Tingkatan Kedisiplinan

Anda tidak akan pernah berpikir mengajarkan matematika atau program membaca di sekolah Anda yang memperlakukan setiap siswa persis sama. A...

Anda tidak akan pernah berpikir mengajarkan matematika atau program membaca di sekolah Anda yang memperlakukan setiap siswa persis sama. Anda tidak akan berharap semua siswa untuk membaca hal yang sama. Anda tidak akan menempatkan seluruh sekolah di buku matematika yang sama. Jika Anda melakukan hal-hal ini, dewan sekolah Anda dan masyarakat Anda akan menuntut penjelasan segera. Namun, kita mendirikan sistem disiplin di sekolah kita yang memperlakukan semua siswa persis sama. Bahkan, setiap orang mengharapkan kita untuk melakukan hal itu!
Sama seperti fungsi siswa pada tingkat yang berbeda dalam membaca dan matematika, mereka juga berfungsi pada tingkat atau tahap yang berbeda dalam kedisiplinan. Dapat dimungkinkan untuk membuat sebuah sistem yang konsisten dalam disiplin kelas yang akan cocok untuk siswa  pada semua tahap kedisiplinan dan pada saat yang sama mendorong mereka untuk bekerja dengan cara mereka hingga tahap yang lebih tinggi.
Ada banyak ahli mengatakan kepada kita bagaimana menangani masalah disiplin di kelas kami. Namun para ahli tidak selalu sepaham. Thomas Gordon, pencipta Pelatihan Guru Efektivitas kukuh menentang konsep Disiplin asertif Lee Canter itu. Namun, keduanya telah menikmati banyak kesuksesan di seluruh Amerika. Mencoba untuk memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah tampaknya cukup sulit. Sebaliknya, mari kita asumsikan bahwa mereka berdua benar, bahwa mereka tidak hanya berbicara tentang siswa yang sama!
Jika kita melihat pada karya Lawrence Kohlberg, kita menemukan potongan yang akan menjawab teka-teki ini. Selama bertahun-tahun Kohlberg mempelajari  tahap penalaran moral dan etika pada anak-anak dari Amerika Serikat, Taiwan, Meksiko, Turki, dan Yucatan. Satu fakta penting yang muncul dalam penelitiannya adalah bahwa setiap orang, terlepas dari budaya, ras, atau jenis kelamin, berjalan melalui tahap ini. Meskipun perkembangan dari tahap ke tahap adalah sama, tingkatnya bervariasi dari orang ke orang. Hal ini menjadi alasan bahwa kita harus siap untuk mengatasi disiplin di kelas kita pada tingkat yang berbeda. Siswa kita berfungsi pada tahapan yang berbeda di jalan menuju disiplin diri. Mari kita lihat tahap ini dan melihat bagaimana anak-anak berperilaku.
 
Tahap 1: Perilaku Ozone
Tahap Kekuatan: Mungkin Membuat Benar!
Siswa yang berada pada Tahap 1, tahap terendah, biasanya bandel dalam perilaku mereka. Artinya, mereka sering menolak untuk mengikuti petunjuk. Mereka menantang dan memerlukan sejumlah besar perhatian kita. Mereka adalah moralitas heteronom: mereka memiliki beberapa aturan mereka sendiri, tetapi karena takut pembalasan, dapat mengikuti aturan orang lain. Kebanyakan anak-anak telah berkembang melampaui tahap ini pada usia empat atau lima, tapi ada juga siswa yang lebih tua yang masih berada pada tingkat ini.
Ini adalah tahap kekuasaan. Yang menjadi penyebabnya adalah ketidakseimbangan kekuasaan antara anak dan orang yang berwenang. Ketika anak masih muda, ketidakseimbangan kekuasaan antara dia dan orang tuanya cukup signifikan. Jika anak tidak pernah diajarkan tahap yang lebih tinggi, ketidakseimbangan kekuatan berkurang saat ia tumbuh. Orang tua kemudian memberitahu kita bahwa dia tidak dapat lagi mengendalikan anaknya. Dia tidak akan keberatan. Dia menantang otoritas terus-menerus.
Untungnya, sangat sedikit dari siswa yang kita lihat dalam fungsi kelas kami pada tahap ini. Mereka yang melakukan, mengikuti aturan selama ketidakseimbangan kekuatan miring terhadap mereka. Guru asertif dengan perhatian konstan pada siswa-siswa dapat menjaga mereka pada jalur yang benar. Jika Anda berpaling dari mereka, mereka berada di luar kendali.
Jika siswa ingin sesuatu, mereka biasanya melakukan hal tersebut begitu saja. Mereka menunjukkan kepedulian yang sangat sedikit terhadap perasaan orang lain. Mereka mencari ekstensi kekuasaan. Pensil, gunting, dan penggaris menjadi senjata di tangan mereka.
Sekolah yang menggunakan
The Honor Level System  menemukan bahwa siswa yang berada terutama pada tingkat ini secara kronis di Tingkat Empat Kehormatan.

Tahap 2: Perilaku Melayani Diri Sendiri
Tahap Reward / Hukuman: "? Apa Untungnya bagi Saya"
Siswa berfungsi di Tahap 2 adalah sedikit lebih mudah untuk menangani di dalam kelas. Mereka juga hanya mewakili sebagian kecil dari anak-anak kita mengajar. Kohlberg akan
menggolongkan mereka sebagai memiliki moralitas individualistik. Mereka dapat menjadi sangat egois.

Ini adalah imbalan dan tahap hukuman. Siswa-siswa ini berperilaku baik karena mereka akan menerima semacam penghargaan seperti permen, waktu bebas, dll, atau karena mereka tidak menyukai apa yang terjadi kepada mereka ketika mereka tidak berperilaku. Kebanyakan anak-anak bergerak melampaui tahap ini pada saat mereka delapan atau sembilan tahun. Siswa yang lebih tua yang masih berfungsi pada tahap ini melakukan yang terbaik di kelas dengan guru tegas.
Ada rasa sangat sedikit disiplin diri pada tahap ini. Seperti kekuatan anak-anak panggung, anak-anak ini membutuhkan pengawasan konstan. Mereka mungkin berperilaku cukup baik di kelas Anda dan kemudian berada di luar kendali di lorong-lorong dalam perjalanan ke kelas berikutnya.

Karena kita berharap jauh lebih banyak dari siswa kami, anak-anak ini sering di Tingkat Tiga dan Kehormatan Kehormatan Tingkat Empat.
 
Tahap 3: Disiplin Interpersonal
Tahap interpersonal bersama: "Bagaimana Saya Harap Anda?"
Siswa berfungsi pada Tahap 3 membuat sebagian besar anak-anak di tengah kami dan SMP. Anak-anak ini sudah mulai mengembangkan rasa disiplin. Mereka berperilaku karena Anda bertanya kepada mereka. Ini adalah tahap saling antarpribadi. Mereka peduli apa yang orang lain pikirkan tentang mereka, dan mereka ingin kau seperti mereka.
Anak-anak ini membutuhkan pengingat lembut. Anda meminta mereka untuk menetap dan mereka lakukan. Asertif disiplin bekerja dengan siswa-siswa karena mereka memahaminya, tapi mereka jarang perlu seperti pendekatan menyerahkan berat untuk disiplin kelas.
Cukup sering Anda menemukan siswa di kelas Anda yang berada dalam masa transisi dari Tahap 2 ke Tahap 3. Mungkin Anda akan tahu dari seorang mahasiswa yang masuk ke banyak masalah di kelas lain tetapi tidak di hatimu. Anak ini baru belajar mempercayai orang lain dan membangun hubungan interpersonal yang lebih umum dengan teman-teman sekelasnya. Anda perlu membiarkan dia tahu bahwa perilaku yang baik adalah penting untuk Anda tidak hanya dalam kelas Anda, tetapi di lain juga. Peliharalah anak ini dan Anda akan melihat kemajuan yang cepat. Jadilah tidak perlu tegas dan dia akan menyelinap kembali ke Tahap 2. Siswa-siswa ini hampir selalu di Tingkat Kehormatan Tingkat Satu dan Dua Kehormatan.

Tahap 4: Disiplin Diri
Tahap Sosial Ordo: "Saya Bertindak Karena itu adalah hal yang benar."
Siswa berfungsi pada Tahap 4 jarang mendapat kesulitan sama sekali. Mereka memiliki perasaan benar dan salah. Meskipun banyak sekolah menengah dan siswa SMP sesekali akan berfungsi pada tingkat ini, hanya beberapa konsisten melakukan. Ini adalah anak-anak kita menikmati bekerja dengan begitu banyak. Anda dapat meninggalkan anak-anak sendirian dengan sebuah proyek dan kembali 20 atau 30 menit kemudian dan menemukan mereka masih pada tugas. Mereka berperilaku karena, dalam pikiran mereka, itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.
Ini adalah tahap tatanan sosial. Siswa-siswa ini hampir selalu di Tingkat Kehormatan Satu.
Meskipun mereka tidak pernah mungkin mengatakan kepada Anda, siswa yang berfungsi pada tingkat ini tidak menghargai disiplin tegas. Mereka terganggu oleh kenyataan bahwa siswa lain memaksa guru untuk menggunakan waktu kelas begitu banyak berurusan dengan masalah disiplin.
Meskipun sebagian besar siswa kami biasanya tidak beroperasi pada tahap ini, mereka cukup dekat untuk itu bahwa mereka memahaminya. Kegiatan pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk berfungsi pada tingkat ini. Guru yang mendirikan beberapa kelompok di dalam kelas memberikan siswa kesempatan untuk praktek kerja pada tingkat ini sementara ia menunggu dekat, siap untuk langkah dalam bila diperlukan.

Bekerja Melalui Tahapan
Kohlberg menggambarkan tahap tambahan moralitas dan penalaran etis yang melampaui apa yang kita bahas di sini, tetapi mereka biasanya tidak terlihat pada anak usia sekolah. Bahkan, banyak orang dewasa tidak maju lebih jauh dari ini.
Perlu diingat bahwa kita semua bekerja dengan cara kami melalui tahap-tahap dalam urutan ini kita tumbuh menjadi dewasa. Ketika Anda mengidentifikasi tahap di mana mahasiswa berfungsi, Anda kemudian dapat membantu anak yang bekerja ke tahap berikutnya. Ini adalah kesalahan untuk mencoba dan melewatkan tahap. Bersikeras bahwa Tahap 1 mahasiswa "meluruskan dan mulai bertindak benar" (seperti seorang mahasiswa Tahap 4) tidak ekspektasi yang wajar. Ini hanya tidak akan terjadi! Sebaliknya, menetapkan tujuan Anda pada Tahap 2 dan Anda akan kurang frustrasi. Anda mungkin akan terkejut saat Anda mulai melihat perbaikan.
Penting untuk diingat bahwa karena berbagai alasan, anak adalah sepenuhnya mampu kemunduran setiap sekarang dan kemudian. Ketika Anda benar-benar mengenal siswa Anda dan digunakan untuk mereka berfungsi pada tahap, adalah penting untuk mencari alasan ketika salah satu siswa Anda regresi. Masalah dengan anggota keluarga, teman, alkohol, atau obat-obatan mungkin berada di balik pergeseran dalam perilaku. Ini hanya mungkin lelah atau timbulnya penyakit. Apapun penyebabnya, ada baiknya meluangkan waktu untuk berbicara dengan mahasiswa dan melihat apa yang terjadi.

Memilih Up Pieces
Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak punya waktu untuk berjalan anak-anak ini dari panggung ke panggung. Anda mungkin khawatir meliputi materi dalam buku atau mendapatkan ke semua tujuan, tapi apa yang Anda ajarkan? Apakah Bahasa Inggris? Matematika? Ilmu? Respon tersebut adalah salah satu orang lain harapkan dari kita, tapi jawaban sebenarnya adalah: ". Saya mengajar anak-anak" Ketika Anda terbiasa untuk memikirkan pekerjaan Anda dengan cara seperti itu, lebih mudah untuk menemukan waktu yang dibutuhkan untuk membantu anak dengan perilaku masalah.
Belajar disiplin diri adalah seperti belajar hal lain. Siswa Anda tidak selalu akan mendapatkannya benar pada kali pertama. Jadi, Anda menemukan diri Anda "mengambil potongan-potongan." Anda membantu mereka lagi, dan ketika Anda berpikir bahwa mereka siap Anda mencoba lagi.
Jika Anda memiliki seorang mahasiswa matematika yang tidak cukup siap untuk menangani pembagian panjang, Anda menghabiskan lebih banyak waktu pada pengurangan dan perkalian. Jika Anda memiliki siswa yang tidak siap untuk Tahap 3 atau Tahap 4, Anda menghabiskan lebih banyak waktu bekerja pada Tahap 2. Dimana guru-guru lain mungkin melihat seorang anak yang masih merupakan masalah disiplin, Anda mungkin dapat melihat orang yang membuat kemajuan. Melihat bahwa kemajuan, sepelan mungkin, membuat ucapan anak muda bahwa setiap hari kesenangan bahwa guru yang lain mungkin tidak akan pernah menikmati. Segera Anda akan membuka pintu ke tahap saling inter-personal dan benar-benar membuat perbedaan dalam hidupnya.
Diterjemahkan (dengan google translate) dari  artikel berjudul "Stages of Discipline" http://www.honorlevel.com/x45.xml

COMMENTS

Nama

1 januari,1,10 november,2,10 november 1945,3,10 Pahlawan,1,about fungi,1,Air,3,Akar kudrat,1,Akar Pangkat 3,1,Akhlak,27,Akhlak Islam,1,Akibat Belajar Agama tanpa Guru,1,Akuntansi,2,alat optik,3,alat seo,1,alat webmaster,1,Alhazen,1,anak bandel,1,anak tidak fokus,1,anak-anak jokowi,1,Android,1,anemia,1,anies baswedan,2,anyaman,1,aqidah,20,Artikel Kependidikan,18,artpend,1,artpend seo studio,2,Arus Listrik,2,Atmosfer,1,aturan tangan kanan,1,Auckland,1,Bahasa Indonesia,20,Bahasa Jawa,10,bahaya,1,Bangga sebagai bangsa Indonesi,3,Bangga Sebagai Bangsa Indonesia,1,Bangsaku Bangsa yang Berbudaya,1,Bangun Datar,3,Banjir,1,Bank Soal,25,Bank Soal IPA,15,bank soal matematika,1,Bantuan Siswa Miskin,1,barang ekspor,1,basket,1,baterai bekas,1,batu akik,1,Batu Mulia Indonesia,1,bbm naik,1,BBM Naik Tahun 2014,1,beasiwa,1,Beberapa Hewan Unik Yang Dianggap Palsu,1,belajar islam,20,Benda-benda di Sekitar Kita,1,bentuk-bentuk kerukunan,1,berbagai macam tanah,1,Berita,22,berita nasional,3,Berita Temanggung,1,Bilangan Bulat,5,bilangan kubik,1,bin,1,biolog,1,biologi,35,Biologi dan Ekologi,13,biology,4,blog komentar,1,blokir iklan facebook,1,budaya,1,Budaya Indonesia,1,budha,1,Buku,5,buku guru,3,buku guru dan siswa,1,buku kurikulum 2013,4,buku kurikulum 2013 SMK,7,buku kurikulum SD 2013,4,buku siswa,2,buku smk,1,buku tematik,4,bung tomo,1,bunga daun bawang,1,Bunga Perca,1,Buya Hamka,1,cacat mata,1,Cahaya,3,Candi,1,Candi Hindu,1,candi peninggalan hindu,1,cara download youtube,1,cara ekspor,1,Cara hidup manusia hewan dan tumbuhan,7,Cara kerja sistem limfatik,1,cara membuat poster,1,Cara menjaga kerukunan,3,catatan,24,cerita rakyat,1,cermin,1,Cerpen anak,1,charger mobil,1,ciri-ciri penyakit ebola,2,convert pdf to web,1,Converts Sunlight into Thermal Energy Experiments,1,cpns 2014,2,cublak cublak suweng,1,Daftar hari penting indonesia,1,Daftar Hari raya Indonesia,1,Daftar peringatan indonesia,1,Daftar Peserta Kelulusan PLPG,1,dampak kenaikan BBM,1,dampak perdagangan internasional,1,dapodik,3,dapodikdas,2,Dapodikmen,2,darah,1,daring,2,dasar elktronika,1,dasar komputer,1,dasar logika,1,data pokok pendidikang,1,daun zaitun,1,daur karbon,1,Demokrasi,1,Desimal,2,dns spoofing,2,download aplikasi dapodik,1,download youtube downloader,1,Draft RUU Pilkada,1,dropping air bersih,1,ebola di indonesia,1,education,1,Ekologi,1,ekspor,1,ekspor impor,2,ekspor impor indonesia,2,elektromagnet,1,elektronika,4,elektronika dasar,1,elektrostatik,1,elementary school,1,endocrine gland,1,endocrine system,1,energi,1,energi alternatif,1,energi dan perubahannya,1,english lecture,10,ensiklopedia fisika,1,etika,1,etika sederhana,1,Experiments,2,eydm ejaan bahasa indonesia,1,facebook,1,Fancy Blue,1,farkhan,1,fiqh,20,fisika,24,fisika smp,4,Fitu,1,Flowering Plant Reproduction,1,fls2n,1,for kids,1,foto kemdikbud 2015,1,froce in physics,1,Fungi,1,fungsi BUMN,1,Fungsi Sel,1,gallery,1,Gas In Bottle,1,gaya gravitasi,1,Gaya magnet,2,gaya pacaran sehat,1,gejala ebola,2,gejala penyakit ebola,2,gelombang,1,gelombang dan osilasi,1,geografi,3,geografis,1,geologi,3,gerbang logika,1,google adsense,3,google berhasil di reta as,1,google dibajak dns spoofing,1,google diretas pakistan,1,google pay,1,gundul gundul pacul,1,gunung pelangi,1,guru,1,Hambatan,1,hari besar agama,1,hari pahlawan,1,hari pahlawan nasional,2,Haytham,1,headline,13,hewan reptil,1,Hidup rukun,6,hindu,1,hukum newton,1,Ibnu Hajar Al Asqolani,1,Ilmu Pengetahuan Alam,57,Ilmu Pengetahuan Sosial,21,Ilmuwan,1,Ilmuwan Muslim,1,imen,1,inaicta,1,Indonesiaku Bangsa yang Berbudaya,3,Indonesiaku bangsa yang cinta damai.,2,Indonesiaku bangsa yang kaya,7,induksi magnet,1,info cpns 2014,1,Info Islam,4,info lomba,7,Info Pendidikan,37,Info Pendidikan.,5,Info Sehat,2,info teknologi,24,info teknologiyoutube video downloader,1,informasi,4,informasi cpns 2014,1,informasi kelulusan plpg 2014,1,informasi lomba lkiip 2015,1,informasi penerimaan CPNS 2014,1,Informasi PLN,1,Informasi SNMPTN 2015,3,inobel 2015,1,inovasi pembelajaran,1,internet,2,invertebrata,1,ipa,15,islam,23,islam kristen,14,islamologi,14,Istilah,1,its,1,jadwal pelajaran,1,jamaah islam liberal,1,Jamur,1,jamuran,1,Jarak waktu dan kecepatan,1,jaring makanan,1,jateng 2014,1,Jelajah Dunia,2,Jenis Batuan,2,jenis poster,1,Jenis Tumbuhan Tidak Berbunga,2,Jenis Ulat,1,jenis-jenis tanah,1,jil,1,Jokowi,2,jokowi mengumumkan kabinet,1,Juara,1,Kabinet jokowi,3,kabinet kerja,1,kaca mata,1,kajian islam,22,Kajian tafsir,10,Kaleidoskop,1,kalender pendidikan,1,kalimat poster,1,Kalor dan Suhu,1,kamera,2,kanker,1,Karbon,1,kartu indonesia pintar,2,Kasus Kekerasan Anak,1,Keamanan Internet,1,Keamanan Jaringan,1,keanekaragaman budaya bangsaku,1,keindahan bunga,1,Kekerasan SD,1,Kelas 1 SD,1,kelas V,7,kelas4sd,2,kelas5sd,10,kelas6sd,2,kelenjar,1,kelenjar endokrin,1,Keluarga jokowi,1,kemdikbud,2,KemenPAN RB Gandeng BIN Jewer PNS Nakal,1,kemenpan-rb,1,kemintraan youtube,1,kenaikan BBM,1,Keputusan Bersama,1,Kerajaan Fungi,1,kerajaan hindu indonesia,1,kerajinan,1,kerja jokowi,1,kerjasama bilateral,1,kerjasama multilateral,1,Kerukunan Dlm bermasayarakat,8,kesehatan,7,Keunikan hewan,1,Kewarganegaraan,1,Khasiat Pohon zaitun,1,khohir mulyadi,1,kihajar,1,Kimia,2,kimia sma,3,kimia smk,1,kip,1,kisi-kisi LKS Jabar 2015,1,kisi-kisi LKS Jatim 2015,1,kisi-kisi cpns 2014,1,kisi-kisi lks 2015,1,kisi-kisi LKS DIY 2015,1,kisi-kisi LKS jateng 2015,1,kisi-kisi LKS Nasional 2015,1,kisi-kisi ujian nasional 2015,1,koleksi,1,komentar facebook,1,Kompetensi Dasar,1,Komponen Ekosistem,1,komputer,1,kontroversi buku penjaskes,1,kontroversi menteri kelautan,2,kontroversi undang-undang,1,Korban banjarnegara,1,KPAI,1,kristologi,15,kritik kepada mendikbud,2,kuis kihajar,1,kuliah Dalam jaringan,1,kuliah daring,1,Kumpulan Meme Banjir Jakarta 2015 Lucu,1,Kunci Jawaban,1,kurikulum 2006,2,kurikulum 2013,22,kyiai,1,Lapisan bumi,2,larangan merokok,1,larangan selamat natal,1,Layang-layang,1,lecture,1,lensa,1,Lingkungan,8,linperanas 2015,1,listrik,4,listrik statis,2,lkiip 2015,1,lkiip guru smk 2014,1,lkiip nasional,1,lomba 2015,2,lomba blog,1,lomba bptikp,1,lomba feature 2015,1,lomba foto 2015,1,lomba foto kemdikbud 2015,1,lomba guru,2,lomba guru nasional,1,lomba kreatifitas guru,1,lomba lkiip 2015,1,lomba menulis,1,lomba mpi,1,lomba penulisan artikel 2015,1,Lomba Siswa,6,lombarancang busana batik tomini,1,Lowongan Kerja,1,LPIR 2015,1,lpmp,1,Luas,1,Macam-macam peristiwa dalam kehidupan,6,macam-macam tanah,1,madrasah,1,Magnet,2,mahasiswa,1,mancanegara,1,Manfaat hidup rukun,4,Manfaat pemanasan,1,Manusia dan lingkungan,16,Manusia dan peristiwa alam,4,Mapel SMK,1,masyarakat menolak ruu pilkada,1,Mataram,1,Matematika,30,Materi,23,Materi dan Energi,1,Materi Kelas 1 SD,5,Materi Kelas 2 SD,2,Materi Kelas 3 SD,6,Materi Kelas 4 SD,7,Materi Kelas 5 SD,23,Materi Kelas 6 SD,13,Materi Pelajaran,90,materi Shopping,1,medan magnet,1,media,1,Memahami Listrik dan Kemagnetan,1,membuat modul,1,mempercantik website,1,menangani ebola,1,mendaftar cpns online 2014,1,mendidik sisiwa,1,mendikbud,5,mengajar,1,mengenal bakteri,2,mengenal biologi dan ekologi,1,mengenal dapodik,1,Mengenal Fungi,1,mengenal gaya,3,mengenal Google Adsense,1,mengenal hari pahlawan 10 november,1,mengenal hewan,1,mengenal keluarga jokowi,1,mengenal listrik dan kemagnetan,1,mengenal mikroorganisme,1,Mengenal Sel dan Struktur Sel,1,Mengenal Sirkuit Listrik,1,mengenang jasa pahlawan,1,mengenang pahlawan,1,mengoptimalkan website,1,meningkatkan traffik website,1,merokok,2,minyak nabati,1,Minyak zaitun,1,mipa unnes,1,mirror aplikasi,1,Model kuliah daring,1,model pembelajaran PDITT,1,modul,1,moratorium CPNS,1,motivasi,11,MPI,2,Muatan listrik,1,mursida,1,museum,1,museum ranggawarsita,1,musium di semarang,1,Musyawarah,1,NKRI,2,Norma,1,november 1945,1,o2sn 2015,1,obat penyakit ebola,1,omba multimedia,1,opini,2,organ peredaran darah,3,Organ tubuh manusia dan hewan,7,osilasi,1,OSN,1,osn 2015,1,osn sd 2015,3,OSN SD Jateng 2015,1,osn SMP,1,otospinner article Rewriter,2,Ozon,1,Pahlawan Nasional,6,pai,22,pakaianadat,1,pancasila,1,panduan youtube,1,Parenting,3,paru-paru,1,Paud,1,pdip menolak uu pilkada,1,pditt,1,Pecahan,8,Pecahan campuran,1,pejuang,1,pelajaran agama islam,2,Pelestarian Lingkungan,1,Pemanasan Global,1,pemantulan,1,Pembagian,2,pembayaran adense,1,pembiasan,1,pemilu tidak langsung,1,pencegahan penyakit ebola,1,Pencemaran,1,Pendaftaran CPNS,1,pendaftaran cpns 2014,1,pendaftaran snmptn 2015,3,Pendidikan,3,pendidikan agama islam,24,Pendidikan karakter,9,pendidikan tauhid,1,peneliti,1,pengaruh modernisasi,1,penggolongan makhluk hidup,1,penggolongn hewan,1,penghargaan,1,pengobatan ebola,1,pengumuman,9,Pengumuman Kabinet Jokowi,1,Pengurangan,2,peninggalan sejarah,3,Penjaskes,1,Penjumlahan,2,Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan,2,Pentingnya kesehatan diri dan linkungan,9,penyakit,4,penyakit ebola,3,penyakit ganas ebola,1,penyakit pernapasan,1,Penyebab Anak tidak Beretika,1,perakitan komputer,1,peranan BUMN,1,perang kemerdekaan,1,perang melawan sekutu,1,perang surabaya,2,Percobaan Energi Panas dari Pembusukan,1,Percobaan Gas dalam Botol,1,Percobaan Memanfaatkan Tenaga Uap,1,Percobaan Mengubah Sinar Matahari menjadi Energi Panas,1,percobaan sains,4,Perdagangan Internasional,1,Peristiwa-peristiwa Penting,3,perkalian,2,permendikbud,2,permendikbud 50 tahun 2015,1,Pernapasan,2,Pernik,1,Persamaan Linear,1,Persen,1,Pertanyaan SNMPTN 2015,1,Perubahan lingkungan,1,Perubahan wujud benda,4,petunjuk install dapodik,1,petunjuk teknis,1,Phsycs,3,physics,1,physics science,1,PJOK,3,pns,1,Pola hidup sehat,5,pola kehidupan di masyarakat,1,portofolio,1,portofolio snmptn 2015,1,pos ujian nasional 2015,1,POster,1,poster yang baik,1,ppg,1,PPKn,9,praktikum,1,presentasi,1,Presentasi menggunakan Pen Tool,1,Presiden Jokowi,1,presiden jokowi dan keluarga,1,profil anak jokowi,1,profil candi dieng,1,program baru Kemdikbud,2,Promes,1,Putra jokowi,1,radio aktif,1,Raja Salman,1,ranggawarsita,1,rangka tubuh manusia,2,rangkaian pararel,1,rangkaian seri,1,Rapel Tunjangan Profesi Temanggung,1,Rekruitmen cpns,1,Rekruitmen PLN,1,Reproduksi dan Hereditas,1,Reproduksi Tumbuhan Berbunga,1,reptil di indonesia,1,resep masakan,1,Resultan Force,1,rokok,1,rontgen,1,rotan,1,rotasi bulan,1,rotasi bumi,1,rotasi matahari,1,RPP,3,rumah adat,1,rumah sakit,1,rumahadat,1,rumus lengkap kimia,1,RUU kontroversial,1,RUU perawat,1,RUU Pilkada,2,S2,1,Sains,3,Samsung Galaxy J1,1,Sastra,1,SBK,2,sd negeri 2 badran temanggung,1,SD Trisula Wedari,1,sehat itu penting,5,sejarah,8,sejarah candi indonesia,1,sekutu menjajah indonesia,1,seleksi polines,1,Semester 1,7,Seni Budaya,1,Seni Budaya dan Ketrampilan,10,Seni Karawitan,1,seni tradisional jawa,1,senyawa karbon,1,seo,2,seo tools,3,Sertifikasi Guru,1,Sifat Air,1,sifat cahaya,2,Silabus,2,Silabus kurikulum 2013,1,sinar x,1,singkong,1,Sinonim,1,sirkuit listrik,1,sisi positif,1,Sistem endokrin,1,sistem hormon,1,Siswa Miskin SD Sekolah,1,Siswa SD harus sekolah,1,siswa siap kerja,1,Slide Pembelajaran,1,smk,5,smk bisa,1,smp,2,SNMPTN 2015,3,Soal Bahasa Indonesia,3,Soal Bahasa Jawa,3,Soal IPA,11,Soal IPA Kelas III,1,Soal IPS,1,Soal Matematika,1,Soal PPKn,2,soal ujian nasional 2015,2,Software,1,spesifikasi HP,1,Struktur bumi,2,struktur sel bakteri,2,surat,1,surat terbuka kepada mendikbud,1,Susunan Kabinet,1,Susunan Kabinet Jokowi,1,susunan kabinet kerja,1,susunan menteri kerja,1,syarat pendirian paud,1,Tafsir,10,tafsir ibnu katsir,20,Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah 111-114,1,tahun baru,1,tahun baru masehi,1,tampilan website,1,tanah longsor banjarnegara,1,tank,1,tariantradisionl,1,Tata Surya,1,Tatang Koswara,2,tauhid islam,1,teknik ip spoofing,1,tema 1,8,tema 3,1,tema shopping,1,Tematik,14,tematik kurikulum 2013,1,tembang dolanan,2,Tentang,2,Thalasemia,1,thermal energy,1,tips,2,tips dam trik,3,Tips Memblokir SMS Penipuan,1,Tips merawat gadget,1,TKJ,1,Tokoh Indonesia,1,Tubuh Manusia,4,Tumbuhan,3,Tumbuhan berbunga,2,tumbuhan berkayu,1,Tumbuhan dikotil,1,tumbuhan monokotil,1,Tunjangan Profesi,2,tutorial,2,tutorial Adsense,1,tv streaming,1,tvone,1,Ujian nasional 2015,3,ujian nasional SD 2015,1,ujian nasonal 2015,1,UKG 2015,1,un,1,UN SD 2015,1,undang-undang,1,Undang-undang ITE,1,unesco,1,unnes 2015,1,ust. Bachtiar Nasir,1,vas bunga,1,Video,8,video downloader,1,Video Informasi SNMPTN 2015,1,video kekerasan anak SD,1,virus ebolam gejala penyakit,1,Voltase,1,wabah ebola,1,wanita,1,Wanita adalah Target Yahudi untuk Dihancurkan,1,warsito,1,waspada ebola,1,webmaster tools,1,website analysis,1,western union,1,Wujud Benda dan Cirinya,8,Wujud Benda dan Sifatnya,2,yahudi,1,youtube,1,youtube downloader,1,youtube to video,1,Zakir Naik,1,
ltr
item
Kelas Bu Asih: Tingkatan Kedisiplinan
Tingkatan Kedisiplinan
Kelas Bu Asih
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/2011/07/tingkatan-kedisiplinan.html
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/
https://artikel-kependidikan.blogspot.com/2011/07/tingkatan-kedisiplinan.html
true
2784979944216087061
UTF-8
Load Semua posting Tidak ditemukan tulisan LIHAT SEMUA Baca Lanjut Ulangi Gagal Ulang Hapus Oleh Beranda Halaman Posting Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU KATEGORI ARSIP CARI SEMUA POSTING Tidak ditemukan tulisan apa pun sesuai permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Mengikuti KONTEN INI ADALAH PREMIUM Silakan berbagi untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C with Mac) untuk menyalin