Horee! Pencairan Tunjangan Profesi Guru Dipercepat

Pencairan Tunjangan Profesi Guru Dipercepat
Karikatur Sertifikasi Guru
Pencairan Tunjangan profesi guru (TPG) guru NonPNS buat triwulan 2 bulan April-Juni tahun ini dipercepat. Semula pencairan TPG pengajar NonPNS dijadwalkan dalam 9-14 Juli, tetapi sudah disalurkan dalam 30 Juni kemudian. Adapun jumlah pengajar NonPNS yang menerima TPG sebanyak 50.462 orang.

Direktur Jenderal pengajar & Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata menyampaikan, ada 2 mekanisme pencairan TPG. Untuk guru pendidikan dasar eksklusif masuk ke rekening guru, sedangkan buat pengajar pendidikan menengah melalui bank penampung. "2-duanya telah masuk ke rekening pengajar," katanya ketika memberikan informasi pers pada Kemendikbud, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Sumarna mengatakan, bank penampung ialah bank yang diseleksi sang pemerintah buat menyalurkan TPG. Beliau menyebutkan, bank tadi artinya BRI, BNI, & Bank mampu berdiri diatas kaki sendiri. "Uang dari KPPN (tempat kerja Pelayanan Perbendaharaan Negara) pribadi masuk ke bank penampung. Kemudian, dari bank penampung disalurkan ke rekening pribadi pengajar,"katanya.

Berdasarkan Sumarna, bila bank penampung sama dengan bank rekening pribadi guru maka akan pribadi masuk, sedangkan apabila bank-nya berbeda maka melalui mekanisme RTGS, yang memerlukan waktu 1-2 hari. "Urusan pemerintah pusat sudah selesai minggu lalu,"ungkap Sumarna.

Sementara, ungkap Sumarna, apabila terdapat guru NonPNS yang belum menerima TPG dapat ditimbulkan beberapa hal. Pertama, karena rekeningnya tewas yang akan terjadi saldo tabungan kurang dari Rp50ribu. Kedua, disebabkan sebab proses transfer melalui sistem RTGS yang butuh waktu beberapa hari.

Adapun buat penyaluran TPG guru PNS wilayah disalurkan melalui pemerintah daerah. Jumlah guru PNSD yang mendapatkan TPG sebanyak 178.291 orang.

Sumber : kemdikbud

0 komentar