Aliran Energi dan Jaring Makanan

Kehidupan di bumi tergantung pada energi konstan dari matahari. Energi sinar matahari diperangkap oleh autotrof (produsen) yang menggunakan energi itu untuk menghasilkan makanan bagi diri sendiri. Tangkapan energi diturunkan ke binatang herbifora (konsumen pertama), yang memakan produsen. 

Lalu, binatang herbivora dimakan oleh binatang karnifora (konsumen kedua). Konsumen kedua selanjutnya dimakan oleh konsumen ketiga.Jalur ini disebut dengan rantai makanan. Posisi setiap spesies yang menempati rantai makanan disebut Trofik (pemberian makanan). 

Di setiap tingkat, energi disimpan sebagai biomassa, yaitu massa dari tumbuhan atau binatang hidup. banyak energi digunakan untuk menopang organisme atay hilang ke lingkungan sebagai panas. Ini berarti, hanya sedikit energi yang diambil oleh satu tingkat trofik tersedia untuk tingkat trofik selanjutnya. 

Sebuah ekosistem, seperti hutan atau garis pantai, dapat terdiri atas ribuan spesies. kebanyakan spesies itu masuk dalam rantai makanan yang berbeda. Rantai makanan tersebut saling terhubung untuk membentuk jaring makanan yang rumit.

PIRAMIDA TROFIK

Piramida trofik menggambarkan hilangnya energi yang terjadi di setiap tingkat trofik ketika aliran energi melintasi sebuah ekosistem. Area di setiap bagian piramida adalah sebanding dengan biomassa di setiap tingkat trofik. Area itu juga menggambarkan jumlah energi potensial yang tersedia untuk tingkat selanjutnya.  

Karena hanya sekitar 10% energi di setiap tingkat yang diambil oleh tingkat diatasnya, maka setiap tingkat menopang biomassa dan jumlah individu yang lebih sedikit. Akibat hilangnya energi, jumlah maksimum tingkat trofik yang ditopang 1 rantai makanan terbatas hanya 6. Piramida trofik di bagian kanan menunjukkan rantai makanan yang ditemukan disebuah hutan yang berdaun gugur.


MENGUKUR ENERGI


Gambar KaloriMeter
Jumlah energi yang berada di sebuah tingkat trofik dapat diukur dengan kalorimeter bom. Satu organisme ditimbang , kemudian dibakar cepat dalam ruang pembakaran. 

Energi yang disimpan di dalam organisme diubah menjadi energi panas, yang dapat diukur. Kemudian , hasilnya dikalikan dengan prediksi massa atau jumlah seluruh organisme di tingkat trofik untuk memberi kandungan energi keseluruhan.




JARING MAKANAN DI PANTAI

Jaring makanan dibawah ini menunjukkan hubungan makanan diantara spesies yang hidup dilaut., di perairan pantai. Hal ini mengindikasikan bagaimana energi masuk dan mengalir melalui ekosistem ini. Di bagian dasar jaring makanan terdapat organisme autotrof, yaitu ganggang dan fitoplankton yang menggunakan bahan mentah sederhana dan energi matahari untuk menghasilkan senyawa organi kaya energi melalui fotosintesis . Energi makanan yang mereka hasilkan diedarkan di dalam rangkaian rantai makanan. Di setiap rangtai makanan, arah panah mengindikasikan spesies yang dimakan dan juga arah dari aliran energi. 

Diagram Aliran Energi dan Jaring Makanan Di Laut / Pantai
Karena di sebuah ekosistem, setiap spesies terlibat dalam rantai makanan yang berbeda, mereka menjadi saling terhubung untuk membentuk jaring makanan rumit.. Di dalam jaring makanan ini binatang dapat makan di tingkat trofik berlainan. Jaring makanan pantai ini sangat disederhanakan, dan hanya menunjukkan sedikit rantai makanan dan spesies yang terlibat didalamnya.


0 komentar