Penyebab Anak Tidak Beretika

Penyebab Anak tidak beritaka dipengaruhi oleh beberapa sebab baik dari pihak pengajar, sekolah dan anak itu sendiri.

Kebiasaan yang sering kita lihat dalam lingkungan sekolah, keluarga kita dan masyarakat. Para Pengajar dan orang tua sadar atau tidak akan hal ini, yaitu sangat rendahnya etika anak-anak sekarang ini. Peserta didik sekarang sangat berani tidak beretika apabila kita melihat fakta tentang hal itu.

Walaupun terdapat banyak sekali masyarakat lebih tua dari mereka, tak ada rasa segan dan malu untuk tawuran, membuat masalah, menghajar temannya sampai cedera berat, nongkrong merokok sambil minum miras, bahkan tak malu kembali melotot pada orang tua yang mencoba untuk menasehati sikap buruk mereka. Itulah yang terjadi di lingkungan.

Berbeda lagi yang terjadi di sekolah. Sudah beberapa kali guru berteriak mengatur siswa untuk tertib bila upacara tetap tak digubris. Dilakukan pendekatan lain juga Cuma sebentar. Belum lagi di kelas, saat ini mereka tak segan-segan untuk berlagak “suka-suka” di kelas.

Akibatnya mereka bebas untuk jalan kesana-kemari dan berbicara dengan teman-temannya meski mereka tahu guru ada di kelas tersebut. Mereka tak lagi mempan dengan himbauan untuk tertib. Mereka tahu kalau guru saat ini tidak bisa bertindak “lebih” untuk mendisiplinkan siswa, Hanya sekedar nasehat dan nasehat. Bahkan dengan pendekatan BP pun masih keluar statement, “kok kepo kali sih pak/bu? Suka-suka saya dong!” keluar dari situ, ngulah lagi. Surat panggilan orang tua udah seakan hiasan keseharian yang rutin.
Ilustrasi Anak Tidak Beretika
Beberapa hal menarik tentang penyebab kurang beretikanya anak (usia didik) saat ini adalah:
  1. Si anak Kesadaran kurang/self motivation
    Entah karena asupan didikan karakter usia dini yang kurang didapatnya dalam keluarga, menjadikan pribadinya menjadi “kreak” dan haus perhatian. Yang jelas apapun yang dilakukan guru untuk membantunya menjadi pribadi yang unggul sepertinya belum ada titik temu. Terjadi pembatasan nilai karakter yang hendak ditanamkan, justru seperti tak punya semangat juang untuk melakukan yang terbaik.
  2. Guru yang terlalu menjadi guru yang cuek
    Entah terbawa dengan pola didik jaman jepang, mungkin ada aja guru yang kebablasan dalam mendisiplinkan anak didik. Tak jarang anak yang mengadu disambut hangat oleh orang tua dan oknum lain untuk melaporkan si guru. Akhirnya jadi pelajaran untuk si guru dikemudian hari untuk tidak menuntut “banyak” dari si anak, ya cukup sekedarnya aja. “Jadi kalau mau belajar ya belajar, kalau tidak ya monggo, toh saya masih banyak yang mesti dipikirin selain kamu!” Sehingga yang terjadi adalah berkurang sikap care si guru yang dulu pernah ada meski kebablasan walau sebenarnya demi kebaikan si anak. Tapi sudut pandang si anak, orang tua dan oknum berbeda pula. Kejadian tersebut secara sporadis mampu mempengaruhi guru secara global untuk tak lagi membentuk si anak menjadi lebih baik, melainkan biasa saja. Dengan demikian lahirnya kebanyakan guru “cuek” yang tak lagi peduli dengan sikap dan karakter si anak, yang penting tujuan pembelajaran (materinya) terselesaikan, pulang kerumah, tanpa beban. bagaimana dengan di rumah? para orang tua masing-masing yang paling paham.
  3. Orangtua yang kebablasan menjadi orang tua monyet
    Seperti kata saudara Bain, anak dididik di sekolah itu Cuma sekitar 6-8 jam (standar negeri). Sementara si anak menghabiskan sisa waktu 16-18 jam itu bersama orangtuanya di rumah (seharusnya). Namun dengan waktu yang terbatas di sekolah tadi, si orang tua berharap “lebih” dari pihak sekolah untuk membuat anak menjadi “super human”, cerdas, baik dan berprestasi. Hampir semua orang tua murid menginginkan hal itu. Mereka menampik kenyataan bahwa para pendidik di sekolah itu adalah “the best partner” yang saling berkordinasi. Guru bukan superman/superwoman yang serba bisa dan gak pernah salah. Dengan tuntutan lebih sang guru harus menghandel sekitar 480 anak tiap minggunya (rata-rata 24 jam perminggu), sepanjang tahun. sementara orang tua yang menghandel 2 anak di rumah saja belum tentu becus.

    Itu pun masih saja guru tak luput dari objek sebagai kambing hitam atas ketidakberhasilan si anak dalam belajar, berkarakter dan berakhlak. Seolah-olah mencari kesalahan, bila si anak kena hukum atau nilainya rendah maka keluar statemen, “kok gitu gurumu?” lalu berbondong-bondong dengan muka yang sangar untuk menuntut pertanggungjawaban si guru mengapa anaknya seperti itu. Seakan-akan saat si anak salah/gagal, si orang tua muncul dengan tiba-tiba untuk promosi menjadi “orang tua baik” yang ada “membela” saat si anak dihukum ataupun nilainya rendah. Padahal itulah yang akan menjadi bom waktu saat ini dan ke depan. Kebanyakan orang tua sudah berubah jadi monyet, artinya sayang-sayang monyet. Suatu sikap yang nantinya mematikan si anak itu sendiri.
  4. Pembelaan Komnas PA yang mematikan
    Perhatikan bila terjadi disiplin terhadap si anak dengan hukuman tertentu (bukan hukuman fisik gila-gilaan), mendapat laporan seperti itu Komnas PA juga sudah imbang dengan pendekar tanpa tanding di siang bolong. Tidak tahukah mereka bila pembelaan habis-habisan tepat dimata siswa yang bersangkutan hanya akan memperparah keadaan generasi ini? Dengan bangga mereka menyerukan kalau anak didik tidak boleh dihukum, bahkan dimarahin pun tidak boleh. Hal ini mematikan karakter banyak pendidik yang ingin menerapkan disiplin demi pembentukan karakter baik si anak. Tentu bukan dengan tindakan disiplin yang kebablasan tadi. Sampai ada kepala sekolah mengatakan, “anak didik sekarang tu udah kayak dewa aja, kagak bisa disentuh, dimarahin pun tidak. Kalau gitu serahin aja ke orangtuanya, kalau dengan cara seperti itu bisa berhasil!”. Makanya sanksi yang dibenarkan seolah-olah sanksi ecek-ecek.

    Memang perlakuan terhadap anak didik oleh pendidik itu berbeda-beda tentunya. Para pendidik paham akan hal ini, ada istilah ilmu jiwa yang harus dikuasai pendidik sebelum turun ke lapangan. Namun bila inti dari setiap pola perlakuan pendisplinan oleh guru dimatikan oleh Komnas PA, apa gunanya pendisiplinan? Kepasrahan pendidik awal kemunculan giant ego si anak yang membuatnya seolah-olah hebat dan tau segalanya. Pun bila sesuatu terjadi pada si anak,si anak gagal misalnya atau melakukan tindak kriminal, toh yang disorot itu ya pendidiknya bukan Komnas PA.
  5. Policy makernya pendidikan yang belum jelas
    Para penggagas sistem pendidikan pun seolah belum menemukan formula yang pas untuk fenomena ini. Faktanya dengan sistem kurikulum saat ini banyak guru yang beranggapan mereka lebih nyantai, siswa yang lebih aktif. Itu nonsense namanya. Tidak ada kata santai untuk seorang pendidik. Kurikulum justru mengharuskan pendidik untuk terus memikirkan pola mengatasi permasalah di kelas, menemukan core pembelajaran yang interaktif, membangun komunikasi dan hubungan yang baik antara pendidik dengan anak didik sehingga mampu memasukkan nilai-nilai karakter yang dituntut. Akibat dari anggapan yang salah tadi, pendidik dengan penghasilan bulanan yang selangit akibat sertifikasi pun tetap saja memberikan pola pembelajaran kopong tak berisi, miskin inovatif, miskin karakteristik dan tanggungjawab.

    Sampai kapan hal ini akan berlangsung? Selama belum ada titik ketemu antara faktor penyebab kurang beretikanya anak didik saat ini, masih abu-abu. Esensi mendidik adalah melahirkan generasi bangsa yang berkualitas dengan nilai-nilai karakter dan budi luhur yang baik yang nantinya mampu membangun negara ini menjadi lebih baik. Namun, bila sistemnya tetap mengeluarkan anak didik kurang atau bahkan tak beretika seperti saat ini, mau gimana lagi?
Sumber :  http://m.kompasiana.com/post/read/685756/2/penyebab-anak-kurang-beretika.html

COMMENTS

Nama

1 januari,1,10 november,2,10 november 1945,3,10 Pahlawan,1,about fungi,1,Air,3,Akar kudrat,1,Akar Pangkat 3,1,Akhlak,27,Akhlak Islam,1,Akibat Belajar Agama tanpa Guru,1,Akuntansi,2,alat optik,3,alat seo,1,alat webmaster,1,Alhazen,1,anak bandel,1,anak tidak fokus,1,anak-anak jokowi,1,Android,1,anemia,1,anies baswedan,2,anyaman,1,aqidah,20,Artikel Kependidikan,18,artpend,1,artpend seo studio,2,Arus Listrik,2,Atmosfer,1,aturan tangan kanan,1,Auckland,1,Bahasa Indonesia,20,Bahasa Jawa,10,bahaya,1,Bangga sebagai bangsa Indonesi,3,Bangga Sebagai Bangsa Indonesia,1,Bangsaku Bangsa yang Berbudaya,1,Bangun Datar,3,Banjir,1,Bank Soal,25,Bank Soal IPA,15,bank soal matematika,1,Bantuan Siswa Miskin,1,barang ekspor,1,basket,1,baterai bekas,1,batu akik,1,Batu Mulia Indonesia,1,bbm naik,1,BBM Naik Tahun 2014,1,beasiwa,1,Beberapa Hewan Unik Yang Dianggap Palsu,1,belajar islam,20,Benda-benda di Sekitar Kita,1,bentuk-bentuk kerukunan,1,berbagai macam tanah,1,Berita,22,berita nasional,3,Berita Temanggung,1,Bilangan Bulat,5,bilangan kubik,1,bin,1,biolog,1,biologi,35,Biologi dan Ekologi,13,biology,4,blog komentar,1,blokir iklan facebook,1,budaya,1,Budaya Indonesia,1,budha,1,Buku,5,buku guru,3,buku guru dan siswa,1,buku kurikulum 2013,4,buku kurikulum 2013 SMK,7,buku kurikulum SD 2013,4,buku siswa,2,buku smk,1,buku tematik,4,bung tomo,1,bunga daun bawang,1,Bunga Perca,1,Buya Hamka,1,cacat mata,1,Cahaya,3,Candi,1,Candi Hindu,1,candi peninggalan hindu,1,cara download youtube,1,cara ekspor,1,Cara hidup manusia hewan dan tumbuhan,7,Cara kerja sistem limfatik,1,cara membuat poster,1,Cara menjaga kerukunan,3,catatan,24,cerita rakyat,1,cermin,1,Cerpen anak,1,charger mobil,1,ciri-ciri penyakit ebola,2,convert pdf to web,1,Converts Sunlight into Thermal Energy Experiments,1,cpns 2014,2,cublak cublak suweng,1,Daftar hari penting indonesia,1,Daftar Hari raya Indonesia,1,Daftar peringatan indonesia,1,Daftar Peserta Kelulusan PLPG,1,dampak kenaikan BBM,1,dampak perdagangan internasional,1,dapodik,3,dapodikdas,2,Dapodikmen,2,darah,1,daring,2,dasar elktronika,1,dasar komputer,1,dasar logika,1,data pokok pendidikang,1,daun zaitun,1,daur karbon,1,Demokrasi,1,Desimal,2,dns spoofing,2,download aplikasi dapodik,1,download youtube downloader,1,Draft RUU Pilkada,1,dropping air bersih,1,ebola di indonesia,1,education,1,Ekologi,1,ekspor,1,ekspor impor,2,ekspor impor indonesia,2,elektromagnet,1,elektronika,4,elektronika dasar,1,elektrostatik,1,elementary school,1,endocrine gland,1,endocrine system,1,energi,1,energi alternatif,1,energi dan perubahannya,1,english lecture,10,ensiklopedia fisika,1,etika,1,etika sederhana,1,Experiments,2,eydm ejaan bahasa indonesia,1,facebook,1,Fancy Blue,1,farkhan,1,fiqh,20,fisika,24,fisika smp,4,Fitu,1,Flowering Plant Reproduction,1,fls2n,1,for kids,1,foto kemdikbud 2015,1,froce in physics,1,Fungi,1,fungsi BUMN,1,Fungsi Sel,1,gallery,1,Gas In Bottle,1,gaya gravitasi,1,Gaya magnet,2,gaya pacaran sehat,1,gejala ebola,2,gejala penyakit ebola,2,gelombang,1,gelombang dan osilasi,1,geografi,3,geografis,1,geologi,3,gerbang logika,1,google adsense,3,google berhasil di reta as,1,google dibajak dns spoofing,1,google diretas pakistan,1,google pay,1,gundul gundul pacul,1,gunung pelangi,1,guru,1,Hambatan,1,hari besar agama,1,hari pahlawan,1,hari pahlawan nasional,2,Haytham,1,headline,13,hewan reptil,1,Hidup rukun,6,hindu,1,hukum newton,1,Ibnu Hajar Al Asqolani,1,Ilmu Pengetahuan Alam,57,Ilmu Pengetahuan Sosial,21,Ilmuwan,1,Ilmuwan Muslim,1,imen,1,inaicta,1,Indonesiaku Bangsa yang Berbudaya,3,Indonesiaku bangsa yang cinta damai.,2,Indonesiaku bangsa yang kaya,7,induksi magnet,1,info cpns 2014,1,Info Islam,4,info lomba,7,Info Pendidikan,37,Info Pendidikan.,5,Info Sehat,2,info teknologi,24,info teknologiyoutube video downloader,1,informasi,4,informasi cpns 2014,1,informasi kelulusan plpg 2014,1,informasi lomba lkiip 2015,1,informasi penerimaan CPNS 2014,1,Informasi PLN,1,Informasi SNMPTN 2015,3,inobel 2015,1,inovasi pembelajaran,1,internet,2,invertebrata,1,ipa,15,islam,23,islam kristen,14,islamologi,14,Istilah,1,its,1,jadwal pelajaran,1,jamaah islam liberal,1,Jamur,1,jamuran,1,Jarak waktu dan kecepatan,1,jaring makanan,1,jateng 2014,1,Jelajah Dunia,2,Jenis Batuan,2,jenis poster,1,Jenis Tumbuhan Tidak Berbunga,2,Jenis Ulat,1,jenis-jenis tanah,1,jil,1,Jokowi,2,jokowi mengumumkan kabinet,1,Juara,1,Kabinet jokowi,3,kabinet kerja,1,kaca mata,1,kajian islam,22,Kajian tafsir,10,Kaleidoskop,1,kalender pendidikan,1,kalimat poster,1,Kalor dan Suhu,1,kamera,2,kanker,1,Karbon,1,kartu indonesia pintar,2,Kasus Kekerasan Anak,1,Keamanan Internet,1,Keamanan Jaringan,1,keanekaragaman budaya bangsaku,1,keindahan bunga,1,Kekerasan SD,1,Kelas 1 SD,1,kelas V,7,kelas4sd,2,kelas5sd,10,kelas6sd,2,kelenjar,1,kelenjar endokrin,1,Keluarga jokowi,1,kemdikbud,2,KemenPAN RB Gandeng BIN Jewer PNS Nakal,1,kemenpan-rb,1,kemintraan youtube,1,kenaikan BBM,1,Keputusan Bersama,1,Kerajaan Fungi,1,kerajaan hindu indonesia,1,kerajinan,1,kerja jokowi,1,kerjasama bilateral,1,kerjasama multilateral,1,Kerukunan Dlm bermasayarakat,8,kesehatan,7,Keunikan hewan,1,Kewarganegaraan,1,Khasiat Pohon zaitun,1,khohir mulyadi,1,kihajar,1,Kimia,2,kimia sma,3,kimia smk,1,kip,1,kisi-kisi LKS Jabar 2015,1,kisi-kisi LKS Jatim 2015,1,kisi-kisi cpns 2014,1,kisi-kisi lks 2015,1,kisi-kisi LKS DIY 2015,1,kisi-kisi LKS jateng 2015,1,kisi-kisi LKS Nasional 2015,1,kisi-kisi ujian nasional 2015,1,koleksi,1,komentar facebook,1,Kompetensi Dasar,1,Komponen Ekosistem,1,komputer,1,kontroversi buku penjaskes,1,kontroversi menteri kelautan,2,kontroversi undang-undang,1,Korban banjarnegara,1,KPAI,1,kristologi,15,kritik kepada mendikbud,2,kuis kihajar,1,kuliah Dalam jaringan,1,kuliah daring,1,Kumpulan Meme Banjir Jakarta 2015 Lucu,1,Kunci Jawaban,1,kurikulum 2006,2,kurikulum 2013,22,kyiai,1,Lapisan bumi,2,larangan merokok,1,larangan selamat natal,1,Layang-layang,1,lecture,1,lensa,1,Lingkungan,8,linperanas 2015,1,listrik,4,listrik statis,2,lkiip 2015,1,lkiip guru smk 2014,1,lkiip nasional,1,lomba 2015,2,lomba blog,1,lomba bptikp,1,lomba feature 2015,1,lomba foto 2015,1,lomba foto kemdikbud 2015,1,lomba guru,2,lomba guru nasional,1,lomba kreatifitas guru,1,lomba lkiip 2015,1,lomba menulis,1,lomba mpi,1,lomba penulisan artikel 2015,1,Lomba Siswa,6,lombarancang busana batik tomini,1,Lowongan Kerja,1,LPIR 2015,1,lpmp,1,Luas,1,Macam-macam peristiwa dalam kehidupan,6,macam-macam tanah,1,madrasah,1,Magnet,2,mahasiswa,1,mancanegara,1,Manfaat hidup rukun,4,Manfaat pemanasan,1,Manusia dan lingkungan,16,Manusia dan peristiwa alam,4,Mapel SMK,1,masyarakat menolak ruu pilkada,1,Mataram,1,Matematika,30,Materi,23,Materi dan Energi,1,Materi Kelas 1 SD,5,Materi Kelas 2 SD,2,Materi Kelas 3 SD,6,Materi Kelas 4 SD,7,Materi Kelas 5 SD,23,Materi Kelas 6 SD,13,Materi Pelajaran,90,materi Shopping,1,medan magnet,1,media,1,Memahami Listrik dan Kemagnetan,1,membuat modul,1,mempercantik website,1,menangani ebola,1,mendaftar cpns online 2014,1,mendidik sisiwa,1,mendikbud,5,mengajar,1,mengenal bakteri,2,mengenal biologi dan ekologi,1,mengenal dapodik,1,Mengenal Fungi,1,mengenal gaya,3,mengenal Google Adsense,1,mengenal hari pahlawan 10 november,1,mengenal hewan,1,mengenal keluarga jokowi,1,mengenal listrik dan kemagnetan,1,mengenal mikroorganisme,1,Mengenal Sel dan Struktur Sel,1,Mengenal Sirkuit Listrik,1,mengenang jasa pahlawan,1,mengenang pahlawan,1,mengoptimalkan website,1,meningkatkan traffik website,1,merokok,2,minyak nabati,1,Minyak zaitun,1,mipa unnes,1,mirror aplikasi,1,Model kuliah daring,1,model pembelajaran PDITT,1,modul,1,moratorium CPNS,1,motivasi,11,MPI,2,Muatan listrik,1,mursida,1,museum,1,museum ranggawarsita,1,musium di semarang,1,Musyawarah,1,NKRI,2,Norma,1,november 1945,1,o2sn 2015,1,obat penyakit ebola,1,omba multimedia,1,opini,2,organ peredaran darah,3,Organ tubuh manusia dan hewan,7,osilasi,1,OSN,1,osn 2015,1,osn sd 2015,3,OSN SD Jateng 2015,1,osn SMP,1,otospinner article Rewriter,2,Ozon,1,Pahlawan Nasional,6,pai,22,pakaianadat,1,pancasila,1,panduan youtube,1,Parenting,3,paru-paru,1,Paud,1,pdip menolak uu pilkada,1,pditt,1,Pecahan,8,Pecahan campuran,1,pejuang,1,pelajaran agama islam,2,Pelestarian Lingkungan,1,Pemanasan Global,1,pemantulan,1,Pembagian,2,pembayaran adense,1,pembiasan,1,pemilu tidak langsung,1,pencegahan penyakit ebola,1,Pencemaran,1,Pendaftaran CPNS,1,pendaftaran cpns 2014,1,pendaftaran snmptn 2015,3,Pendidikan,3,pendidikan agama islam,24,Pendidikan karakter,9,pendidikan tauhid,1,peneliti,1,pengaruh modernisasi,1,penggolongan makhluk hidup,1,penggolongn hewan,1,penghargaan,1,pengobatan ebola,1,pengumuman,9,Pengumuman Kabinet Jokowi,1,Pengurangan,2,peninggalan sejarah,3,Penjaskes,1,Penjumlahan,2,Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan,2,Pentingnya kesehatan diri dan linkungan,9,penyakit,4,penyakit ebola,3,penyakit ganas ebola,1,penyakit pernapasan,1,Penyebab Anak tidak Beretika,1,perakitan komputer,1,peranan BUMN,1,perang kemerdekaan,1,perang melawan sekutu,1,perang surabaya,2,Percobaan Energi Panas dari Pembusukan,1,Percobaan Gas dalam Botol,1,Percobaan Memanfaatkan Tenaga Uap,1,Percobaan Mengubah Sinar Matahari menjadi Energi Panas,1,percobaan sains,4,Perdagangan Internasional,1,Peristiwa-peristiwa Penting,3,perkalian,2,permendikbud,2,permendikbud 50 tahun 2015,1,Pernapasan,2,Pernik,1,Persamaan Linear,1,Persen,1,Pertanyaan SNMPTN 2015,1,Perubahan lingkungan,1,Perubahan wujud benda,4,petunjuk install dapodik,1,petunjuk teknis,1,Phsycs,3,physics,1,physics science,1,PJOK,3,pns,1,Pola hidup sehat,5,pola kehidupan di masyarakat,1,portofolio,1,portofolio snmptn 2015,1,pos ujian nasional 2015,1,POster,1,poster yang baik,1,ppg,1,PPKn,9,praktikum,1,presentasi,1,Presentasi menggunakan Pen Tool,1,Presiden Jokowi,1,presiden jokowi dan keluarga,1,profil anak jokowi,1,profil candi dieng,1,program baru Kemdikbud,2,Promes,1,Putra jokowi,1,radio aktif,1,Raja Salman,1,ranggawarsita,1,rangka tubuh manusia,2,rangkaian pararel,1,rangkaian seri,1,Rapel Tunjangan Profesi Temanggung,1,Rekruitmen cpns,1,Rekruitmen PLN,1,Reproduksi dan Hereditas,1,Reproduksi Tumbuhan Berbunga,1,reptil di indonesia,1,resep masakan,1,Resultan Force,1,rokok,1,rontgen,1,rotan,1,rotasi bulan,1,rotasi bumi,1,rotasi matahari,1,RPP,3,rumah adat,1,rumah sakit,1,rumahadat,1,rumus lengkap kimia,1,RUU kontroversial,1,RUU perawat,1,RUU Pilkada,2,S2,1,Sains,3,Samsung Galaxy J1,1,Sastra,1,SBK,2,sd negeri 2 badran temanggung,1,SD Trisula Wedari,1,sehat itu penting,5,sejarah,8,sejarah candi indonesia,1,sekutu menjajah indonesia,1,seleksi polines,1,Semester 1,7,Seni Budaya,1,Seni Budaya dan Ketrampilan,10,Seni Karawitan,1,seni tradisional jawa,1,senyawa karbon,1,seo,2,seo tools,3,Sertifikasi Guru,1,Sifat Air,1,sifat cahaya,2,Silabus,2,Silabus kurikulum 2013,1,sinar x,1,singkong,1,Sinonim,1,sirkuit listrik,1,sisi positif,1,Sistem endokrin,1,sistem hormon,1,Siswa Miskin SD Sekolah,1,Siswa SD harus sekolah,1,siswa siap kerja,1,Slide Pembelajaran,1,smk,5,smk bisa,1,smp,2,SNMPTN 2015,3,Soal Bahasa Indonesia,3,Soal Bahasa Jawa,3,Soal IPA,11,Soal IPA Kelas III,1,Soal IPS,1,Soal Matematika,1,Soal PPKn,2,soal ujian nasional 2015,2,Software,1,spesifikasi HP,1,Struktur bumi,2,struktur sel bakteri,2,surat,1,surat terbuka kepada mendikbud,1,Susunan Kabinet,1,Susunan Kabinet Jokowi,1,susunan kabinet kerja,1,susunan menteri kerja,1,syarat pendirian paud,1,Tafsir,10,tafsir ibnu katsir,20,Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah 111-114,1,tahun baru,1,tahun baru masehi,1,tampilan website,1,tanah longsor banjarnegara,1,tank,1,tariantradisionl,1,Tata Surya,1,Tatang Koswara,2,tauhid islam,1,teknik ip spoofing,1,tema 1,8,tema 3,1,tema shopping,1,Tematik,14,tematik kurikulum 2013,1,tembang dolanan,2,Tentang,2,Thalasemia,1,thermal energy,1,tips,2,tips dam trik,3,Tips Memblokir SMS Penipuan,1,Tips merawat gadget,1,TKJ,1,Tokoh Indonesia,1,Tubuh Manusia,4,Tumbuhan,3,Tumbuhan berbunga,2,tumbuhan berkayu,1,Tumbuhan dikotil,1,tumbuhan monokotil,1,Tunjangan Profesi,2,tutorial,2,tutorial Adsense,1,tv streaming,1,tvone,1,Ujian nasional 2015,3,ujian nasional SD 2015,1,ujian nasonal 2015,1,UKG 2015,1,un,1,UN SD 2015,1,undang-undang,1,Undang-undang ITE,1,unesco,1,unnes 2015,1,ust. Bachtiar Nasir,1,vas bunga,1,Video,8,video downloader,1,Video Informasi SNMPTN 2015,1,video kekerasan anak SD,1,virus ebolam gejala penyakit,1,Voltase,1,wabah ebola,1,wanita,1,Wanita adalah Target Yahudi untuk Dihancurkan,1,warsito,1,waspada ebola,1,webmaster tools,1,website analysis,1,western union,1,Wujud Benda dan Cirinya,8,Wujud Benda dan Sifatnya,2,yahudi,1,youtube,1,youtube downloader,1,youtube to video,1,Zakir Naik,1,
ltr
item
Kelas Bu Asih: Penyebab Anak Tidak Beretika
Penyebab Anak Tidak Beretika
Penyebab Anak tidak beritaka dipengaruhi oleh beberapa sebab baik dari pihak pengajar, sekolah dan anak itu sendiri.
http://3.bp.blogspot.com/-oKzVLAKDznc/VD9mOIjdzuI/AAAAAAAAAFk/wlr7QKPTnQE/s1600/anak%2Btidak%2Bberetika.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-oKzVLAKDznc/VD9mOIjdzuI/AAAAAAAAAFk/wlr7QKPTnQE/s72-c/anak%2Btidak%2Bberetika.jpg
Kelas Bu Asih
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/2014/10/penyebab-anak-tidak-beretika.html
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/2014/10/penyebab-anak-tidak-beretika.html
true
2784979944216087061
UTF-8
Load Semua posting Tidak ditemukan tulisan LIHAT SEMUA Baca Lanjut Ulangi Gagal Ulang Hapus Oleh Beranda Halaman Posting Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU KATEGORI ARSIP CARI SEMUA POSTING Tidak ditemukan tulisan apa pun sesuai permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Mengikuti KONTEN INI ADALAH PREMIUM Silakan berbagi untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C with Mac) untuk menyalin