Yuk Mengenal Biologi dan Ekologi Kehidupan

Gambar Cabang Ilmu Biologi
Gambar Cabang Ilmu Biologi
Biologi (disebut juga ilmu kehidupan) adalah ilmu tentang makhluk hidup. Ekologi adalah ilmu tentang bagaimana makhluk hidup berhubungan satu sama lain dan dengan lingkungannya, termasuk benda mati. 

Hampir sepanjang sejarah, Biologi telah diperngaruhi oleh praktik dan ajaran agama atau kepercayaan spritual. Misalnya adalah gagasan yang menyatakanbahwa benda menjadi hidup karena pengaruh beragam "Kekuatan hidup". Pendekatan lebih ilmiah pada biologi menghasilkan pemahaman modern dan lebih kompleks tentang proses kehidupan.

Pelajaran Awal dari Alam

Gambar Aristoteles
Gambar Aristoteles
Pertanian memberikan pengetahuan praktis dan langsung tentang tumbuhan dan binatang. Namun hanya ada sedikit pelajaran sistemik tentang makhluk hidup hingga kemunculan Yunani Kuno. Pemikir yunani paling berpengaruh adalah Aristoteles (384-322 SM). Ia membuat sistem klasifikasi binatang, sementara seorang muridnya, 

Theoprastus. membuat klasifikasi serupa untuk tumbuhan. Beberapa karya Aristoteles akan terlihat mentah dibandingkan standar sekarang. Namun banyak idenya yang telah maju dan berperan penting dalam ilmu biologi modern. Meski dengan semua pengamatan cermat mereka, masyarakat yunani kuno tidak pernah dapat menghasilkan lebih dari sekedar tebakan pintar tentang proses kehidupan. Tanpa Mikroskop, mereka bahkan tidak bisa mengetahui seluk beluk teori sel atau menyadari adanya mikroorganisme

Biologi sebagai Sebagai Ilmu

Selama abad pertengahan, kaum terpelajar Arab menterjemahkan karya aristoteles dan lainnya, serta menambah berbagai gagasan mereka sendiri. Kumpulan pengetahuan mencapai eropa sekitar abad ke-13. Periode ini menunjukkan perkembangan sejumlah ilmu seperti zoologi dan botani. Perbandingan anatomi dikembangkan oleh para seniman Renaisans. Mereka mempelajari otot, tulang dan organ dalam binatang dan manusia. Selama akhir era renaisans, bidang pemikiran akademis, disebut iatrokimia, mengandalkan reaksi kimia untuk menerangkan cara kerja tumbuhan dan binatang. Ini adalah awal dari bidang Biokimia.

Mikroskop

Mikroskop Abad ke-19
Mikroskop Abad ke-19
Biologi mendapat dorongan signifikan dengan penemuan mikroskop pada awal abad ke-17. Sepertinya penemuan terbaik yang dihasil melalui mikroskop adala mikroorganisme . 

Antony Van Leeuwenhock merupakan orang pertama yang meneliti organisme bersel tunggal pada tahun 1670. Sekitar 10 tahun sebelumnya, Robert Hooke telah mengamati ruang kecil pada sampel gabus, yang ia sebut "sel". 

Hooke tidak menyadari bahwa sel adalah unit dasar dari makhluk hidup. Lalu pada abad 20  , mikroskop elektron mengungkapkan struktur yang lebih kecil.

Biokimia

Struktur DNA
Struktur DNA
Selama abad ke-19, hubungan antara biologi dan kimia menjadi lebih jelas. Pada tahun 1840an dan 1850-an, claude bernard membentuk fondasi biokimia modern melalui eksperimen atas pankreas kelinci. Di sekitar waktu yang sama, para ilmuwan menyadari bahwa fungsi makhluk hidup tergantung pada transfer energi oleh reaksi kimia. Pada tahun 1860-an, para ilmuwan menyadari bahwa kehidupan di bumi tergantung pada matahari. Embriologi  adalah ilmu tentang telur fertilisasi juga berperan penting dalam biologi selama abad ke-19. 

Pendekatan biokimia pada embriologi akhirnya mengarah pada penemuan bahan kimia yang terlibat dalam genetika mendel. Sepertinya pencapaian terbesar dari pendekatan ini adalah pemahaman tentang bahan kimia yang disebut asam nukleat. Asam nukleat berperan penting dalam genetika dan produksi protein dalam sel. Struktur molekul asam nukleat paling terkenal  yaitu DNA, diketahui pada tahun 1953. Gen yang telah dihipotesiskan mendel adalah panjang DNA, yang membawa informasi genetik dari generasi ke generasi.

Ekologi dan Awal Kehidupan

Studi tentang cara perubahan populasi tumbuhan atau binatang adalah inti dari ilmu ekologi. Faktor yang mempengaruhi populasi meliputi kelaparan, penyakit, dan perang. Kini para ahli ekologi menggunakan metode matematika yang rumit untuk menganalisis populasi tumbuhan, binatang dan manusia. Istilah ekologi dipopulerkan oleh ahli zoologi jerman Ernest Haekal.

Referensi : Buku Ensiklopedia IPA









0 komentar