Farkhan Anak SD Yang Jujur dalam Lomba

Ada yang unik pada perayaan Peringatan Hari Anak Nasional 2014 di Temanggung yang itu tidak disadari oleh para peserta maupun penonton.

Disaat eufora penonton yang terdiri dari siswa-siswi SD/SMP/SMA/SMK dan masyarakat menikmati berbagai lomba dalam rangka peringatan hari anak ini, ada yang luput dari perhatian dan itu membuat kagum sang Penulis.

Dia Bernama Farkhan Kelas 4 Sekolah Dasar dari SDN 2 Badran Kranggan Temanggung. Siswa ini mengikuti salah satu lomba Melukis tingkat SD dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ini.

Dari awal sampai jadi lukisannya, siswa ini satu-satunya yang tidak ditunggui oleh orang tua dan pendamping gurunya (menurut yang penulis lihat), dia asyik dengan dunianya sendiri di tengah rerumputan Pendopo Pengayoman temanggung.

Farkhan Siswa kelas 4 SDN Badran 2 Kranggan Temanggung sedang mengikuti lomba Mewarnai 
Menurut penuturan pendamping dari SDN Badran 2 temanggung yang ditemui penulis, Farkhan ini selalu belajar sendiri dan tidak mau bermalas-malasan, bahkan orang tuanya juga tidak mengajarkan melukis tetapi dia benar-benar beajar dari hasil kerja kerasnya sendiri.

Disaat peserta lomba yang lain selalu bersama pendampingnya, bahkan sesekali ada yang mengarahkan dan mengajarkan yang kurang, tetapi dari pantauan penulis sampai selesai, Farkhan ini tidak dipandu, diarahkan oleh pendampingnya.

Ini merupakan pelajaran berharga pada hari Anak Nasional ini, bahwa Anak tidak melulu diajarkan jadi Pintar tetapi Akhlak  dan Attitude yang baik sehingga dimanapun, kapanpun bisa menjadi teladan.

Mungkin mas Farkhan  ini tidak menjadi Juara, tetapi itu tidaklah penting, Apalagi Penulis sebagai Pengajar juga sangat bangga dengan anak ini, disaat hampir mayoritas mengukuti sistem yang tidak baku, anak ini masih mempertahankan norma-norma yang selama ini sudah mulai hilang yaitu Bermain Fair Play , Jujur, dan bertanggung jawab.

Terakhir penulis hanya berharap semoga Bapak Bupati Temanggung atau Kepala Dinas Pendidikan Temanggung membina anak2 seperti ini yang benar-benar sulit mendapatkannya !

Berikut adalah Gallery mas Farkhan sedang mengikuti Lomba Lukis dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2014 di Pendopo Pengayoman temanggung :
































Agung Sulistyo
Pengajar SMKN 2 temanggung

0 komentar