Percobaan Gas dalam Botol

Karbon dioksida (CO2) adalah sejenis gas yang tidak berwarna. Manusia dan binatang mengeluarkan karbon dioksida saat mengembuskan nafasnya. Karbon dioksida juga terbentuk saat zat-zat yang terbuat dari karbon, seperti arang , kayu dan batu bara dibakar.

Energi digunakan oleh industri makanan untuk melarutkan karbon dioksida di dalam air; ini meningkatkan 'desis' pada minuman soda yag mengandung karbonat.

Selama tutup botol minuman soda tidak dibuka atau soda yang sudah dibuka tetap ditutup rapat, Karbon dioksida tersebut tetap larut. Akan tetapi, begitu tutup botol dibuk, karbon dioksida tersebut mulai mengembangkan dan melarikan diri.



Apa yang terjadi jika kamu menuangkan minuman soda yang mengandung karbonat ke dalam sebuah gelas secara perlahan-lahan ? Apa yang terjadi jika kamu menuangkannya secara cepat.

Terlepasnya karbon dioksida adalah penyebab timbulnya gelembung-gelembung pada soda dan permukaan yang berbusa. Kita dapat menunjukkan adanya energi yang sedang dilepaskan dengan membuat karbon dioksida yang sedang mengembang itu melakukan usaha.

Pertama-tama , tarik-tarik sebuah balon beberapa kali ke segala arah. Kemudian tiup sebesar mungkin, setelah itu keluarka semua udara dari dalam balon tadi. Dengan melakukan ini, balon tersebut akan lebih mudah mengembang.

Buka sebuah botol berisi minuman soda yang mengandung karbonat. Buka tutupnya dan lingkarkan mulut balon di seputar mulut botol. Perlahan-lahan, kocok botol tersebut untuk melepaskan karbon dioksida dari soda tersebut. 

Apa Yang terjadi dengan balon tadi ?

Apakah kamu punya minuman soda dalam botol yang belum dibuka dan sudah disimpan cukup lama ?

Letakkan balon tersebut di mulut botol saat kamu membukanya. Apakah balon akan mengembang ?  Apa yang dapat kamu simpulkan tentang CO2 di dalam soda tersebut, dan tentang gelas plastik atau kelonggaran tutup botol ?

Berikut adalah mengenal Karbon Dioksida :

0 komentar