Daftar Pahlawan Pergerakan Indonesia

Pahlawan Indonesia merupakan para putra-putri bangsa indonesia ini yang berjuang mengusir Penjajah dengan berbagai cara sesuai bidang yang digelutinya.

Perang pra kemerdekaan ini berlangsung dimulai dari datangnya bangsa Portugis dan belanda menetap dan menjadi Penjajah mengambil kekayaan indonesia yang sangat besar untuk dibawa ke belanda. 

Timbullah berbagai perlawanan skala kecil sampai besar yang menghabiskan banyak energi antara kedua belah pihak.

Perang Diponegoro misalnya, Perang ini sangat menguras kas kolonial belanda pada waktu itu karena perang yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro yaitu seorang bangsawan di Keraton yogyakarta.

Beliau rela meninggalkan semua gemerlapnya dunia menuju gua, dan hutan berpindah2 untuk bisa mengusir bangsa penjajah.

Dari beberapa dekade itulah muncul berbagai pejuang yang oleh Pemerintah indonesia dijadikan sebagao Pahlawan Pergerakan indonesia.

Terdapat 80 Pahlawan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah per Tahun 2011 dari mulai perang awal penjajahan sampai paska kemerdekaan. Berikut ini adalah ke-80 Pahlawan yang ditetapkan pemerintah tersebut :

Daftar pahlawan Pergerakan Indonesia
Dari ke-80 pahlawan yang sudah ditetapkan tersebut terdapat 6 diantaranya adalah pahlawan wanita. Peran wanita pada waktu itu walaupun masih dipinggirkan tetapi masih ada yang justru dari mereka inilah muncul pergerakan baru dalam mengusir penjajah.

0 komentar