Para Pejuang Kemerdekaan yang Cerdas

Bicara tentang pahlawan, pasti kita akan mengenang bukan karena kekayaan , dan keturunan darah birunya, tetapi akan dilihat dari Hebatnya mereka dalam berkontribusi berjuang membebaskan kaum dan rakyatnya dari cengkraman tirani dan menguras kekayaan yang ada didalamnya.

Diantara sekian ratus pejuang kemerdekaan baik sebelum merdeka maupun pasca merdeka, ada beberapa pahlawan Nasional yang Jenius dan cerdik dalam berjuang.

Paparan ini sebagai motivasi kita bersama bahwa dengan keterbatasan mereka sebagai pejuang, mereka masih mempunyai pikiran yang cemerlang dan cerdas dengan taktik dan strategi yang hebat.  berikut adalah beberapa Pahlawan yang jenius dalam menghadapi Para Penjajah tersebut :

  1. Pangeran Diponegoro
    Pangeran Diponegoro
    Pahlawan satu ini benar-benar jenius dan cerdas dalam berjuang mengusir Tirani. Dalam kondisi keluarganya yang bekerjasama dengan Penjajah belanda pada waktu itu untuk memerangi Pangeran Diponegoro, beliau dengan sangat cerdik dan jenius menerapkan taktik perang gerilya yang sangat menguras tenaga dan biaya penjajah.

    Bahkan Penjajah kehabisan akal dalam menangkap beliau yang akhirnya menggunakan cara licik dalam menangkap beliau lewat perundingan. kenapa seorang pangeran diponegoro dapat merepotkan penjajah pada waktu itu ? Hal itu karena rakyat sangat mencintai beliau, dengan kesederhanaan beliau walaupun seorang ningrat yang kaya raya pada waktu itu, tetapi beliau sangat dekat dengan rakyat dan santri, sehingga tidak rela bangsa asing menjajah mereka dengan mudah.

    Pangeran Diponegoro kalah dengan kesatria tidak menggunakan cara-cara licik seperti penjajah Belanda. Beliau adalah Pahlawan yang layak disebut sebagai Pendahulu pahlawan kemerdekaan.
    .
  2. Teuku Umar
    Teuku Umar
    Beliau adalah Pahlawan kemerdekaan Indonesia dari Serambi Mekkah / Aceh. Dengan taktik dan strategi beliau ini, mampu mendapatkan persenjataan belanda yang banyak untuk digunakan dalam memberontak Penjajah belanda.

    Taktik Intelejen yang sangat jitu diterapkan belau dengan menjadi Agen ganda sehingga dipercaya Belanda sebagai "Jongos Utama" yang akhirnya menduduki posisi penting dalam persenjataan.

    Setalah cukup kuat, beliau membawa persenjataan belanda tersebut dan digunakan untuk melawan belanda.

    Penjajah Belanda benar2 kalang kabut pada waktu itu dan berusaha keras memadamkan pemberontakan yang dilakukan Teuku Umar dan Cut nyak dien. Ini adalah Tipikal pahlawan yang cerdas.
    .
  3. Ir. Soekarno
    Presiden Soekarno
    Beliau juga salah satu Pahlawan yang cerdas, dengan gaya diplomasi yang sangat bagus serta menguasai beberapa bahasa, sangat disegani didalam negeri dan luar negeri pada waktu itu.

    Keputusannya untuk membuat "Poros Tengah Dunia" dengan membuat Gerakan Non Blok menjadikan Presiden pertama Indonesia ini sangat disegani baik di blok barat dan timur.

    Sudah beberapa kali pihak Penjajah menangkap beliau tetapi dengan kekuatan diplomasinya justru mendapatkan simpati dari masyarakat sehingga melawan penjajah pasca kemerdekaan.


    .
  4. H. Agus Salim
    H Agus Salim
    Pahlawan satu benar-benar membuat malu para akademisi terkenal, karena beliau ini hanya  pernah merasakan bangku sekolah Dasar tetapi menguasai beberapa bahasa asing dan sangat tajam dalam berdiplomasi. beliau juga seorang pejabat yang sangat sederhana, tidak mau menggunakan fasilitas negara untuk keluarganya. Tetapi dengan Kecerdasannya beliau dalam berdiplomasi di kancah luar negeri membuat Indonesia disegani di negara-negara lain.
    Peran Agus Salim pada masa perjuangan kemerdekaan RI antara lain:
    • anggota Volksraad (1921-1924)
    • anggota panitia 9 BPUPKI yang mempersiapkan UUD 1945
    • Menteri Muda Luar Negeri Kabinet Sjahrir II 1946 dan Kabinet III 1947
    • pembukaan hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara Arab, terutama Mesir pada tahun 1947
    • Menteri Luar Negeri Kabinet Amir Sjarifuddin 1947
    • Menteri Luar Negeri Kabinet Hatta 1948-1949
  5. Muhammad Natsir
    Muhammad Natsir
    Beliau adalah pentolan dari Partai Masyumi dan pernah menjadi Perdana Menteri di era Pasca kemerdekaan. beliau adalah orang sederhana dan tidak mau memanfaatkan fasilitas pejabat untuk keluarganya. 

    Tetapi Kecerdasaannya dalam dunia Politik dan diplomasi tidak diragukan lagi. Seperti Agus Salim, beliau juga menguasai beberapa bahasa dan sangat akrab di dunia internasional.

    Pendirian beliau yang sangat teguh memperjuangkan indonesia sampai beberapa kali terkena Fitnah.
  6. Buya HAMKA
    Buya Hamka
    Beliau termasuk Ulama dan Pujangga dari Minang. Karya beliau yang sangat fenomental adalah Tafsir Quran Al-Azhar  yang dibuat dipenjara karena terkena Fitnah pemerintah. 

    Beliau termasuk Pejuang yang sangat Cerdas dan diakui di dunia internasional karena kehebatannya.

    Namun dibalik kecerdasannya itu, beliau sangat sederhana dan tidak menggunakan fasilitas negara untuk keluarganya. benar-benar pemimpin dan ulama yang sangat Tawadhu'.
Itulah beberapa Pejuang kemerdekaan yang cerdas. Insya Allah akan ada beberapa tambahan Update !
Semoga bermanfaat !

0 komentar