Apa sih perbedaan Rangkaian Seri dan Pararel

Apakah kalian menyadari, betapa kita sangat tergantung pada energi listrik? Kita memanfaatkan energi listrik untuk menyalakan lampu, menyetrika baju, menyalakan mesin cuci, kulkas, komputer, dan berbagai peralatan rumah tangga yang lainnya. Bukankah kita merasa sangat kerepotan saat terjadi pemadaman listrik oleh PLN? Ya... energi listrik memang sangat penting untuk kita.

Pernahkan kalian mengamati atau mencari tahu bagaimana rangkaian listrik di rumah kalian bisa menyalakan berbagai peralatan dalam waktu bersamaan? Jaringan listrik di rumah kalian merupakan salah satu contoh rangkaian listrik pararel. Mengapa listrik di rumah dirangkai secara pararel? apa kelebihannya dibandingkan rangkaian seri? Yuk kita simak penjelasan berikut!

Sebelum kita bahas kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis rangkaian listrik, mari kita ingat kembali pengertian rangkaian seri dan rangkaian pararel!

Rangkaian seri adalah salah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar. Salah satu contoh rangkaian seri adalah susunan baterai dalam senter.

Rangkaian Seri

Beberapa kelebihan rangkaian seri yaitu : 

  1. lebih praktis
  2. dapat diatur secara manual maupun automatik. 
  3. memiliki rancangan yang lebih sederhana, sehingga lebih mudah dibuat
  4. lebih stabil dalam menghantarkan arus listrik sehingga cocok digunakan untuk kepentingan-kepentingan umum. 
  5. tidak memerlukan terlalu banyak komponen 
  6. biaya pembuatan lebih murah.
  7. struktur rangkaian ini pun lebih mudah dipahami sehingga kerusakan yang terjadi dapat dengan mudah terdeteksi.



Meskipun memiliki banyak kelebihan rangkaian seri tidaklah sempurna, rangkaian ini juga  memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain:

  1. sumber tegangan harus selalu dalam prima untuk menghindari resiko adanya kehilangan arus listrik. 
  2. jika terjadi masalah pada suatu komponen maka akan berpengaruh pada komponen–komponen lainnya.
Contoh  penerapan rangkaian listrik seri dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  • Lampu hias  model lama
  • Lampu TL atau  lampu neon, model lama yang masih memakai ballast, di dalam lampu nya terdapat rangkaian seri antara jala-jala dengan ballast.
  • rangkaian seri bimetal (temperatur kontrol) dalam setrika listrik dan kulkas.
  • Sakelar

Rangkaian Pararel
Rangkaian Paralel adalah salah rangkaian listrik yang disusun secara berderet. Pada rangkaian lampu paralel, arus listrik dari baterai dapat melalui setiap lampu. melalui beberapa jalan berbeda yang dapat dialiri arus.

Hal ini menyebabkan susunan paralel menghabiskan lebih banyak biaya karena kabel penghubung yang diperlukan juga lebih banyak. Di samping kelemahan tersebut, susunan paralel memiliki kelebihan dibandingkan rangkaian seri. Kelebihannya adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, komponen lain akan dapat tetap  berfungsi. Karena alasan inilah jaringan listrik dan lampu-lampu di rumah biasanya dibuat pararel.

Jika diperlukan, kita juga dapat menggabungkan antara rangkaian seri dan pararel. Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut sebagai rangkaian seri-paralel, kadang juga disebut sebagai rangkaian campuran atau rangkaian kombinasi.Rangkaian Paralel merupakan salah satu yang memiliki lebih dari satu bagian garis edar untuk mengalirkan arus.

Dalam kendaraan bermotor, sebagian besar beban listrik dihubungkan secara parallel. Masing-masing rangkaian dapat dihubung-putuskan tanpa mempengaruhi rangkaian yang lain.

Sifat rangkaian paralel:
  1. Besarnya tegangan pada masing-masing beban listrik sama dengan besar tegangan sumber listrik.
  2. Setiap cabang dalam rangkaian paralel adalah rangkaian tersendiri, dimana arus pada setiap cabang adalah tergantung besar tahanan cabang.
  3. Tahanan total dari rangkaian paralel lebih kecil dibandingkan tahanan yang terkecil dalam rangkaian.
  4. Jika salah satu cabang tahanan paralel terputus, maka arus yang terputus hanya pada rangkaian tahanan tersebut. Cabang yang lain tetap dapat bekerja tanpa terganggu oleh rangkaian cabang yang terputus tersebut.
 Contoh penerapan rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari adalah jaringan listrik PLN ke rumah-rumah pelanggan.

Kamu dapat belajar membuat rangkaian listrik seri dan pararel sederhana di rumah, dengan menggunakan batu baterai dan lampu. Cara membuat rangkaian tersebut dapat kamu saksikan dalam video di bawah ini. VIdeo tersebut juga berisi penjelasan tentang berbagai hall yang berkaiatan dengan energi listrik.




Referensi:
http://tianphysics.wordpress.com/2013/11/05/rangkaian-seri-dan-rangkaian-paralel/
http://www.inverterdckeac.com/2014/01/kegunaan-dan-fungsi-ballast-adalah.html
http://komponenelektronika.biz/rangkaian-seri.html

1 komentar: