Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : V / 2
SK
1. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Contoh :
Jika kita ingin merubah 1/2 menjadi bentuk persen, langkah pertama adalah mencari pecahan yang senilai dengan 1/2, dan berpenyebut 100.
1 = 1 x 50 = 50 ----> bentuk persen : 50 x100 % = 50 %
2 2 50 100100
contoh yang lain adalah 150
400
150 = 150 : 4 = 37,5 ----> bentuk persen = 37,5 x100 % = 37,5%
400 400 4 100100
7 = 7 x 10 = 70 ----> bentuk persen : 70 x100 % = 70 %
10 10 10 100100
2. Merubah bilangan yang penyebutnya tidak habis dibagi, atau dikalikan menjadi 100
Untuk merubah bilangan seperti ini menjadi bentuk persen, sebaiknya kita ubah dahulu bilangan tersebut menjadi bentuk desimal, baru kemudian kita kalikan dengan 100%.
Contoh :
Ubahlah 3 ke dalam bentuk persen!
7
Kita ubah dahulu 3/7 ke dalam bentuk desimal.
----> 3 : 7 = 0,4285714286
----> bentuk persen = 0,4285714286x 100 % = 42,85714286%
atau dapat kita bulatkan menjadi 42,86 %
Sebenarnya 1/2 maupun bilangan lainnya juga dapat dirubah dengan cara seperti ini. Hasilnya tetap sama. Mari kita buktikan!
1/2 = 0,5 ----> 0,5 = 0,5 x 100% = 50 %
7/10 = 0,7 ----> 0,7 = 0,7 x 100% = 70 %
Kalian boleh memilih cara mana yang menurut kalian lebih mudah!
Supaya kalian lebih memahami materi ini, coba simak video berikut!
Jika hitunganmu benar,maka hasilnya adalah :
Kunci Jawaban:
Nah sekarang coba uji kembali pemahamanmu!
Ubahlah pecahan di bawah ini menjadi bentuk desimal!
Referensi:
Kelas/semester : V / 2
SK
1. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan
desimal serta sebaliknya
Kalian masih ingat apa yang dimaksud dengan persen ( % ) ?
Persen adalah cara lain untuk menyatakan bilangan pecahan yang berpenyebut seratus ( 100 ). Pecahan dalam bentuk persen banyak digunakan dalam bidang ekonomi, maupun kegiatan ilmiah. Dalam bidang perniagaan, persen sering kali digunakan untuk menyatakan besarnya potongan harga (diskon), juga untuk menyatakan besarnya kenaikan harga, dibandingkan harga semula.
Dalam kegiatan ilmiah persen sering digunakan untuk menyatakan kadar suatu zat pada bahan tertentu. Sebagai contoh misalnya suatu produk makanan kadar gulanya 25 %, artinya dalam setiap 100g makanan tersebut, terkandung 25 g gula.
Untuk merubah suatu pecahan ke dalam bentuk persen, caranya sangat sederhana.
1. Bilangan yang penyebutnya dapat habis dibagi atau dikalikan menjadi 100
Jika penyebut pecahan tersebut dapat dikalikan atau dibagi habis menjadi 100, cara yang paling mudah adalah dengan merubah penyebut pecahan tersebut menjadi 100. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari pecahan senilai yang berpenyebut 100. Langkah selanjutnya, kita kalikan pecahan yang akan kita ubah dengan 100%.
Contoh :
Jika kita ingin merubah 1/2 menjadi bentuk persen, langkah pertama adalah mencari pecahan yang senilai dengan 1/2, dan berpenyebut 100.
1 = 1 x 50 = 50 ----> bentuk persen : 50 x
2 2 50 100
contoh yang lain adalah 150
400
150 = 150 : 4 = 37,5 ----> bentuk persen = 37,5 x
400 400 4 100
7 = 7 x 10 = 70 ----> bentuk persen : 70 x
10 10 10 100
2. Merubah bilangan yang penyebutnya tidak habis dibagi, atau dikalikan menjadi 100
Untuk merubah bilangan seperti ini menjadi bentuk persen, sebaiknya kita ubah dahulu bilangan tersebut menjadi bentuk desimal, baru kemudian kita kalikan dengan 100%.
Contoh :
Ubahlah 3 ke dalam bentuk persen!
7
Kita ubah dahulu 3/7 ke dalam bentuk desimal.
----> 3 : 7 = 0,4285714286
----> bentuk persen = 0,4285714286x 100 % = 42,85714286%
atau dapat kita bulatkan menjadi 42,86 %
Sebenarnya 1/2 maupun bilangan lainnya juga dapat dirubah dengan cara seperti ini. Hasilnya tetap sama. Mari kita buktikan!
1/2 = 0,5 ----> 0,5 = 0,5 x 100% = 50 %
7/10 = 0,7 ----> 0,7 = 0,7 x 100% = 70 %
Kalian boleh memilih cara mana yang menurut kalian lebih mudah!
Supaya kalian lebih memahami materi ini, coba simak video berikut!
Sumber gambar : www.crayonpedia.org |
Jika hitunganmu benar,maka hasilnya adalah :
Kunci Jawaban:
- 40 %
- 30 %
- 16 %
- 35 %
- 16 %
- 21 %
- 90%
- 60 %
- 25 %
- 20 %
Nah sekarang coba uji kembali pemahamanmu!
Ubahlah pecahan di bawah ini menjadi bentuk desimal!
150 = ...... %Kunci Jawaban :
200
9 = ..... %
15
15 = ...... %
50
2 = ..... %
3
60 = ...... %
240
150 = 75 %
200
9 = 60 %
15
15 = 30 %
50
2 = 66,67. %
3
60 = 25 %
240
Referensi:
- Matematika 5: Untuk Sekolah Dasar Kelas V, penyusun, Lusia Tri Astuti P
- Gemar Matematika 5: untuk kelas V SD/MI/ Y.D. Sumanto
- Ayo belajar matematika 4 : untuk SD dan MI kelas IV/Burhan
- Matematika 5 : untuk SD/MI kelas 5/oleh R.J Sunaryo
7 komentar