Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 2 pertemuan @ 2x 35 menit
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 2 pertemuan @ 2x 35 menit
Standar Kompetensi :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/ model
Kompetensi Dasar :
6.2 Membuat suatu karya/ model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
Merancang dan Membuat Suatu Karya atau
Model dengan Menerapkan Sifat Cahaya
Dari pengetahuan kita mengenai sifat-sifat cahaya yang telah dipelajari sebelumnya, kita dapat membuat suatu karya atau model. Dengan memanfaatkan peralatan yang sederhana, kita dapat membuat alat-alat seperti periskop dan lensa. Sebelum membuat model, tentunya kita harus merancang alat-alat tersebut. Setelah model atau karya tersebut jadi maka kita juga perlu menguji hasil rancangan tersebut dan menyempurnakannya.
A. Periskop
Alat dan
bahan
1.
2 Kotak
pasta gigi.
2.
Lem.
3.
Selotip.
4.
Cutter.
5.
Pensil.
6.
Penggaris.
7.
2 Cermin
datar ukuran 3 cm × 3 cm
Rancangan
alat
Dengan
menggunakan peralatan sederhana kita akan membuat sebuah periskop. Kita akan
menggunakan 2 buah kotak pasta gigi sebagai tabungnya. Di dalam kotak tersebut
kita simpan dua buah cermin datar. Periskop
yang kita buat berbentuk balok seperti huruf
S. Bentuk periskop ini disesuaikan dengan kreativitasmu masing-masing. Kamu
boleh membuat bentuk yang lain asalkan periskop dapat digunakan.
Cara Membuat
1.
Buatlah
persegi pada bagian depan atas kotak dengan ukuran 3 cm × 3 cm.
2.
Lubangi
bagian persegi tersebut dengan menggunakan cutter.
3.
Letakkan
cermin pada bagian atas tersebut dengan posisi miring dan bagian depan cermin
menghadap ke bawah dan rekatkan dengan selotip.
4.
Buatlah
persegi pada bagian bawah belakang kotak dengan ukuran 3 cm × 3 cm.
5.
Lubangi
bagian persegi tersebut dengan menggunakan cutter.
6.
Letakkan
cermin pada bagian bawah tersebut dengan posisi miring dan bagian depan cermin
menghadap ke atas dan rekatkan dengan selotip.
7.
Potong kotak
pasta gigi lainnya menjadi tiga bagian yang sama panjang dengan alas dan tutup
yang terbuka.
8.
Tutup kedua
lubang yang ada pada bagian depan dan belakang periskop dengan potongan kotak
yang telah disiapkan. Rekatkan dengan menggunakan lem atau selotip,
9.
Amati
teman-temanmu dari balik jendela yang ada di sekolahmu!
B.
Kaca
Pembesar Sederhana
Alat dan
Bahan yang diperlukan
1.
Bola lampu
yang tidak terpakai
2.
Air jernih
3.
Obeng
4.
Karet Balon
5.
Tang
6.
Karet gelang
Rancangan
alat
Kaca
pembesar sederhana ini terbuat dari bola lampu yang tidak
terpakai. Jika ke dalam bola tersebut dimasukkan air maka kita dapat menggunakannya
untuk melihat benda-benda kecil agar terlihat lebih jelas.
Cara mambuat
1.
Lubangi
bagian belakang bola lampu dengan menggunakan obeng dan tang!
2.
Bersihkan
bagian dalamnya hingga bersih!
3.
Masukkan air
bening ke dalam bola lampu, tutup bagian belakangnya dengan menggunakan karet
bekas balon mainan dan ikatlah karet tersebut dengan menggunakan karet gelang.
4.
Lihatlah
benda-benda kecil yang ada di dekatmu? Apakah benda-benda tersebut terlihat
lebih besar dengan lup buatanmu itu?
C.
Cakram Warna
Kegunaan
atau fungsi
Cakram warna
merupakan alat yang digunakan untuk menunjukkan bahwa cahaya putih
matahari merupakan kumpulan warna-warna yang disebut spektrum.
Alat dan bahan
1.
Karton
berwarna putih
2.
Kertas warna
(merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu)
3.
Jangka
4.
Pensil
5.
Lem kertas
6.
Gunting
7.
Benang kasur
8.
Jarum
9.
Penggaris
Rancangan
Alat
Cakram warna
ini kita buat dari karton putih dan kertas warna yang merupakan
warna spektrum cahaya. Apabila cakram ini di putar dengan menarik
tali yang ada di bagian tengahnya maka kita dapat melihat
perpaduan warna spektrum tersebut akan menjadi satu warna saja,
yaitu putih.
Cara membuat
1.
Buatlah
lingkaran pada karton putih dengan jari-jari 10 cm!
2.
Bagilah
lingkaran tersebut dengan 7 bagian yang sama besar!
3.
Tempelkan
masing-masing bagian sesuai dengan warna spektrum cahaya secara berturut-turut
dengan menggunakan kertas warna!
4.
Buatlah 2
buah lubang yang jaraknya 1 cm sebelah kanan dari titik pusat lingkaran dan 1
cm sebelah kiri dari titik pusat!
5.
Guntinglah
lingkaran tersebut!
6.
Masukan
benang kasur melewai dua lubang tersebut!
7.
Coba
putarkan cakram warna tersebut dengan cara menarik dan mengendurkan tali!
8.
Amati warna
cakram ketika sedang berputar!
Menguji dan
Menyempurnakan Hasil Karya atau Model yang Dibuat
Setelah
kita membuat suatu karya sederhana dengan memanfaatkan sifat-sifat cahaya yang
telah dipelajari pada bab sebelumnya, kita tentu perlu menguji dan menyempurnakan
karya yang kita buat tersebut. Pengujian dan penyempurnaan ini bertujuan untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan pada alat yang kita buat. Kemudian dari
hasil pengujian, kita perlu menyempurnakannya agar alat yang kita bulat menjadi
lebih baik lagi.
1.
Pengujian
Hasil Karya
Pengujian
pada alat atau karya yang kita buat meliputi fungsi atau kegunaan alat serta
alat dan bahan yang digunakan. Untuk menguji apakah alat-alat tersebut telah
berfungsi dengan baik maka kita dapat memberikan sejumlah pertanyaan seperti:
a.
Apakah alat
tersebut dapat digunakan dengan baik?
b.
Apakah alat
tersebut sudah sesuai dengan fungsinya?
Dari
pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita dapat mengambil suatu kesimpulan yang
berkaitan dengan fungsi alat sederhana yang telah kita buat.
Langkah
selanjutnya adalah menguji alat dan bahan yang digunakan untuk membuat model
atau karya tersebut. Pengujian ini bertujuan mengetahui apakah alat-alat yang
kita gunakan sudah sesuai dengan rancangan yang kita buat. Selain itu,
pengujian ini bertujuan untuk mengetahui bahan lain yang mungkin dapat
digunakan agar hasil karya lebih baik lagi. Untuk tahap pengujian alat dan
bahan, kita dapat membuat pertannyaanpertanyaan seperti:
a.
Apakah alat
dan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan rancangan awal sebelum alat
tersebut dibuat?
b.
Apakah alat
dan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan fungsinya masing-masing pada alat
yang kita buat?
c.
Adakah alat
dan bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat model atau karya tersebut?
Dari
pertanyaan-pertanyaan tersebut diharapkan kamu dapat membuat suatu kesimpulan
mengenai alat dan bahan yang digunakan. Jika terdapat alat yang tidak sesuai
dengan fungsinya kamu tentu dapat memberikan saran. Selain itu, jika kamu
mengetahui ada alat dan bahan lain yang lebih baik dan cocok untuk dibuat karya
atau model yang telah di buat kamu juga berikan saran agar karya yang kamu buat
dapat disempurnakan.
2.
Menyempurnakan
Hasil karya
Dari hasil
pengujian baik fungsi ataupun alat dan bahan yang digunakan kamu tentu
dapat memberikan saran atau masukkan. Saran dan masukan ini bertujuan
untuk menyempurnakan karya atau model yang telah kita buat.
Dari hasil
pengujian terhadap setiap karya yang dibuat, kamu juga akan mengetahui
kekurangan dan kelebihan yang ada pada karya atau model tersebut. Kekurangan
inilah yang harus disempurnakan agar karya kita menjadi lebih baik lagi,
baik fungsi ataupun alat dan bahan yang digunakannya.
0 komentar