Percobaan Mengubah Sinar Matahari menjadi Energi Panas

Pada Percobaan ini bernama "Kubus-Kubus yang Mengkerut". 

Kalian akan membuktikan bagaimana Sinar matahari dapat berubah menjadi Energi panas dengan menggunakan metode Mencairkan Es Kubus dalam larutan berwarna.

Untuk melakukan percobaan Mengubah Sinar Matahari menjadi Energi Panas Kalian perlu mempersiapkan  beberapa alat dan bahan berikut ini :
  1. Dua gelas minum berukuran sama
  2. Minuman soda berwarna cerah
  3. Minuman soda berwarna gelap
  4. Sebuah Meja dekat dengan Jendela yang disinari  matahari
  5. dua kubus es berukuran sama 
  6. sebuah ruangan yang gelap

Bayangkan, berpiknik di satu hari yang panas. Kamu menuangkan minuman coca-cola yang mengandung soda ke dalam sebuah gelas. 

Temanmu mengisi sebuah gelas dengan minuman soda rasa jeruk kesukaaannya. Kamu berdua sama-sama mengambil sebuah es batu berbentuk kubus. Kubus es mana yang tahan lebih lama ?

Sinar matahari berubah menjadi energi panas. Benda-benda yang berwarna gelap menyerap lebih banyak energi sinar daripada benda-benda yang berwarna terang, jadi benda-benda berwarna gelap menjadi lebih panas. 

Apakah Coca-cola yang menyerap lebih banyak sinar matahari dan mencairkan kubus es secara lebih cepat ?  

Silahkan lakukan Percobaan Kubus-Kubus yang Mengkerut  berikut ini :
  1. Gambar 1. Ilustrasi Penempatan pada Dekat Sinar matahari
    Ambil 2 buah gelas yang berukuran sama, isi salah satu dengan minuman soda berwarna terang dan gelas lain dengan minuman soda berwarna gelap. 
  2. Isi setiap gelas dengan minuman yang berjumlah sama, tapi jangan terlalu penuh. 
  3. Letakkan gelas-gelas tersebut pada dekat jendela yang terkena sinar matahari selama setengah jam. Kemudian, ambil 2 kubus es berukuran sama dan masukkan masing-masing kubus es kedalam gelas-gelas tadi. 
  4. Kubus es mana yang bertahan lebih lama ? mengapa ?

Didalam proyek ini , sebuah asumsi dibuat. Kita berasumsi  (kita "berpikir") bahwa jenis soda itu sendiri (dengan cita rasa dan manis tertentu) tidak mempengaruhi pencairan kubus-kubuses. Untuk membuktikan dugaan kita benar, lakukan percobaan tersebut sekali lagi ;
  1. kali ini , letakkan kedua gelas tersebut dalam ruang gelap, bukan di tempat yang terkena sinar matahari. 
  2. Jika kedua kubus es tersebut membutuhkan waktu yang sama untuk mencair, maka minuman-minuman soda tersebut memilik dampak yang sama terhadap kubus-kubus es, dan dugaan kita adalah benar.
    1. Cobalah minuman-minuman yang lain : jus jeruk, minuman sida berwarna merah dan sebagainya. 
    2. Cobalah minuman-minuman yang mengandung soda dan yang tidak mengandung soda, minuman diet(dengan  bahan pemanis pengganti gula), minuma dengan kadar gula tinggi, minuman dengan atau tanpa zat padat (serbuk buah-buahan/sayuran), dan lain-lain. 
    Fakto-faktor minuman apa lagi yang mempengaruhi kecepatan mencair kubus-kubus es tersebut ? Jika memang ada pengaruhnya, bagaimana kamu bis amengetahui hal tersebut ?

    Selamat Menjadi Peneliti Muda !

    0 komentar