Cara Menjaga Kesehatan Rangka Tubuh

Cara untuk menjaga kesehatan rangka tubuh antara lain:

 A.   Makanan Makanan Bergizi
Rangka tubuh kita tersusun atas tulang-tulang. Tulang tersusun dari berbagai mineral, terutama kalsium dan fosfor, juga protein yang disebut kolagen. Karena kita memperoleh zat-zat penyusun tulang dari makanan, maka kesehatan rangka sangat berkaitan dengan kualitas makanan. Kita membutuhkan makanan yang mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor untuk menjaga kesehatan rangka.

Vitamin D membantu membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Dalam proses pencernaan, vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium. Vitamin ini banyak terdapat pada kuning telur, ikan, dan susu . Kalsium terkandung dalam susu, ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Tubuh manusia diperkirakan mengandung sekitar 1000 gram kalsium, dan 99%-nya terdapat dalam tulang. Fosfor banyak terdapat pada jagung, ikan, dan kacang-kacangan. Kita perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu kita juga perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup karena air sangat penting untuk proses metabolisme tubuh kita.

Hal yang tidak kalah penting adalah menghindari makanan dan minuman yang dapat memperburuk kesehatan tulang dan rangka.  Makanan dan minuman yang dapat mengurangi kesehatan rangka ialah:
  1. Minuman bersoda
    Sebagian besar minuman soda (soft drink) mengandung asam fosfat yang dapat meningkatkan ekskresi kalsium melalui air seni (urine). Selain itu minuman bersoda juga seringkali lebih disukai dibanding minuman lain yang lebih sehat, sehingga dapat mengurangi asupan kalisum secara keseluruhan.
  2. Garam
    Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan hilangnya kalsium sehingga tulang akan menjadi lemah. Garam mengandung Natrium, zat inilah yang dapat menyebabkan hilangnya kalsium. Menurut para ahli setiap konsumsi 2.300 mg natrium, seseorang akan kehilangan sekitar 40 mg kalsium melalui air seni.
    Waduh.... apa lantas kita tidak mengkonsumsi garam? padahal masakan apapun tidak akan terasa lezat tanpa garam kan? Tentu kita tidak perlu menghindari sama sekali, hanya kita tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium seperti ubi jalar, pisang, tomat dan bayam juga dapat membantu mengurangi hilangnya kalsium dalam tubuh kita, serta dapat membantu menjaga keseimbangan kadar natrium dalam darah. 
  3. Kafein
    Sebenarnya hubungan antara kafein dengan kesehatan tulang memang ada, tetapi tidak langsung. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan/minuman berkafein dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Apabila yang terganggu adalah pembuluh darah tulang belakang pasti akan menimbulkan rasa sakit. Menurut ahli kesehatan, pengeroposan tulang dapat disebabkan berbagai faktor, seperti infeksi, tumor, dan proses degeneratif pada tulang maupun jaringan lunaknya. Pengeroposan tulang juga dapat disebabkan kelainan pada proses metabolisme seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Sedangkan kafein juga dapat memperburuk kondisi penyakit tersebut. 
  4. Alkohol
    Konsumsi alkohol ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan tulang dan meningkatkan resiko osteoporosis. Konsumsi alkohol dapat mengganggu fungsi pankreas serta penyerapan kalsium dan vitamin D. Alkohol juga mempengaruhi fungsi sel-sel pembentuk tulang( osteoblast) dan mengurangi estrogen yang menyebabkan renovasi pada tulang melambat.
  5. Minyak terhidrogenasi
    Dalam proses pembuatan minyak terhidrogenasi (margarin), vitamin K akan hancur. Sedangkan vitamin K dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang kuat juga untuk penyerapan kalsium.

B.    Menjaga Sikap dan Postur Tubuh
Sikap tubuh tertentu terbukti berdampak buruk bagi kesehatan tulang lho!
Kalian tentu ingin hidup normal dan sehat bukan? Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan tubuh, termasuk tulang-tulangmu. Agar pertumbuhan rangka tubuhmu baik, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Usahakan berjalan, duduk, dan berdiri dengan sikap tegap.
  2. Sebaiknya tidurlah dengan posisi telentang, jangan membiasakan diri tidur dengan posisi  tengkurap atau menggulung.
  3. Jika mengangkat benda sesuaikan dengan kemampuan tenagamu, jangan mengangkat beban berlebihan.
  4. Jika harus membawa beban, seperti tas misanya, usahakan agar tangan kanan dan kiri membawa beban yang beratnya seimbang.
  5. Usahakan agar punggungmu tetap dalam posisi tegak saat mengangkat badan dari lantai. Jadi, tekuklah lutut(berlutut) saat mengambil barang, janggan menekuk punggung.
  6. jangan menggunakan sepatu berhak tinggi.

C.   Olahraga secara teratur
Olah raga dengan cukup dan teratur juga berdampak positif bagi kesehatan tulang dan sendimu. Dengan latihan yang tepat, tulang-tulangmu akan menjadi kuat. Penelitian menunjukkan, wanita dan pria muda berolahraga secara rutin ternyata memiliki tulang yang lebih padat. Rutin berolahraga juga dapat mencegah pengeroposan. Jenis olahraga yang paling baik untuk kesehatan tulang adalah olahraga weight-bearing.  Weight-bearing adalah olahraga yang membuat Anda melawan gravitasi, misalnya: latihan beban, berjalan, mendaki, jogging, dan berdansa. Jenis olahraga seperti ini bermanfaat untuk memberi beban pada tulang yang diperlukan untuk mendorong perkembangan tulang yang kuat dan sehat.
Untuk menjaga kesehatan persendian, kamu juga perlu berolah raga. Kurang aktif bergerak dapat membuat sendi pada tubuhmu menjadi kaku dan lemah. Akibatnya, sendi tidak dapat agi bebas bergerak.Jenis olah raga yang baik untuk menjaga kesehatan sendi adalah olahraga aerobik dengan intensitas sedang seperti: bersepeda, jogging, yoga, atau stretching

Referensi:
BSE Kelas IPA IV Heri Sulistyanto
BSE Kelas IPA IV Poppy K Devi
http://health.detik.com/read/2013/03/07/194652/2188957/763/benarkah-kopi-bisa-bikin-tulang-keropos
http://www.hilo.co.id/olahraga-untuk-sempurnakan-kesehatan-tulang-dan-sendi
http://www.merdeka.com/sehat/4-makanan-terbaik-dan-terburuk-untuk-kesehatan-tulang.html
http://bidanku.com/8-makanan-untuk-kesehatan-tulang

0 komentar