Pentingnya Kita Minum Setelah Berolahraga

Pentingnya Kita Minum Setelah Berolahraga
Pentingnya Kita Minum Setelah Berolahraga
Apa yang terjadi sesudah kita berolahraga berat ?. Lelah, pegal-pegal & berkeringat. Lelah, sebab glikogen dalam tubuh diubah sebagai energi. Pegal-pegal, sebab waktu nafas kita tersengal-sengal (kekurangan oksigen), glikogen akan diubah menjadi tenaga & asam laktat (penyebab pegal-pegal). Berkeringat (dehidrasi), sebab demikianlah cara tubuh kita menyeimbangkan suhu tubuh. Akibatnya, mineral tubuh (terutama sodium dan potassium) juga keluar bareng dengan keringat. Dalam kondisi misalnya ini, kita butuh sesuatu buat memulihkan stamina tubuh dan  menghilangkan rasa haus. Kemudian, minuman seperti apa yang sebaiknya kita pilih sehabis berolahraga? Minum air putih, suplemen (minuman energi) atau isotonik?

Air putih memang dapat mengobati rasa haus. Tapi, kemungkinan yang terjadi kemudian artinya water intoxication (keracunan air). Mengonsumsi air putih setelah olahraga berat menyebabkan penurunan konsentrasi sodium dalam plasma. Penurunan konsentrasi ini mampu mengurangi pelepasan arginin vasopressin (antidiuretic hormone) sehingga dapat mengurangi rasa haus & merangsang pengeluaran urin yang menjadikan dalam tertundanya proses rehidrasi (pemulihan cairan tubuh).

Jika suplemen (minuman energi) yang kita pilih, boleh jadi tubuh akan terasa segar. Kantuk hilang. Metabolisme sel pulih. Suplemen misalnya ini biasanya mengandung caffeine, vitamin B, taurine dan beberapa senyawa lain. Tapi, minuman tenaga tidak bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang bareng keringat. Nah, ada baiknya jika kita memilih minuman isotonik selesainya berolahraga berat.

Minuman isotonik seringkali diklaim menjadi minuman olahraga atau minuman elektrolit atau minuman ion. Minuman ini umumnya mengandung karbohidrat (6,7%) dan mineral (20,40 mmol/liter) yang secara teori mampu diserap sang tubuh secara cepat. Karbohidrat sederhana (glukosa) yang terkandung dalam minuman olahraga dapat memulihkan glikogen dalam darah secara cepat. Umumnya, minuman ini jua mengandung sukrosa atau maltodekstrin menjadi sumber karbohidrat. Selain sebagai asal energi, karbohidrat dapat berfungsi sebagai nutrisi otak. Minuman yang mengandung lebih dari 1,8% karbohidrat dapat mengurangi respon dari hormon stres (adrenocorticotropic hormone, cortisol, catecholamines dan glucagons). Selain itu, karbohidrat juga berperan di dalam fungsi dan produksi neurotransmitter dalam otak. Mineral yang biasa terkandung dalam minuman olahraga merupakan sodium, potassium dan magnesium. Sodium berfungsi untuk mengatur pH darah, keseimbangan cairan & tekanan osmosis supaya tidak terjadi pengerutan sel akibat perbedaan tekanan. Potassium berfungsi untuk mengatur pH, keseimbangan cairan dan tekanan osmosis pada cairan intraselluler. Sedangkan magnesium berfungsi dalam relaksasi otot. Olahraga berat yang dimaksud pada sini artinya olahraga yang benar-benar menguras tenaga dan keringat (misal : lari marathon). Bila olahraga yang Anda lakukan hanya olahraga catur, bijaksanalah buat tidak mengonsumsi minuman isotonik, karena kopi susu hangat mungkin akan lebih bermanfaat.

Di zaman perang dunia pertama, air kelapa muda biasa dipakai buat memulihkan stamina tentara yang loyo sesudah pertempuran. Kisah inilah yang mengilhami Food and Agriculture Organization (FAO) buat menyatakan bahwa air kelapa muda juga bisa berfungsi sebagai minuman olahraga. Ya lumrah saja, lha wong air kelapa muda juga mengandung gula dan mineral sebagaimana minuman isotonic kok, alami lagi. Konon, untuk menjaga stamina selama pertandingan, Susi Susanti (pebulutangkis) pula minum air kelapa muda lho.

0 komentar