Teknik DNS Spoofing untuk Mengelabui Pengguna Internet

Pada materi kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana Hacker bisa mengelabui pengguna web google.co.id sehingga seolah-olah website google indonesia berhasil dihack oleh mereka. Sebenarnya dari awal saya dapat informasi ini saya sudah curiga bahwa ini ulah dari hacker yang mengotak-atik DNS Spoofing, karena ketika saya menggunakan akses VPN Client ke IDC (Server SMK) tidak ada muncul pesan deface google.co.id, sehingga saya menulis disini . disitu saya menjelaskan kemungkinan ada permainan DNS Spoofing.

Untuk lebih memahami apa DNS Spoofing ini , secara mudah DNS Spoofing hanya bertujuan untuk menyesatkan alamat domain/subdomain diarahkan ke Hosting sesuai keinginan hacker, sehingga seakan-akan kita mengakses web itu tidak terjadi masalah. Pada tingkat Advanced bisa dipasang Sniffer untuk mencatat semua aktifitas yang melewati hosting hacker dan di redirect ke google aslinya.

Ilustrasi DNS Spoofing google.co.id
Untuk Lebih jelasnya saya berikan penjelasan di Video Tutorial  Teknik DNS Spoofing untuk mengelabui Pengguna Google Indonesia :

Untuk Simulasi DNS Spoofing yang lebih sederhana bisa anda lihat disini http://simulasi.artikelpendidikan.net//jaringan-komputer/simulasi-dns-spoofing

Bagaimana Kita mengetahui adanya DNS Spoofing ?

Sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya masalah kebiasaan kita mengakses web yang sering kita kunjungi, berikut adalah salah satu caranya adalah :

  1. Pastikan IP Address tidak berbeda dengan yang aslinya. Anda bisa menggunakan perintah nslookup www.google.co.id dan lihat hasilnya, jika IP Address tidak sama dengan aslinya google, maka kemungkinan kena dns Spoofing. Tetapi Untuk hacker kelas advanced bisa membajak IP Spoofing google sehingga sangat tidak bisa diketahui.
  2. cek IP address domain dengan perangkat cek Whois IP/Domain. Anda bisa cek dengan memasukkan alamat IP ke who.is dan lihat Sebenarnua IP tersebut apakah milik google atau tidak.
  3. Gunakan VPN Client / SSH di warnet agar anda terhindar dari IP Spoofing atau DNS Spoofing
  4. Gunakan Brwoser via VPN misal Tor Project atau yang lain, karena software ini akan melakukan koneksi VPN ke server sehingga akses internet bisa di Tunelling (dibungkus).