Percobaan Energi Panas dari Pembusukan

Percobaan Energi Panas dari Pembusukan merupakan percobaan untuk mengetahui pada proses pembusukan bahan-bahan organik yang diuraikan oleh mikroorganisme yang ada di alam sekitar kita. 

Dengan ada Proses pembusukan yang dilakukan oleh Mikroorganisme ini maka proses daur ulang bumi ini akan terus menerus terjadi dan menghasilkan berbagai hal yang akan dimanfaatkan oleh makhluk lain. 


Sebelum melakukan percobaan Energi Panas dari Pembusukan mari kita persiapkan alat dan bahannya :
  1. Rumput yang baru dipotong
  2. hari yang cerah dengan banyak sinar matahari
  3. garu rumput
  4. jam tangan atau weker

Energi  panas dikeluarkan saat zat-zat organik (bahan yang pernah hidup) membusuk. Banyak orang yang senang berkebun memiliki "Bedeng Kompos" , yaitu tempat membuat pupuk untuk makanan unsur hara di kebun mereka. 

Sebuah bedeng kompos adalah sepetak kecil tanah, biasanya diberi dinding-dinding kayu, yang dipenuhi dengan tanaman yang sudah mati atau hampir mati, sisa-sisa binatang seperti kulit dan potongan-potongan dari dapur, daun-daun yang jatuh, potongan rumput dan sebagainya. 

Bahan-bahan tersebut ditumpuk dan dibiarkan membusuk selama beberapa bulan, yang kemudian berubah menjadi pupuk yang sangat subur. Ketika bahan-bahan itu membusuk, sejumlah panas akan dihasilkan.

Ilustrasi pembuatan kompos
Jika rumput dihalaman rumah anda atau di halaman rumah tetangga anda sedang dipotong, kumpulkan potongan-potongan rumput dengan menggunakan garu rumput Buat satu tumpukan potongan rumput setinggi 30 cm dan diameter 30 cm. 

Letakkan tumpuka itu di halaman, di tempar yang langsung terkena sinar matahari. Biarkan di tempat itu selama 2 jam. Gunakan garu rumput untuk membuat satu tumpukan rumput untuk membuat satu tumpukan rumput lain di samping tumpukan yang pertama.

Ukuran kedua tumpukan tersebut harus sama. Tunggu selama 10 menit. Kemudian masukkan satu tangan ke tengah-tengah masing-masing tumpukan. Apakah bagian dalam dari tumpukan. yang tersisa lebih hangat dari yang lain ? Jika Benar, tumpukan mana yang terasa lebih hangat, tumpukan yang baru atau tupukan yang sudah disinari matahari selama 2 jam ?

Menurutmu , apakah potongan-potongan rumput dapat menjadi sebuah habitat atau sarang yang baik untuk beberapa jenis binatang ?

0 komentar