Kisi-kisi UASBN Sudah Dapat Diunduh

Waktu terasa cepat sekali berlalu, tiada terasa semester 1, tahun pelajaran 2011/2012 sudah berakhir, untuk siswa kelas 6 SD, UASBN kian dekat saja. Terkait dengan pelaksanaan UASBN, BNSP telah mengumumkan kisi kisi UASBN untuk jenjang pendidikan SD/MI hingga SMU/ SMK sejak tanggal 15 Desember 2011 kemarin. 

Anda dapat mengunduh file tersebut pada link : http://bsnp-indonesia.org/id/?p=814 

Satu hal yang sering menjadi keprihatinan saya adalah kenyataan bahwa energi anak-anak dan kami gurunya seperti dikuras habis untuk menghadapi UASBN.
Sebenarnya saya sangat setuju bahwa untuk menjaga kualitas pendidikan diperlukan sebuah ujian yang berskala nasional, tapi saya merasa tidak sreg dengan kenyaataan yang sering terjadi di lapangan. Banyak guru, mungkin termasuk saya sendiri memandang nilai UASBN seolah segala-galanya. Anak-anak dicekoki latihan soal sepanjang waktu. Teknik seperti ini memang sering kali manur untuk mendongkrak nilai UASBN, tapi yang menjadi pertanyaan besar bagi diri saya sendiri adalah "apakah tujuan pendidikan sudah benar-benar tercapai? "

0 komentar