Block Dienes |
Blok Dienes adalah salah satua alat peraga yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Alat peraga ini cukup efektif untuk siswa SD kelas rendah, anak bisa bereksplorasi dan menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan bagi anak.
Banyak anak cenderung memiliki pemahaman yang agak terbatas dari sistem nomor. Secara khusus, saya melihat bahwa banyak dari anak-anak yang mengalami kesulitan dalam matematika kurang memahami nilai angka yang mereka hadapi.
Banyak anak cenderung memiliki pemahaman yang agak terbatas dari sistem nomor. Secara khusus, saya melihat bahwa banyak dari anak-anak yang mengalami kesulitan dalam matematika kurang memahami nilai angka yang mereka hadapi.
Sebagian besar anak-anak diajarkan keterampilan membagi
angka menjadi bagian-bagian penyusunnya ratusan, puluhan dan satuan. Misalnya,
mereka tidak mengalami kesulitan mengatakan bahwa jumlah 378 terdiri dari 3
ratusan, 7 puluhan, dan 8 orang. Namun, ketika ditanya untuk membagi nomor ini
dengan cara yang berbeda mereka mengalami kesulitan.
Apa yang mereka telah diajarkan adalah dengan melihat
angka-angka dalam cara yang abstrak. pengetahuan mereka tentang apa yang
ratusan, puluhan dan satuan yang hanya didasarkan pada posisi digit. Pemahaman
sebenarnya dari nilai angka-angka ini hilang.
Sebuah cara yang umum mengajar anak-anak adalah dengan
menggunakan dienes blok untuk memberikan anak-anak contoh praktis dari apa yang
nomor seperti di dunia nyata. Misalnya, satu dapat menempatkan di depan anak 3
ratusan blok, 7 puluhan dan 8 orang untuk menggambarkan jumlah 378. Namun,
seberapa sering kita menyajikan nomor ini dengan cara yang berbeda? Misalnya,
jumlah yang sama dapat direpresentasikan sebagai 37 puluhan dan 8 orang, atau
378 orang, atau 2 ratusan, 17 puluhan dan 8 orang.
Pengalaman ini sangat penting untuk memberikan anak-anak
pemahaman yang mendalam dan konkret dari sistem bilangan. Hal ini juga sangat
penting jika anak-anak untuk menjadi efisien dan dapat diandalkan di
menghitung.
Mempertimbangkan anak yang memahami sistem bilangan adalah
murni berdasarkan pemahaman yang terbatas dari sistem nomor yang dijelaskan di
atas. Ketika diminta untuk melakukan perhitungan 173 + 50, mereka dihadapkan
dengan tantangan menambahkan 7 puluhan hingga 5 puluhan dan kemudian mengingat
untuk menambahkan ekstra ratus mereka telah diciptakan untuk seratus kolom. Itu
cukup rumit hanya untuk menuliskan, apalagi mengerti. Ia mendapat lebih buruk
ketika berhadapan dengan mengurangkan. Namun, mempertimbangkan anak yang
percaya diri di mengganti nama angka dalam berbagai cara. anak ini mengerti
bahwa 173 dapat dibagi menjadi 17 puluhan dan 3 orang. Oleh karena itu
merupakan langkah mudah bagi mereka untuk menambah 5 puluhan tambahan ini dan
menyadari bahwa nomor baru akan terdiri dari 22 puluhan dan 3 orang (223).
Ini adalah keyakinan saya bahwa, kita mungkin terlalu
sedikit memberi perhatian dan waktu mengajar yang diberikan untuk membantu
anak-anak memahami cara-cara yang berbeda di mana nomor dapat diwakili dan
berganti nama. Saya juga akan berpendapat bahwa keterampilan ini benar-benar
penting dalam membantu anak-anak menjadi percaya diri dan efisien saat
menghitung.
7 komentar