Hukum Mekanika Newton

Lagu Keren untuk Mempelajari Mekanika Newton
Lagu Keren untuk Mempelajari Mekanika Newton

Mekanika Newton adalah seperangkat teori yang membahas tentang gerak benda di Alam semesta. Teori ini dikembangkan oleh Sir Isaac Newton dari Inggris pada tahun 1687. Seperti apakah teori mekanika Newton tersebut? mari kita ikuti penjelasan berikut...

Dalam karya ilmiahnya yang berjudul " Philosiphiae Naturalis " Principia Mathematica 1687  Newton menjelaskan 3 hukum fisika tentang gerak.  Hukum pertama newton menjelakan kelembaman suatu benda, hukum ke dua tentang percepatan suatu benda, sedangkan hukum ketiga membahas tentang gaya aksi-reaksi dan dasar-dasar gravitasi umum. Newton menjelaskan keberadaan gaya tarik bumi, atau gaya gravitasi bumi untuk menjawab pertanyaan mengapa semua benda yang berada di bumi selalu jatuh ke bawah (ke arah bumi).

Apa sih perbedaan kecepatan dan percepatan itu? 
Kecepatan dapat kita definisikan sebagai besarnya perpindahan dalam satu waktu, atau jarak yang ditempuh dalam satuan waktu tertentu. sedangkan percepatan adalah perubahan kecepatan persatuan waktu

 Bunyi Hukum Newton

  1. Hukum Pertama Newton
    Hukum pertama newton mengatakan bahwa setiap benda akan mempertahankan keadaan yang semula diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali jika ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya.
    dengan kata lain, jika resultan gaya pada sebuah benda adalah nol, maka benda tersebut dalam keadaan diam atau jika bergerak, maka gerak benda tersebut dengan kecepatan yang tetap.
    Peristiwa yang menggambarkan hukum Newton I ini adalah saat kamu naik mobil. Saat mobil tiba-tiba berhenti maka tubuhmu akan terdorong ke depan, sebaliknya, saat mobil tiba-tiba menambah kecepatannnya, tubuhmu akan terdorong ke belakang. Hal tersebut terjadi karena tubuhmu akan secara otomatis berusaha mempertahankan posisinya semula saat terjadi perubahan percepatan mobil.
    Sifat benda yang mempertahankan keadaan awalnya tersebut disebut kelembaman atau inersialagu.


  2. Hukum kedua Newton

    Hukum kedua Newton mengatakan bahwa besarnya resultan gaya yang dialami oleh suatu benda akan sebanding dengan besarnya percepatan yang dialaminya.
    Sebagai contoh jika kamu mendorong meja sendirian,  meja akan bergerak lebih lambat jika dibandingkan jika kamu mendorong meja dengan di dorong temanmu, mengapa hal ini terjadi?

    Saat kamu mendorong meja sendirian gaya yang kamu berikan lebih kecil sehingga percepatan gerak meja juga lebih kecil, sedangkan saat kamu mendorong meja bersama temanmu, gaya yang diberikan kepada meja lebih besar, maka percepatan gerak meja juga menjadi lebih besar. Teori ini dapat dirumuskan dengan persamaan berikut:

    a = F.m

    a = percepatan (percepatan pada benda yang dikenai gaya)
    F = gaya ( gaya yang diberikan pada benda)
    m = massa

    Contoh diatas memberikan gambaran kepada kita tentang pengaruh besarnya gaya pada percepatan benda, lalu bagaimana hubungannya dengan massa?
    Coba bayangkan jika kamu mendorong meja yang berat dibandingkan dengan meja yang lebih ringan! Meja yang lebih ringan dapat bergerak lebih cepat bukan? Semakin besar massa benda,  maka gaya yang dibutuhkan menjadi lebih besar dan percepatan yang dihasilkan dengan gaya yang sama besar akan lebih besar (berbanding terbalik).


  3. Hukum ketiga Newton
    Hukum keketiga Newton mengatakan bahwa jika sebuah benda mengerjakan gaya pada benda lain, maka benda lain tersebut juga akan mengerjakan gaya yang sama besarnya dan berlawanan arah pada benda pertama tersebut. Jadi ada aksi dan reaksi antara dua benda yang mengerjakan gaya.
    Gambaran nyata tentang hukum ketiga newton antara lain dapat dicontohkan  jika dua mobil bertabrakan  maka kedua mobil yang saling bertabrakan tersebut saling mengerjakan gaya satu sama lain. Mobil bertama mengerjakan gaya pada mobil pertama, sehingga tidak hanya mobil yang ditabrak yang rusak, tapi mobil yang menabrak juga mengalami kerusakan.



Referensi:
Gaya, Usaha, dan Energi, Srie Soeyati dan Agus Salam(2007), Ganeca Exact
https://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_gerak_Newton

0 komentar