Pertanyaan dan Jawaban Seputar SNMPTN 2015

SNMPTN 2015 merupakan Layanan dari kementrian Pendidikan dalam mengelola penerimaan Mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri secara serentak dengan  Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, & tidak diskriminatif menggunakan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa & kekhususan perguruan tinggi. 

tetapi dalam pelaksanaannya tidaklah berjalan mulus dan akan muncul banyak masalah baik karena sistem , atau karena kekurang tahuan para pengelola di tingkat satuan pendidikan dan Peserta Pelamar. Untuk itulah Penulis Merangkumkan Berbagai Pertanyaan dan Solusi Jawaban penyelesaiaannya :
Pertanyaan dan Jawaban Seputar SNMPTN 2015
Pertanyaan dan Jawaban Seputar SNMPTN 2015


Bagaimana cara menghapus data siswa yang di input pada tahun 2014?

Mengenai permintaan edit nilai yang telah dimasukkan pada tahun 2014 Bapk/Ibu  bisa mengirimkan permohonan kepada ketua SNMPTN 2015 melalui alamat email : sekretariatseleksi2015@uny.ac.id , sekretariatseleksi2015@yahoo.co.id , Sekretariatseleksi2015@gmail.com

Bagaimana Cara input Data Siswa kelas XII?
Untuk menginput nilai anak kelas XII yang sekarang maka pembuatan kelasnya seperti berikut:
- kelas X diinputkan pada tahun 2012
- kelas XI diinputkan pada tahun 2013
- kelas XII diinputkan pada tahun 2014.


Bagaimana jika Siswa tidak memiliki NISN

Untuk pengajuan NISN sekolah jenjang Dikdas, pastikan sekolah sudah entry data siswa menggunakan aplikasi DAPO DIKDAS,

untuk penomoran NISN dapat dilihat melalui : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.



Bagi sekolah yang telah entry data di DAPO DIKDAS dapat melihat data NISN yang sudah valid dan benar di Menu Referensi. Bagi NISN siswa yang belum muncul di menu referensi, harus melewati tahap verifikasi dan validasi di Menu Residu terlebih dahulu, untuk menampilkan NISN-nya.

untuk bisa login e-verval PD, operator harus tergabung dulu sebagai anggota di Jaringan Pengelola Data Pendidikan (sdm.data.kemdikbud.go.id).  persiapkan SK penugasan sebagai operator sekolah dari Kepala Sekolah.  Panduan bisa didownload melalui laman sdm.data.kemdikbud.go.id, pada menu panduan.

Untuk pengajuan NISN sekolah jenjang Dikmen, pastikan sekolah sudah entry data siswa menggunakan aplikasi DAPO DIKMEN, untuk penomoran NISN dapat dilihat melalui : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Bagi sekolah yang telah entry data di DAPO DIKMEN dapat melihat data NISN yang sudah valid dan benar di Menu Referensi.
Bagi NISN siswa yang belum muncul di menu referensi, harus melewati tahap verifikasi dan validasi di Menu Residu terlebih dahulu, untuk menampilkan NISN-nya.

untuk bisa login e-verval PD, operator harus tergabung dulu sebagai anggota di Jaringan Pengelola Data Pendidikan (sdm.data.kemdikbud.go.id).
persiapkan SK penugasan sebagai operator sekolah dari Kepala Sekolah.
Panduan bisa didownload melalui laman sdm.data.kemdikbud.go.id, pada menu panduan.

Cara mengubah Nama siswa

anda bisa mengubah nama siswa dengan melihat panduan di laman http://www.snmptn.ac.id/manual/pdss/sekolah/student_edit.html

Menambahkan Mata pelajaran Madrasah Aliyah

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan Mapel tersebut terdapat di jurusan Keagamaan.Silakan pilih jurusan keagamaan ketika membentuk kelas kemudian bagi kelas X atau jenis kelas IPA/IPS yang mempunyai lebih dari 1 nilai keagamaan, maka nilai mata pelajaran agama diambil dari homogen-homogen nilai seluruh mata pelajaran keagamaan.

Data siswa kelas berapa saja yang dimasukkan ke PDSS?

Data yang dimasukkan ke PDSS adalah data siswa kelas 12 saja mulai dari semester 1-5

Portofolio

apakah portfolio akademik seperti sertifikat sangat berpengaruh pada penilaian dan kelolosan? berapa sertifikat kah yang bisa dilampirkan?



Setiap prestasi akademik yang telah diperoleh dapat diunggah melalui laman pendaftaran SNMPTN dan memungkinkan menjadi nilai tambah dalam menentukan prestasi akademik untuk mendaftar SNMPTN 2015. Untuk itu,  pilih prestasi yang:

  1. tingkatnya paling tinggi. (Internasional>Nasional>Propinsi>Kabupaten dst). Keterangan: “>” berarti “lebih tinggi dari tingkat”.
  2. Diperoleh saat SMA (saat SD dan SMP tidak diperlukan)
  3. Utamakan prestasi akademik yang relevan dengan program studi yang diminati saat pendaftaran SNMPTN

Pengisian PDSS

Petunjuk pengisian PDSS dapat dilihat melalui Silahkan melakukan pendaftaran di laman ini https://pdss.snmptn.ac.id/manual


Dimana bisa mendapatkan Info Bidikmisi?


Untuk informasi mengenai Bidikmisi silahkan dapat menghubungi Helpdesk Bidikmisi melalui Bidikmisi.Zendesk.com


Sekolah belum pernah terdaftar di PDSS

Jika sekolah belum pernah terdaftara di PDSS maka Silahkan melakukan pendaftaran di laman ini https://pdss.snmptn.ac.id/school/register


SNMPTN 2015-Pertanyaan dan Jawaban SNMPTN 2015


Latar Belakang SNMPTN

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian, sekolah berkewajiban mengisi PDSS dengan lengkap dan benar, serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses pendaftaran.







0 komentar