Museum Perang Dunia Kedua dan Trikora Diresmikan

Kebudayaan merupakan representasi peradaban suatu bangsa sekaligus referensi dan inspirasi bagi pendidikan, pembangunan dan kemajuan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  senantiasa melaksanakan berbagai program terkait kebudayaan secara berkesinambungan. 

Kemendikbud sudah merampungkan beberapa hasil pembangunan bidang kebudayaan. Diresmikan Wapres Boediono di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, pada hari Minggu (19/10/2014), Museum Perang Dunia Kedua dan Trikora menambah jumlah museum di Indonesia. Sejauh ini pemerintah sudah mendukung pendirian 8 museum dan memfasilitasi 84 museum dalam pemeliharaan, tata pamer serta pengelolaannya.

Wapres juga meresmikan 4 klaster bangunan museum di Sangiran yang merupakan tindaklanjut arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika berkunjung ke Sangiran tahun 2012. Selain itu juga diresmikan Purnapugar Candi Siwa, sebagai hasil pemugaran tahap akhir di komplek Candi Prambanan, pasca gempa bumi di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah tanggal 27 Mei 2006.

Terletak di lokasi yang sama dengan candi Siwa, sebelumnya pemerintah telah memugar candi Brahma, candi Wisnu, candi-candi Wahana, candi-candi pathok dan Apit Selatan sejak 2007 hingga 2013.

Pada kesempatan itu Wapres juga meresmikan Patung “Ku Yakin sampai di Sana”, berlokasi di halaman Museum Nasional.  Patung ini menggambarkan bahwa sebesar apapun halangan dan rintangan yang menghadang apabila diperjuangkan dengan niat ikhlas, penuh semangat, dan menjunjung tinggi persatuan akan mencapai hasil yang optimal.

0 komentar