Mengenal Dapodik

Dapodik (Data Pokok Pendidikan) merupakan sebuah sistem baru yang diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai alat update data pendidikan dari tingkat satuan pendidikan (TK/SD/SMP/MTS/SMA/MA/MAK/SMK)  yang didistribusikan secara online ke Server Kemdikbud di Jakarta. Sistem ini untuk membantu Kementrian pendidikan dalam memetakan data-data pendidikan sampai ke tingkat satuan pendidikan sehingga dapat dijadikan acuan dasar dan fundamental dalam RENSTRA (Rencana Startegis) Pendidikan Nasional. 

Peningkatan Mutu pendidikan tidak hanya berbasis pada proses pembelajaran dan outputnya (Standar kompetensi Lulusan) tetapi mengikuti 8 Standar Proses Pendidikan yaitu :
  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses
  4. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan Pendidikan
  8. Standar Penilaian Pendidikan

Gambar Halaman Depan Dapodik
8 Standar pendidikan inilah yang harus dilaksanakan secara bersama-sama dengan sinergitas sehingga menghasilkan output / keluaran peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. 8 Standar pendidikan ini juga sudah terbackup dalam Sistem Dapodik 2014 sehingga dari kementrian Pendidikan akan lebih cepat memperoleh data langsung dari setiap satuan pendidikan.

Kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat didukung dengan infrastruktur jaringan internet di indonesia yang menunjukkan peningkatan signifikan, maka sudah saatnya merubah sistem pengolahan data-data pendidikan dari era Tradisional (buku, print, dsb) beralih ke modern dengan menggunakan sumber daya teknologi informasi yang memang sudah terbukti menghemat waktu dan biaya. Untuk itulah Kemdikbud meluncurkan Dapodik ini untuk meringankan biaya APBN sehingga bisa digunakan secara tepat guna untuk sektor-sektor pendidikan yang lebih membutuhkan.

Dapodik terdiri dari 2 paket software yaitu Dapodikdas khusus untuk SD dan SMP serta Dapodikmen untuk SMA/MA/SMK. Sistem Dapodik ini dipakai secara Offline dan update data menggunakan online sehingga lebih menghemat biaya dan waktu dalam proses pendataan di tingkat satuan pendidikan. Program ini dirancang untuk kemudahan operator di tingkat satuan pendidikan dalam mendata data sekolah dan dari segi keamanan yang cukup baik karena menggunakan sistem Update Database terdistribusi.

Semoga kedepannya, sistem Dapodik ini jauh lebih lengkap dan lebih banyak fiturnya sehingga dari setiap sistem pendidikan di bawah dapat memaksimalkan proses belajar mengajar tanpa harus mengurusi pendataan yang begitu banyak dan rumit

Demikian Sekilas tentang Dapodik
Semoga Bermanfaat !
Jangan lulpa Komentar kritik dan sarannya !


Agung Sulistyo
Pengajar TKJ SMK N 2 Temanggung


0 komentar