bagian siku/lutut berbeda. Persendian adalah hubungan antar tulang. Hubungan antar tulang terbentuk jika beberapa tulang bertemu pada bagian ujungnya. Pada permukaan ujung tulang yang saling bertemu pada persendian terdapat lapisan tulang rawan (tulang yang lunak). Persendian juga dilapisi selaput sendi yang menghasilkan minyak sendi. Minyak sendi berguna sebagai pelumas yang mengurangi gesekan pada tulang. 
Berdasarkan sifat gerakannya, persendian dibedakan menjadi tiga, yaitu sendi gerak, sendi mati, , dan sendi kaku.
  1. Sendi Kaku
    Sendi kaku ialah sendi yang dapat digerakkan, akan tetapi gerakannya terbatas, contoh sendi kaku adalah persendian pada pergelangan kaki, pergelangan tangan, juga hubungan antara tulang rusuk dan tulang dada, serta ruas-ruas tulang belakang.
  2. Sendi Mati
    Sendi mati ialah sendi yang tidak dapat digerakkan. Hubungan pada tulang tengkorak merupakan contoh sendi mati.
  3. Sendi Gerak
    Sendi gerak ialah sendi yang dapat bergerak dengan bebas. Bentuk sendi gerak bermacam-macam. Terdiri atas:  sendi engsel, sendi pelana, sendi putar, sendi geser, dan sendi peluru.
Sendi EngselSendi engsel adalah sendi yang hanya dapat bergerak ke satu arah, seperti gerakan pada pintu. Contoh sendi engsel adalah persendian pada siku, lutut, dan sendi yang menghubungkan ruas pada jari-jari tangan dan kaki.
Sendi Pelana
Sendi pelana terdapat pada hubungan antara ruas jari dan telapak tangan.Pada sendi pelana,  tulang dapat bergerak ke dua arah.
Sendi GeserBentuk sendi geser memungkinkan terjadinya pergeseran antar tulang, contohnya persendian pada tulang belakang.
Sendi PutarPada sendi putar, satu tulang sebagai poros sendi. Contoh sendi putar adalah persendian antar tulang atlas pada leher dan tulang tengkorak dan persendian antara tulang hasta dan tulang pengumpil.
Sendi PeluruPAda sendi peluru, tulang  dapat bergerak ke segala arah karena salah satu tulang berbentuk bonggol yang masuk ke dalam tulang lain. contoh sendi peluru adalah hubungan antar tulang gelang bahu dan tulang lengan atas serta antara gelang panggul dan tulang paha.

Setelah mempelajari bentuk dan fungsi rangka tubuh kalian tentu menyadari pentinya menjaga kesehatan rangka. Bagaimana caranya? Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rangka dapat kalian simak pada posting selanjutnya.


Referensi dan gambar:
Buku Siswa Kelas 5 SD, Tema 4
BSE IPA Kelas 4 SD- Heri Sulistyanto dan Edi Wiyono
https://docs.google.com/document/d/1Yij3K3jQYx1tZY0urpuTVcpWtXadLqhYdZMIFeZ9mc8/edit


0 komentar