Flora di Indonesia



Mata Pelajaran                       :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester                   :   V / I

Standar Kompetensi              :
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

Kompetensi Dasar                 :
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan, serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/globe/ media lainnya.

*********************************************************************************



Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak dalam lintasan distribusi keanekaragaman hayati benua Asia (Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan) dan benua Australia (Pulau Papua) serta sebaran wilayah peralihan Wallacea (Pulau Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara).


Indonesia memiliki keanekaragaman spesies satwa yang sangat tinggi yaitu 515 spesies binatang menyusui; 511 spesies  reptilia; 1531 spesies burung; 270 spesies amfibi, 2827 spesies binatang tidak bertulang belakang selain ikan air tawar. Selain itu Indonesia memiliki 35 spesies primate, 121 spesies kupu-kupu, 1400 spesies ikan air tawar, yang sebagian diantaranya adalah satwa endemik, yakni satwa asli Indonesia (Dephut 1994; Mittermeier dkk. 1997). Dalam dunia tumbuhan, Indonesia memiliki lebih dari 38.000 spesies, 55% endemik. (Dephut, 1994; Newman 1999).

Salah satu flora endemik Indonesia yang sangat unik adalah bunga Rafflesia Arnoldii yang hanya terdapat di perbatasan Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan. Anggrek Tien Soeharto yang hanya tumbuh di Tapanuli Utara,Sumatera Utara.


Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu dari tiga bunga yang ditetapkan pemerintah sebagai bungaNasional Indonesia. Bunga Nasional Indonesia adalah tiga jenis bunga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan harapan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia. Ketiga bunga nasional Indonesia tersebut adalah bunga melati (Jasminum sambac) yang ditetapkan sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona, dan padma raksasa atau bunga bangkai (Rafflesia arnoldi) sebagai puspa langka.


Video di bawah ini perlu kamu simak untuk menambah pengetahuanmu tentang flora endemik Indonesia!


Penyebaran Flora di Indonesia

Kekayaan flora di Indonesia, tidak tersebar merata di seluruh wilayah,  hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut :
-  Iklim
-  Jenis tanah
-  Relief atau tinggi rendah permukaan bumi
-  Biotik (pengaruh makhluk hidup).


Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi seperti pulau Sumatera dan Kalimantan memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi. Sedangkan daerah yang curah hujannya rendah tidak memiliki hutan yang lebat seperti di Nusa Tenggara. Daerah ini banyak di tumbuhi semak belukar dengan padang rumput yang luas.



Suhu udara juga mempengaruhi tanaman yang dapat hidup di suatu tempat.  Franz Wilhelm Junghuhn  telah membuat zonasi (pembatasan wilayah) tumbuh- tumbuhan di Indonesia sebagai berikut :


  • Daerah panas (0 – 650 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kelapa, padi, jagung, tebu, karet.
  • Daerah sedang ( 650 – 1500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kopi, tembakau, teh, sayuran.
  • Daerah sejuk ( 1500 – 2500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah teh, sayuran, kina, pinus.
  • Daerah dingin (di atas 2500 meter) tidak ada tanaman budidaya
Vegetasi alami yang terdapat di Indonesia antara lain sebagai berikut: 

1. Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis terdapat di daerah tropis yang curah hujannya tinggi seperti  Indonesia. Negara kita yang banyak sinar matahari,curah hujannya besar, dan suhu udaranya tinggi. Vegetasi utamanya adalah hutan hujan tropis. Hutan ini di jumpai rari dataran rendah hingga ke pegunungan. Hutan hujan tropis sangat lebat dan selalu hijau sepanjang tahun dan di dalamnya hidup beribu jenis tumbuhan, tumbuhan tersebut tersusun atas berbagai tingkat ketinggian, hingga seakan-akan membentuk lapisan-lapisan.
Hutan hujan tropis (a), Hutan musim(b), Sabana(c), Stepa (d)

2. Hutan Musim

Hutan musim terdapat di daerah Indonesia yang memiliki suhu udara tinggi dan dan mempunyai perbedaan musim hujan dan kemarau yang nyata. Pohon-pohon di hutan ini tahan kering.  Pada musim kemarau, sebagian pohonnya meranggas untuk mengurangi penguapan air, tetapi pada musim hujan pohon-pohon ini menghijau kembali. Contoh tumbuhan hutan musim adalah jati, kapuk dan angsana.  Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

3. Sabana, 

Sabana terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

4. Steppa,

Stepa adalah padang rumput yang sangat luas. Stepa terdapat di daerah yang curah hujannya sangat sedikit atau rendah. Stepa terdadapat di Nusa Tenggara Timur, Stepa dapat dimanfaatkan untuk peternakan.

5. Hutan Bakau atau Mangrove, 

Hutan Rawa
Hutan ini  yang tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau banyak terdapat di pantai Papua, Sumatera bagian timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

6. Hutan Rawa
Hutan ini merupakan penghasil kayu yang cukup penting. Hutan rawa air tawar tidak menghasilkan kayu yang baik, tetapi tanah di daerah ini dapat digunakan untuk pertanian. Sebagian hutan rawa air tawar di Indonesia telah diubah menjadi daerah persawahan.Jenis tumbuhan di hutan rawa antara lain: durian burung, ramin, terentang, kayu putih sagu, rotan, pandan, palem-paleman dan berbagai jenis lainnya




Sudahkah kamu memahami materi di atas? Ayo uji daya ingatmu dengan mengerjakan soal-soal berikut !




http://bk.menlh.go.id/?module=pages&id=cprofile
http://id.wikipedia.org/wiki/Flora#Persebaran_Flora_Di_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Fauna_Indonesia
http://malangnews.blogspot.com/2011/09/penyebaran-flora-fauna-di-indonesia.html
http://carapedia.com/penyebaran_flora_fauna_indonesia_info234.html
http://www.scribd.com/doc/55147229/21/c-Flora-dan-Fauna-di-Indonesia

2 komentar