Pecahan Senilai

Pada materi sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian pecahan. Kali ini kita akan kembali mengingat pengertian pecahan yang senilai. Kalian tentu sudah mempelajari materi ini di kelas IV bukan?
Apakah kalian masih ingat, apa yang dimaksud dengan pecahan senilai?
Mari kita segarkan kembali ingatan kita!


Penengertian dari pecahan senilai dapat kita gambarkan dengan cerita berikut ini.
Ibu Linda membuat sebuah puding yang besar, sebagian puding tersebut kemudian dipotong dan dibagikan kepada semua anggota keluarganya yang terdiri atas empat orang. 1/8 bagian diberikan kepada Linda, 1/8 bagian yang lain diberikan kepada Lusi, adik Linda, ayah dan ibu Linda juga masing-masing mendapat 1/8 bagian. 
Sisa puding yang belum dipotong, seperti yang terlihat pada gambar di atas, tinggal 1/2 bagian dari besar puding mula-mula.
Dapat kalian lihat pada gambar di atas, jika semua puding yang sudah dipotong disatukan, besarnya sama dengan sisa puding yang belum dipotong.


1/2 = 4/8


1/2 dan 4/8 dapat disebut sebagai pecahan yang senilai karena meskipun lambang bilangannya berbeda, kedua pecahan tersebut nilainya sama.
Beberapa contoh pecahan lain yang senilai adalah :




selain 2/4 dan 4/8 masih banyak pecahan lain yang senilai dengan 1/2, diantaranya 5/10, 6/12, 7/14, dst.

Kita dapat membuat pecahan yang senilai dengan pecahan tertentu dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut pecahan tersebut dengan bilangan yang sama. Contoh:


3  = 3 x 2  = 6
4    4 x 2     12




Apakah kalian sudah memahami makna dari pecahan senilai? Coba tes kemampuanmu dengan soal di bawah ini!
Tentukan setidaknya lima pecahan yang senilai dengan pecahan-pecahan di bawah ini!
  1. 1/5
  2. 2/7
  3. 5/6
  4. 1/8
  5. 2/3


Artikel Terkait

9 komentar