Tingkatan Kedisiplinan

Anda tidak akan pernah berpikir mengajarkan matematika atau program membaca di sekolah Anda yang memperlakukan setiap siswa persis sama. Anda tidak akan berharap semua siswa untuk membaca hal yang sama. Anda tidak akan menempatkan seluruh sekolah di buku matematika yang sama. Jika Anda melakukan hal-hal ini, dewan sekolah Anda dan masyarakat Anda akan menuntut penjelasan segera. Namun, kita mendirikan sistem disiplin di sekolah kita yang memperlakukan semua siswa persis sama. Bahkan, setiap orang mengharapkan kita untuk melakukan hal itu!
Sama seperti fungsi siswa pada tingkat yang berbeda dalam membaca dan matematika, mereka juga berfungsi pada tingkat atau tahap yang berbeda dalam kedisiplinan. Dapat dimungkinkan untuk membuat sebuah sistem yang konsisten dalam disiplin kelas yang akan cocok untuk siswa  pada semua tahap kedisiplinan dan pada saat yang sama mendorong mereka untuk bekerja dengan cara mereka hingga tahap yang lebih tinggi.
Ada banyak ahli mengatakan kepada kita bagaimana menangani masalah disiplin di kelas kami. Namun para ahli tidak selalu sepaham. Thomas Gordon, pencipta Pelatihan Guru Efektivitas kukuh menentang konsep Disiplin asertif Lee Canter itu. Namun, keduanya telah menikmati banyak kesuksesan di seluruh Amerika. Mencoba untuk memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah tampaknya cukup sulit. Sebaliknya, mari kita asumsikan bahwa mereka berdua benar, bahwa mereka tidak hanya berbicara tentang siswa yang sama!
Jika kita melihat pada karya Lawrence Kohlberg, kita menemukan potongan yang akan menjawab teka-teki ini. Selama bertahun-tahun Kohlberg mempelajari  tahap penalaran moral dan etika pada anak-anak dari Amerika Serikat, Taiwan, Meksiko, Turki, dan Yucatan. Satu fakta penting yang muncul dalam penelitiannya adalah bahwa setiap orang, terlepas dari budaya, ras, atau jenis kelamin, berjalan melalui tahap ini. Meskipun perkembangan dari tahap ke tahap adalah sama, tingkatnya bervariasi dari orang ke orang. Hal ini menjadi alasan bahwa kita harus siap untuk mengatasi disiplin di kelas kita pada tingkat yang berbeda. Siswa kita berfungsi pada tahapan yang berbeda di jalan menuju disiplin diri. Mari kita lihat tahap ini dan melihat bagaimana anak-anak berperilaku.
 
Tahap 1: Perilaku Ozone
Tahap Kekuatan: Mungkin Membuat Benar!
Siswa yang berada pada Tahap 1, tahap terendah, biasanya bandel dalam perilaku mereka. Artinya, mereka sering menolak untuk mengikuti petunjuk. Mereka menantang dan memerlukan sejumlah besar perhatian kita. Mereka adalah moralitas heteronom: mereka memiliki beberapa aturan mereka sendiri, tetapi karena takut pembalasan, dapat mengikuti aturan orang lain. Kebanyakan anak-anak telah berkembang melampaui tahap ini pada usia empat atau lima, tapi ada juga siswa yang lebih tua yang masih berada pada tingkat ini.
Ini adalah tahap kekuasaan. Yang menjadi penyebabnya adalah ketidakseimbangan kekuasaan antara anak dan orang yang berwenang. Ketika anak masih muda, ketidakseimbangan kekuasaan antara dia dan orang tuanya cukup signifikan. Jika anak tidak pernah diajarkan tahap yang lebih tinggi, ketidakseimbangan kekuatan berkurang saat ia tumbuh. Orang tua kemudian memberitahu kita bahwa dia tidak dapat lagi mengendalikan anaknya. Dia tidak akan keberatan. Dia menantang otoritas terus-menerus.
Untungnya, sangat sedikit dari siswa yang kita lihat dalam fungsi kelas kami pada tahap ini. Mereka yang melakukan, mengikuti aturan selama ketidakseimbangan kekuatan miring terhadap mereka. Guru asertif dengan perhatian konstan pada siswa-siswa dapat menjaga mereka pada jalur yang benar. Jika Anda berpaling dari mereka, mereka berada di luar kendali.
Jika siswa ingin sesuatu, mereka biasanya melakukan hal tersebut begitu saja. Mereka menunjukkan kepedulian yang sangat sedikit terhadap perasaan orang lain. Mereka mencari ekstensi kekuasaan. Pensil, gunting, dan penggaris menjadi senjata di tangan mereka.
Sekolah yang menggunakan
The Honor Level System  menemukan bahwa siswa yang berada terutama pada tingkat ini secara kronis di Tingkat Empat Kehormatan.

Tahap 2: Perilaku Melayani Diri Sendiri
Tahap Reward / Hukuman: "? Apa Untungnya bagi Saya"
Siswa berfungsi di Tahap 2 adalah sedikit lebih mudah untuk menangani di dalam kelas. Mereka juga hanya mewakili sebagian kecil dari anak-anak kita mengajar. Kohlberg akan
menggolongkan mereka sebagai memiliki moralitas individualistik. Mereka dapat menjadi sangat egois.

Ini adalah imbalan dan tahap hukuman. Siswa-siswa ini berperilaku baik karena mereka akan menerima semacam penghargaan seperti permen, waktu bebas, dll, atau karena mereka tidak menyukai apa yang terjadi kepada mereka ketika mereka tidak berperilaku. Kebanyakan anak-anak bergerak melampaui tahap ini pada saat mereka delapan atau sembilan tahun. Siswa yang lebih tua yang masih berfungsi pada tahap ini melakukan yang terbaik di kelas dengan guru tegas.
Ada rasa sangat sedikit disiplin diri pada tahap ini. Seperti kekuatan anak-anak panggung, anak-anak ini membutuhkan pengawasan konstan. Mereka mungkin berperilaku cukup baik di kelas Anda dan kemudian berada di luar kendali di lorong-lorong dalam perjalanan ke kelas berikutnya.

Karena kita berharap jauh lebih banyak dari siswa kami, anak-anak ini sering di Tingkat Tiga dan Kehormatan Kehormatan Tingkat Empat.
 
Tahap 3: Disiplin Interpersonal
Tahap interpersonal bersama: "Bagaimana Saya Harap Anda?"
Siswa berfungsi pada Tahap 3 membuat sebagian besar anak-anak di tengah kami dan SMP. Anak-anak ini sudah mulai mengembangkan rasa disiplin. Mereka berperilaku karena Anda bertanya kepada mereka. Ini adalah tahap saling antarpribadi. Mereka peduli apa yang orang lain pikirkan tentang mereka, dan mereka ingin kau seperti mereka.
Anak-anak ini membutuhkan pengingat lembut. Anda meminta mereka untuk menetap dan mereka lakukan. Asertif disiplin bekerja dengan siswa-siswa karena mereka memahaminya, tapi mereka jarang perlu seperti pendekatan menyerahkan berat untuk disiplin kelas.
Cukup sering Anda menemukan siswa di kelas Anda yang berada dalam masa transisi dari Tahap 2 ke Tahap 3. Mungkin Anda akan tahu dari seorang mahasiswa yang masuk ke banyak masalah di kelas lain tetapi tidak di hatimu. Anak ini baru belajar mempercayai orang lain dan membangun hubungan interpersonal yang lebih umum dengan teman-teman sekelasnya. Anda perlu membiarkan dia tahu bahwa perilaku yang baik adalah penting untuk Anda tidak hanya dalam kelas Anda, tetapi di lain juga. Peliharalah anak ini dan Anda akan melihat kemajuan yang cepat. Jadilah tidak perlu tegas dan dia akan menyelinap kembali ke Tahap 2. Siswa-siswa ini hampir selalu di Tingkat Kehormatan Tingkat Satu dan Dua Kehormatan.

Tahap 4: Disiplin Diri
Tahap Sosial Ordo: "Saya Bertindak Karena itu adalah hal yang benar."
Siswa berfungsi pada Tahap 4 jarang mendapat kesulitan sama sekali. Mereka memiliki perasaan benar dan salah. Meskipun banyak sekolah menengah dan siswa SMP sesekali akan berfungsi pada tingkat ini, hanya beberapa konsisten melakukan. Ini adalah anak-anak kita menikmati bekerja dengan begitu banyak. Anda dapat meninggalkan anak-anak sendirian dengan sebuah proyek dan kembali 20 atau 30 menit kemudian dan menemukan mereka masih pada tugas. Mereka berperilaku karena, dalam pikiran mereka, itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.
Ini adalah tahap tatanan sosial. Siswa-siswa ini hampir selalu di Tingkat Kehormatan Satu.
Meskipun mereka tidak pernah mungkin mengatakan kepada Anda, siswa yang berfungsi pada tingkat ini tidak menghargai disiplin tegas. Mereka terganggu oleh kenyataan bahwa siswa lain memaksa guru untuk menggunakan waktu kelas begitu banyak berurusan dengan masalah disiplin.
Meskipun sebagian besar siswa kami biasanya tidak beroperasi pada tahap ini, mereka cukup dekat untuk itu bahwa mereka memahaminya. Kegiatan pembelajaran kooperatif mendorong siswa untuk berfungsi pada tingkat ini. Guru yang mendirikan beberapa kelompok di dalam kelas memberikan siswa kesempatan untuk praktek kerja pada tingkat ini sementara ia menunggu dekat, siap untuk langkah dalam bila diperlukan.

Bekerja Melalui Tahapan
Kohlberg menggambarkan tahap tambahan moralitas dan penalaran etis yang melampaui apa yang kita bahas di sini, tetapi mereka biasanya tidak terlihat pada anak usia sekolah. Bahkan, banyak orang dewasa tidak maju lebih jauh dari ini.
Perlu diingat bahwa kita semua bekerja dengan cara kami melalui tahap-tahap dalam urutan ini kita tumbuh menjadi dewasa. Ketika Anda mengidentifikasi tahap di mana mahasiswa berfungsi, Anda kemudian dapat membantu anak yang bekerja ke tahap berikutnya. Ini adalah kesalahan untuk mencoba dan melewatkan tahap. Bersikeras bahwa Tahap 1 mahasiswa "meluruskan dan mulai bertindak benar" (seperti seorang mahasiswa Tahap 4) tidak ekspektasi yang wajar. Ini hanya tidak akan terjadi! Sebaliknya, menetapkan tujuan Anda pada Tahap 2 dan Anda akan kurang frustrasi. Anda mungkin akan terkejut saat Anda mulai melihat perbaikan.
Penting untuk diingat bahwa karena berbagai alasan, anak adalah sepenuhnya mampu kemunduran setiap sekarang dan kemudian. Ketika Anda benar-benar mengenal siswa Anda dan digunakan untuk mereka berfungsi pada tahap, adalah penting untuk mencari alasan ketika salah satu siswa Anda regresi. Masalah dengan anggota keluarga, teman, alkohol, atau obat-obatan mungkin berada di balik pergeseran dalam perilaku. Ini hanya mungkin lelah atau timbulnya penyakit. Apapun penyebabnya, ada baiknya meluangkan waktu untuk berbicara dengan mahasiswa dan melihat apa yang terjadi.

Memilih Up Pieces
Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak punya waktu untuk berjalan anak-anak ini dari panggung ke panggung. Anda mungkin khawatir meliputi materi dalam buku atau mendapatkan ke semua tujuan, tapi apa yang Anda ajarkan? Apakah Bahasa Inggris? Matematika? Ilmu? Respon tersebut adalah salah satu orang lain harapkan dari kita, tapi jawaban sebenarnya adalah: ". Saya mengajar anak-anak" Ketika Anda terbiasa untuk memikirkan pekerjaan Anda dengan cara seperti itu, lebih mudah untuk menemukan waktu yang dibutuhkan untuk membantu anak dengan perilaku masalah.
Belajar disiplin diri adalah seperti belajar hal lain. Siswa Anda tidak selalu akan mendapatkannya benar pada kali pertama. Jadi, Anda menemukan diri Anda "mengambil potongan-potongan." Anda membantu mereka lagi, dan ketika Anda berpikir bahwa mereka siap Anda mencoba lagi.
Jika Anda memiliki seorang mahasiswa matematika yang tidak cukup siap untuk menangani pembagian panjang, Anda menghabiskan lebih banyak waktu pada pengurangan dan perkalian. Jika Anda memiliki siswa yang tidak siap untuk Tahap 3 atau Tahap 4, Anda menghabiskan lebih banyak waktu bekerja pada Tahap 2. Dimana guru-guru lain mungkin melihat seorang anak yang masih merupakan masalah disiplin, Anda mungkin dapat melihat orang yang membuat kemajuan. Melihat bahwa kemajuan, sepelan mungkin, membuat ucapan anak muda bahwa setiap hari kesenangan bahwa guru yang lain mungkin tidak akan pernah menikmati. Segera Anda akan membuka pintu ke tahap saling inter-personal dan benar-benar membuat perbedaan dalam hidupnya.
Diterjemahkan (dengan google translate) dari  artikel berjudul "Stages of Discipline" http://www.honorlevel.com/x45.xml

0 komentar