Berbagai Jenis Batu Mulia di Indonesia

Tak disadari ternyata Indonesia menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa. Dari mulai berbagai jenis tanaman , hewan dan berbagai alamnya yang sangat eksotik dan mengagumkan, sampai pada hasil alam yang begitu mempesona. Kekayaan alam di indonesia ini dari mulai pertanian sampai hasil tambang yang begitu melimpah seharusnya dapat mensejahterakan rakyatnya.

Salah satu yang paling spesial yang ada di indonesia adalah akan hasil Batuan mulia yang tersebar di berbagai propinsi dengan jenis yang berbeda-beda. Batu mulai dari indonesia ini beraneka ragam dan sangat keras serta mempunyai kualitas yang sangat bagus untuk perhiasan semisal batu akik.

Batu mulia atau lebih terkenal dengan nama Batu Akik ini sangat diminati oleh orang indonesia maupun dari mancanegara. Disamping karena keunikan dari segi warna dan tekstur batu-batu ini, juga menjadi penanda status klas di masyarakat. Semakin tinggi kualita batu akik yang dipakai, semakin tinggi statusnya dimasyarakat. Batu Akik dari indonesia ini juga sangat diminati oleh wisatawan dari mancanegara terutama dari China dan Amerika.

Batu Mulia dari indonesia ini tersebar di setiap propinsi dengan jenis-jenis yang berbeda baik tekstur maupun warna. Berikut ini adalah berbagai Batu Mulia dari berbagai Propinsi yang dikumpulkan oleh penulis :


  1. Batu Giok Aceh (natural Nephrite jade / Actinolite)
    Batu ini melupakan legenda jaman dulu, dengan warna Hijau murni dan berkilau ketika terkena cahaya semakin membuat primadona para kolektor Batu Mulia :
    Batu Giok Aceh
    Batu Giok Aceh
  2. Batu Langkat Sumatra Utara
    Batu ini berwarna Cokelat berkilau yang ditemukan didalam batu-batuan Kapur putih di Langkat Sumatra Utara. Batu ini termasuk jenis batu keras dan berumur jutaan tahun. Jenis-jenis bebatuan akik yang biasa ditemukan didaerah ini antara lain batu akik cempaka madu, batu kristal, bio solar & lain sebagainya. Perbedaan makna Sungai Melati, tentunya menawarkan nuansa petualangan pencarian batu akik & permata yang berbeda. Selain pencarian batu akik, anda jua mampu melakukan petualangan pada alam sekitar yang penuh tantangan & bahkan penuh resiko. Nah, bila Anda ingin berpetualang sekaligus melestarikan alam, Anda di tunggu pada Sungai Melati Desa mekar Sawit Kecamatan Sawit Seberang Langkat.!
    Batu Langkat Sumatra Utara
    Batu Langkat Sumatra Utara
    1. Batu Sunga Dareh Sumatra Barat (NATURAL INDOCRASE)
      Batu Sungai Dareh adalah batu permata setengah mulia dengan warna hijau muda mengkilat dan bening, transparan terhadap cahaya dengan bercak-bercak warna hijau tua yang selesainya diuji secara gemologi disimpulkan berupa mineral atau batu mulia jenis Idocrase / Idokras diklaim pula menjadi batu mulia Vesuanite. Pamornya melejit sejak 2 tahun terakhir, khususnya selesainya tersiar fakta mengenai adanya transasksi sebutir cincin senilai beberapa ratus juta rupiah yang konon dibeli sang pemuka setempat untuk dipersembahkan kepada pemimpin negeri kita.
      BATU SUNGAI DAREH Sumatra Barat
      BATU SUNGAI DAREH Sumatra Barat
    2. Batu Red Raflesia Bengkulu
      Satu dari batu akik yang sedang popular & naik daun adalah batu akik Red Raflesia. Batu akik berasal dari Bengkulu ini sangat bagus dan sedang digemari, sebagai akibatnya harganya pun semakin tinggi. Bahkan, dalam beberapa bulan terakhir ini bahan batu akik Red Raflesia ini semakin sulit ditemui.

      Batu akik Red Raflesia ini, mempunyai beberapa spare part warna. Pada antaranya berwarna kuning, orange & putih. Namun, biasanya batu akik Red Raflesia yang berwarna merah yang paling dicari dan kini mulai langka. Bahkan, dianggap-sebut batu akik Red Raflesia ini kini mulai menyaingi batu aki Bacan yang terkenal dari Maluku Utara itu.

      Batu akik Red Raflesia mempunyai warna merah transparan. Dari jenisnya red rafflesia memiliki beberapa warna misalnya merah agak coklat, merah atau merah orange. Berdasarkan penelitian laboratorium, batu akik Red Raflesia termasuk jenis batuan mulia.
      Batu Red Raflesia Bengkulu
      Batu Red Raflesia Bengkulu
      1. Batu Laksamana Indragiri Riau
        BATU AKIK LAKSMANA INDRAGIRI, RIAU
        BATU AKIK LAKSMANA INDRAGIRI, RIAU
        1. Batu Kinyang Air dan Kinyang Es Pulai Banka Kep. Riau
          BATU KINYANG AIR DAN KINYANG ES, BANGKA, KEP. RIAU
          BATU KINYANG Batu Kinyang Air dan Kinyang Es Pulai Banka Kep. Riau
        2. Batu Teratai Hitam Jambi
          Batu Teratai Hitam Jambi
          Batu Teratai Hitam Jambi

          1. Batu Lavender dan Spiritus Baturaja Sumatra Selatan
            Batu Lavender dan Spiritus Baturaja Sumatra Selatan
            Batu Lavender dan Spiritus Baturaja Sumatra Selatan 

            1. Batu Satam Bangka Belitung
              Batu Satam Bangka Belitung
              Batu Satam Bangka Belitung

            2. Batu Bungur Tanjung Bintang Lampung
              Batu Bungur Tanjung Pinang Lampung
              Batu Bungur Tanjung Pinang Lampung
            Update Berbagai Batu dari Indonesia 2 Dari Jawa, Kalimantan dan Indonesia Timur :

            batu Akik Bone Sulawesi Selatan

            Batu Akik Sungai Luk Ulo Kebumen

            Batu Akik Nian NTT

            batu Akik Jakarta

            Batu Akik Wawo NTB

            Batu Akik Kecubung Terong Ijo

            Batu Bacan Maluku

            Batu Bungbulan Garut Jawa Barat

            Batu Cincin Keladen

            Batu Kabaena Sulawesi tenggara

            Batu Kalsedon Gunung Kidul Yogyakarta

            Batu Kecubung Ketapang

            Batu Lidah Buaya

            Batu Ngalo Mamuju

            Batu Ipal Kalimaya Banten

            Batu Talaud Sulawesi Utara

            Batu Intan Martapura

            Batu Giok Bali

            berlian Balikpapan

            0 komentar