JIKA ADA PERTANYAAN SEPUTAR KONTEN DALAM BLOG INI, SILAHKAN INBOX FB SAYA SAJA KARENA SAYA SERING TIDAK SEMPAT MEMBACA KOMENTAR FACEBOOK DI TIAP POSTING

Sabtu, 15 September 2012

Gerak Pada Tumbuhan


Tahukah kamu, bahwa bahwa bunga Tulip, bunga Pukul Empat dan tanaman Puteri Malu mempunyai sifat yang unik?

Bunga  pukul empat dan bunga tulip dapat menguncup dan kadang mekar beberapa kali, sedangkan Putri Malu dapat menguncupkan daunnya saat disentuh. Bagaimana hal tersebut terjadi?

Bunga Tulip
Pada bunga Tulip, sifat tersebut ada hubungannya dengan suhu udara. Pada bunga tulip, jika suhu berada di bawah 10 derajad celcius, bagian luar kelopak bunga akan memuai lebih lebih cepat daripada bagian dalamnya, sehingga bunga menjadi kuncup. Sebaliknya jika suhu naik, bagian dalam kelopak bunga memanjang lebih cepat daripada bagian luar, sehingga bunga menjadi mekar. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh suhu seperti pada bunga tulip ini, dalam ilmu sains disebut dengan istilah termonasti.

Menurutmu jika tangkai bunga tulip dimasukkan ke dalam air dingin dan diletakkan di tempat yang sejuk, apa yang akan terjadi? Ya tentu bunga akan menguncup. Namun perlu diingat bahwa seiring dengan mekar dan menguncupnya, bunga mengalami pertumbuhan sedikit demi sedikit. jika proses pertumbuhannya telah berhenti, bunga tidak akan mekar menguncup kembali, untuk kemudian layu.

Bunga Pukul Empat
Tahukah kamu, mengapa bunga pukul empat diberi nama demikian? Hal ini ada hubungannya dengan waktu mekarnya bunga tersebut. Bunga yang mempunya nama ilmiah  Mirabilis jalapa ini mekar sekitar pukul empat sore, hingga pagi pada keesokan harinya, sedangkan saat siang hingga bunga ini akan menguncup.

pukul empatpukul empat sore

Berbeda dengan bunga tulip, mekar dan menguncupnya bunga Pukul Empat, bukan karena pengaruh suhu, melainkan karena cahaya. Sifat ini disebut dengan istilah fotonasti . Selain Bunga Pukul Empat, Bunga Sepatu (Hibiscus rosasinensis), juga memiliki sifat yang sama.

Puteri Malu

Tumbuhan Puteri Malu, juga mempunyai sifat yang unik. Tumbuhan ini dapat mengatupkan daunnya saat disentuh. Sifat ini disebut dengan istilah Tigmonasti, yakni gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan mekanis berupa sentuhan atau tekanan.




Venus dan Kantong Semar
Venus dan Kantong semar adalah jenis tumbuhan carnivora. Tumbuhan ini dapat mengatupkan daunnya jika ada serangga atau binatang kecil lainnya yang hinggap di atas daunnya.

Coba kamu saksikan video berikut ini!




Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tigmonasti
http://soerya.surabaya.go.id/AuP/e-DU.KONTEN/edukasi.net/SMP/Biologi/Gerak.Tumbuhan/materi4b.html
http://iklimahratna.wordpress.com/
http://www.youtube.com/
http://www.scribd.com/doc/34934129/GERAK-PADA-TUMBUHAN

6 komentar:

  1. Artikel yang menarik bu, kalau di SMP masuk ke materi Gerak pada tumbuhan disebut thermonasti.
    Keep sharing.. :)

    BalasHapus
  2. Pantesan anak2ku pada suka pelajaran IPA... Hla sepertinya jg sangat menarik & menyenangkan

    BalasHapus
  3. thanks ya Buk , keren nih artikelnya , mampir ya http://curhatz.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Kalau bunga putri malu kenapa bu...?Kalau kite2 disentuh bangun..e ini palah tidur!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas idenya Pak Sarastiono... Sudah saya lengkapi postingnya.

      Hapus

MESIN PENCARI