Apakah Kalor dan Suhu ?

Kalor adalah satu bentuk energi. Energi ini adalah energi kinetik atom dan molekul yang menyusun semua materi. Suhu suatu zat berhubungan dengan rata-rata energi kinetik partikelnya. Satuan suhu meliputi deajad Celcius (°C), derajad Fahrenheit (°F), dan Kelvin (K). 

Beberapa contoh nilai ekuivalen ditunjukkan dibawah ini. Suhu terendah yang mungkin disebut nol absolut (zero K). Pada suhu ini, atom  dan molekul berada pada energi terendahnya. Keadaan zat ditentukan oleh suhunya. 

Sebagian besar zat dapat bertahan sebagai zat padat, zat cair, atau gas. Jika 2 zat pada suhu berbeda berhubungan, partikelnya akan berbagi energi. Ini mengakibatkan terjadinya transfer panas melalui konduksi, hingga suhunya setara. 

Proses inid apat melelehkan zat padat, sementara panas yang dipindahkan disebut panas laten. Panas juga dapat dipindahkan melalui radiasi, di mana energi panas menjadi radiasi elektromagnetik, dan tidak memerlukan materi perantara untuk mengalirkan panas itu.

Keadaan Materi

Gambar Diagram Perubahan Wujud zat karena pengaruh kalor dan suhu
Gambar Diagram Perubahan Wujud zat karena pengaruh kalor dan suhu

Cairan Super Dingin

partikel cairan super dingin berada pada posisi tetap, seperti partikel pada zat padat, tetapi partikel ini tidak teratur dan tidak dapat sepenuhnya disebut zat padat. Caira Super Dingin mengalir sangat lambat dan tidak memiliki titik cair yang jelas

Zat Padat

Partikel zat padat normalnya tidak memiliki gerakan satu sama lain, karena partikel ini hanya bebas bergetar di sekitar posisi tetap.Input energi memecah ikatan antar partikel, dan zat padat meleleh.

Gas

Energi panas yang diaplikasikan pada zat cair memungkinkan partikel terbebas satu sama lain dan menjadi gas. namun, jika cukup banyak energi dipindahkan dari gas, dengan pendinginan, gas akan berkondensasi menjadi zat cair.

Cairan

partikel dalam cairan tidak menempati posisi tetap seperti pada zat padat, tetapi juga tidak benar-benar bebas seperti gas. partikel bergerak di atas lainnya memungkinkan cairan mengalir.


Ekualisasi Suhu




0 komentar