Mengenal dan Mempelajari Tumbuhan Tidak Berbunga 2

Tumbuhan yang lebih maju terdiri dari 5 kelompok yang bereproduksi dengan menghasilkan biji. Empat kelompok tumbuhan Tidak Berbunga penghasil biji merupakan tumbuhan tidak berbunga. 

Secara umum tumbuhan Tidak Berbunga tersebut dikenal sebagai tumbuhan Gymnospermae adalah tumbuhan hijau dengan struktur reproduksi jantan dan betina dalam bentuk konus.  Polen biasanya diterbangkan oleh angin dari konus jantan ke konus betina, sebagai tempat terjadinya pembuahan. 

Biji terbuka kemudian berkembang di permukaan sisik dalam konus betina. Sebagian besar Gymnospermae berupa semak atau pohon, dan banyak diantaranya merupakan xerofit (mampu beradaptasi di kondisi kering). 

Empat kelompok tumbuhan adalah kelompok ginko (tumbuhan berumah dua), Cycas (kebanyakan ditemukan di daerah tropis), Gnetofit(kebanyakan berupa pohon dan semak) dan Konifer(termasuk pinus).

Contoh Tumbuhan Tidak Berbunga Gymnospremae

Tumbuhan Tidak Berbunga Kelompok Ginkgo

Satu-satunya spesies ginkgophyta adalah ginkgo,  atau pohon rambut gadis. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun seperti kipas, bilobus (lobus ganda) dan dapat tumbuh ke atas hingga 50 m. Ginkgo tidak memproduksi konus. Struktur reproduksi jantan dan betinanya ditemukan pada tumbuhan yang berbeda. Struktur jantan menyerupai bunga panjang terkulai dan betina memiliki sepasang ovulum. Setelah pembuatan, pohon betina menghasilkan biji yang dilindungi oleh pelindung berdaging.
Tumbuhan Kelompok  Ginkgo
Gambar Tumbuhan Kelompok  Ginkgo

Tumbuhan Tidak berbunga Kelompok Konifer

Kelompok ini meliputi pinus, cypres, kayu merah, pinus berdaun runcing, cedar dan cemara. kebanyakan berupa pohon tinggi  dengan batang keras, daunnya berwarna hijau yang tersusun dari daun berbentuk jarum tipis hingga sisik pipih. Bijinya berkembang di dalam konus betina yang berkayu. Konus betina biasanya berukuran lebih besar daripada konus jantan dan selalu tumbuh terpisah di pohon yang sama. Cemara tidak mempunyai konus sejati.

Tumbuhan Kelompok Konifer
Gambar Tumbuhan Kelompok Konifer

Tumbuhan Tidak Berbunga Kelompok Cycas

Bentuknya seperti pohon palem kecil. Cycas memiliki "batang" berbeda karena dilindungi oleh sisik kayu dan mahkota panjang dari daun yang bercabang. Konus besar tumbuh di tengah mahkota dengan konus jantan dan betina muncul pada tumbuhan berbeda.


0 komentar