Cara Membuat Kamera Lubang Jarum

Apa sih kamera lubang jarum itu?
Sekarang kita akan belajar bagaimana membuat kamera lubang jarum. Kamera lubang jarum juga dikenal dengan istilah Pinhole Camera, camera obscura atau dark chamber. Konon, kamera lubang jarum merupakan cikal bakal kamera yang pertama kali digunakan untuk memotret sejak zaman dulu. 

Kamera lubang jarum merupakan alat yang terbuat dari sebuah kotak kedap cahaya dengan sebuah lubang kecil di satu sisinya. Lubang tersebut merupakan tempat cahaya dari luar masuk sehingga dapat menghasilkan bayangan yang terbalik pada sisi yang berlawanan dari tempat lubang tersebut. Bayangan tersebut kemudian ditangkap menggunakan film. Cara kerja kamera lubang jarum ini menyerupai mata manusia.
Kenapa harus bersusah payah memotret dengan kamera primitif ini? Bukankah, sudah banyak kamera digital yang lebih praktis dan mudah penggunaanya? 
Saat memotret menggunakan kamera lubang jarum kita tidak hanya dapat menikmati hasil fotonya, tetapi juga proses memotret hingga mencetaknya. Memang sedikit ribet, akan tetapi saat berhasil membuat foto yang bagus kepuasan yang kita rasakan menjadi jauh lebih berarti dibandingkan hanya memotret menggunakan kamera digital.
Langsung saja, mari kita belajar cara membuatnya!

Proses Pembuatan
Pembuatan kamera lubang jarum relatif mudah. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara pembuatannya:
Alat yang dibutuhkan:
1. gunting
2. cutter
3. jarum
4. spidol hitam

Bahan-bahan:
1. kotak korek api bekas
2. kaleng minuman bekas (kita bisa menggunakan kaleng bekas minuman bersoda)
3. isolasi kabel 
4. roll film baru 
5. roll film bekas/kosong  (kita bisa minta di studio foto, tempat membeli film)
6. spiral yang untuk menjilid

Cara Membuat:
  • Buat frame dari kotak bagian dalam korek api. lebar lubang framenya 2,4 cm x 2,4 cm. kemudian warnai bagian dalam kotak dengan warna spidol hitam 



  • gunting kaleng coca-cola, kemudian lubangilah bagian tengahnya dengan jarum. Setelah itu haluskan dengan amplas. Ukuran lubang cukup sebesar jarum, jangan membuat lubang terlalu besar, karena jika lubang terlalu besar, gambar yang dihasilkan akan kurang fokus. Seanjutnya tempelkan potongan kaleng pada bagian depan kotak korek api.



  • Selanjutnya kita buatlah shutternya:



  • Berikutnya kita buat penanda bunyi klik. Hitung 2,4 cm tadi itu ada berapa lubang. misalnya 7 lubang, jadi saat berputar filmnya nanti anda akan mendengarkan bunyi klik sampai 7 kali.
  • Masukkan filmnya ke bagian dalam kamera
  • Isolasi ujung film dengan ujung film sisa pada roll yang kosong masukkan seperti ini. Lakbanlah supaya cahaya tidak ada yang masuk.
  • Langkah terakhir adalah membuat winder



Nah kamera sudah siap dipakai sekarang!

Cara memakai:
  1. Buka shutter,  hati-hati jangan sampai kamera bergoyang.
  2. Kita perlu menghitung berapa lama waktu plester dibuka, jika terlalu lama, cahaya yang masuk terlalu banyak, sehingga foto menjadi terlalu terang, bahkan bisa jadi putih saja warnanya. Sebaliknya, kalau terlalu sebentar, cahaya yang menyinari kertas film kurang, sehingga foto yang dihasilkan gelap.
    Membuka dan menutup shutter memang harus tepat waktunya. Jika kita memotret di tempat yang cahaya terang(outdoor). kira-kira shutter dibuka selama 3 sampai 5 detik. Jika cahaya sedang (outdoor) kira-kira shutter dibuka selama 10-15 detik. Pada malam hari sekitar 10-30 menit, bahkan bisa hingga 1 jam.
    Biasanya, memotret dengan kamera lubang jarum kita tidak langsung dapat menghasilkan foto yang bagus. Waktu  yang dibutuhkan dalam membuka shutter tergantung antara lain pada besar lubangnya, jarak antara lubang dan film. Memang perlu ketelatenan dalam mencoba, untuk memetukan waktu yang tepat dalam menghasilkan gambar yang bagus. 
  3. Jika roll filmnya sudah habis, buka isolasi, kemudian gunting filmnya, jangan lupa sisakan film, usahakan agar sisa guntingan jangan terlalu pendek, agar dapat digunakan untuk membuat kamera lagi.
  4. film kemudian dapat di cuci di studio foto. Untuk menghemat biaya, foto jangan langsung dicetak,  tapi di scan atau di transfer harus di laboratorium foto (misalnya di Fujifilm). Sehingga kamu bisa memilih foto-foto yang bagus saja.

Tips dan Trik 
Karena dalam memotret menggunakan kamera lubang jarum, kamera tidak boleh bergerak (agar hasil fotonya tajam, kita dapat membuatkan kaki/dudukan kamera. Kita dapat menggunakan kursi atau benda-benda lain di sekitar kita untuk menopang kamera.
Selain foto hitam putih, kamera lubang jarum dapat digunaka untuk memotret dengan film berwarna.
Cara memotretnya cukup mudah. Kita tinggal membuka plester hitam yang menutupi lubang jarum.Ketika plester dibuka, cahaya akan masuk menyinari ruangan dalam kamera. Cahaya itu akan mengenai permukaan kertas film di dalamnya.

Referensi:
http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Dari-Nesi/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Mengenal-Kamera-Lubang-Jarum
https://www.facebook.com/KomunitasLubangJarumPadang/posts/399736773382798
http://www.kaskus.co.id/thread/511248572d75b4c60e000008/tutorial-membuat-kamera-lubang-jarum-pict

0 komentar