Aturan Tangan Kanan dalam Fisika

Dahulu, para ilmuwan berpikir bahwa listrik dan magnet tidak memiliki keterkaitan, mereka melakukan penelitian terpisah untuk energi listrik dan magnet, sampai awal abad ke-19. Pada saat itu, beberapa ilmuwan mulai berpikir tentang hubungan segala sesuatu di alam.
Salah satu ilmuwan tersebut adalah Oersted. Oersted adalah salah seorang ahli fisika dari Denmark . Dia melakukan beberapa percobaan untuk mencoba mencari tahu hubungan antara listrik dan Magnet. Tapi semua eksperimen Oersted mengalami kegagalan, hingga pada tahun 1820, Oersted menunjukkan percobaan di kelas, dimana dia memposisikan kawat lurus di dekat jarum kompas yang dihubungkan dengan baterai, ternyata jarum pada kompas berubah arah. Oersted merasa begitu menarik dengan penemuannya ini, selanjutnya dia melakukan banyak percobaan dan akhirnya mengetahui hubungan antara listrik dan magnet dalam sejarah. 

Gejala Induksi Magnet
Gejala Induksi Magnet
Salah satu fakta gejala elektromagnet adalah, pada saat arus listrik yang mengalir dalam penghantar lebih besar, ternyata kutub utara jarum kompas menyimpang lebih jauh. Hal ini menunjukkan semakin besar arus listrik yang digunakan semakin besar pula medan magnetik yang dihasilkan.

Kaidah tangan kanan
Kaidah tangan kanan
Hasil penelitian Oersted menarik ilmuwan lain, mereka mencoba membiarkan listrik melewati kawat yang dibengkokkan menjadi bentuk yang berbeda. Salah satu dari bentuk-bentuk tersebut menjadi sangat berguna nantinya, yaitu yang kemudian dikenal dengan solenoid.

Selanjutnya ditemukan bahwa arah medan magnetik di sekitar kawat penghantar lurus yang dialiri arus listrik ternyata dapat ditentukan dengan kaidah tangan kanan. Coba kamu kepalkan tangan kananmu, dengan ibu jari tetap lurus. Arah ibu jari menunjukkan arah arus listrik (I), sedangkan arah keempat jari yang lain menunjukkan arah medan magnetik (B). Kaidah tangan kanan juga dapat kita digunakan untuk menemukan arah medan magnetik pada penghantar yang berbentuk lingkaran.

Kaidah tangan kanan pada penghantar yang berbentuk lingkaran
Kaidah tangan kanan pada
penghantar yang berbentuk lingkaran
T ahukah kamu, bagaimana mengetahui letak kutub utara dan kutub selatan pada kumparan berarus listrik. Lakukan cara berikut ini:
  1. Perhatikanlah arah listrik yang mengaliri kumparan.
  2. Ujung kumparan yang pertama kali mendapatkan arus listrik kita dijadikan sebagai pedoman untuk menentukan letak kutub magnet.
  3. Selanjutnya, genggamlah ujung kumparan yang pertama kali teraliri arus listrik tadi, dengan posisi jari tangan kanan sesuai dengan letak kawat pada inti besi.
  4. Bila kawat tersebut berada di depan inti besi, letakkan telapak tangan menghadap ke depan, kemudian genggamlah kumparan.
  5. Letak kutub utara magnet sama dengan arah ibu jari, oleh karena itu, arah sebaliknya pasti menunjukkan kutub selatan magnet.
  6. Bila kawat penghantar yang pertama kali teraliri oleh arus listrik berada di belakang inti besi, maka hadapkan telapak tangan ke arah belakang, kemudian genggam kumparan kawat tadi.

Dengan cara di atas, kita dapat juga menentukan letak kutub utara, dan kutub selatan magnet.

0 komentar