Tidak Ada Rekruitmen CPNS lima Tahun pemerintahan Jokowi


Saya kaget ketika membaca berita dari JPNN ternyata ada moratorium Penerimaan Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS ).

Moratorium ini ditambah 3 tahun di era pemerintahan sebelumnya 2 tahun sehingga menjadi 5 tahun. Karena kebijakan ini praktis Tidak Ada Rekruitmen CPNS lima Tahun pemerintahan Jokowi.

Presiden menyampaikannya yang disampaikan kepada Wapres Jusuf Kalla akan diberlakukan moratorium tersebut.

Mulai moratorium PNS, kehutanan, pertambangan, dan semua kementerian, demikian kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi kepada pers usai acara sertijab di kantornya, Jakarta, Selasa (28/10).

MenPAN-RB menegasan, pemberlakuan moratorium ini sebagai langkah untuk memberikan kesempatan kepada seluruh instansi melakukan audit organisasi. Sehingga bisa diketahui berapakah angka jumlah ideal PNS di Indonesia.

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi
Ketika ditanyakan jabatan mana sajakah yang akan dimoratoriumkan, Menteri dari politikus Hanura ini tegas mengatakan pada semua kementrian.

Semua Kemntrian harus moratorium CPNS. Dalam masa Moratorium lima tahun ini silahkan melakukan audit organisasi.

Dalam hal rekruitmen CPNS 2014 tetap berjalan sesuai jadwal. tetapi untuk tahun depan kebijakan penerimaan CPNS akan dikaji kembali sehingga perlu ada moratorium.

Data dari KemenPAN-RB, Jumlah PNS di seluruh Indonesia mencapai 4,3 juta pada tahun 2013. Jumlah tersebut berkuran karena adanya moratorium 2010-2011.

Bagi yang belum PNS dan akan bercita-cita jadi PNS harap bersabar menunggu  tahun lagi,


Sumber : jpnn.com

0 komentar