Bagaimana Hacker Menggunakan IP Spoofing dalam Mengelabui Pengguna Internet ?

Alhamdulillah pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskan masih berkaitan dengan keamanan Jaringan tentang Bagaimana teknik IP Spoofing dalam mengelabui Pengguna Internet. IP Spoofing adalah sebuah teknik yang digunakan peretas / Hacker dengan membajak IP milik seseorang/ website dan diarahkan ke jalur lain sesuai dengan keinginan pembajak.  

Teknik IP Spoofing ini lebih halus daripada DNS Spoofing karena sudah membajak IP address sehingga ketika di nslookup target tetap menggunakan IP address resmi, hanya dengan teknik NAT (Network Address Translation)  maka semua pengguna yang mengakses ke IP tersebut akan dialihkan ke Host Target.

Teknik IP Spoofing ini lebih berbahaya daripada DNS Spoofing karena pihak hacker bisa memasang Sniffer di jaringan itu untuk memonitor lalu lintas data tcp/ip sehingga berakibat pada pembajakan Data yang tidak terenkripsi dengan baik.

Sebelum menggunakan IP Spoofing ini, sang Hacker akan berusaha keras untuk menguasai Router ISP tingkat atas dimana semakin besar Router itu di dunia jaringan komputer, maka akan semakin banyak korban yang akan ditipu.

Ilustrasi Teknik IP Spoofing
Kasus tanggal 5 Oktober 2014 dimana Google indonesia seolah-olah dihack dapat juga menggunakan IP Spoofing ditingkat ISP tertentu, karena pada ISP lainnya tidak muncul halaman deface tersebut.

Baik Untuk Lebih jelasnya tentang IP Spoofing ini saya akan demokan :  bagaimana Teknik IP Spoofing dalam Mengelabui Pengguna Internet

Untuk Simulasi IP Spoofing anda bisa melihat disini :
Teknik IP Spoofing dalam Mengelabui Pengguna Internet

SIMOP : Simulasi Online Pembelajaran !


Oke Selamat Belajar !