Mengenal Sel Dan Struktur Sel

Semua organisme hidup tersusun atas sel, sel memiliki unit kehidupan yang membutuhkan pasokan energi konstanuntuk bertahan hidup. 

Beberapa organisme  terdiri atas sel tunggal , sedangkan lainnya tersusun atas miliaran sel. Ada 2 jenis utama sel, yaitu sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel Eukariotik ditemukan pada tumbuhan, binatang, jamur dan organisme sel tunggal yang disebut Protista. 

Sel ini memilik membran luar, pusat kendali yang disebut nukleus dan matriks seperti agar-agar yaitu sitoplasma.Nukleus mengandung sel yang menjalankan perintah dalam bentuk DNA (Deoksiribosa Nukleat Acid). Dalam sitoplasma ditemukan komponen sel yang disebut organel. Setiap Organel memiliki tugas khusus dan bersama-sama menjaga sel sebagai entititas hidup. 

Sel Prokariotik ditemukan pada Bakteria. Sel Prokariotik berukulan kecil, merupakan sel sederhana yang tidak memiliki nukleus dan sebagian besar organel. Sel binatang mengambil makanan untuk  memenuhi kebutuhan energinya. Energi digunakan untuk melakukan reproduksi dan tumbuh. Sel Tumbuhan menggunakan struktur yang disebut Kloroplas. Kloroplas berfungsi membuat makanan dengan cara memerangkap energi matahari (Silahkan Baca : Materi dan Energi).

Struktur Sel Binatang

Jenis sel pada gambar dibawah ini termasuk ciri umum pada semua sel binatang. Sel binatang dikelilingi dengan membran plasma lentur sehingga zat makanan dapat melaluinya. Zat makanan menyediakan energi untuk menjaga sel tetap hidup, Didalam membran terdapat nukleus dan sitoplasma. Nukleus berfungsi mengendalikan Aktifitas Sel. Sitoplasma mengandung organel dan setiap organel memiliki fungsi khusus. Ada beragam jenis Sel Binatang :

Jenis Sel Binatang

Perbedaan bentuk diantara jenis sel binatang menunjukkan fungsinya masing-masing. Sel epitel pipih yang tipis, misalnya melindungi bagian dalam mulut dan daerah lainnya. Sel otot polos yang rapat dan berbentuk seperti gelendong ditemukan di dinding usus. Dinding usus berkontraksi untuk meremas makanan disepanjang usus.

Struktur Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki banyak kesamaan dengan sel binatang. Ada 3 perbedaan utama diantara keduanya yaitu :
  1. Sel tumbuhandikelilingi oleh dinding sel kuat. Ini memberikan bentuk sel yang tetap, mengikat sel yang berdekatan dan menopang tumbuhan.
  2. Banyak sel tumbuhan memiliki organel yang disebut kloroplas. Kloroplas berfungsi menghasilkan karbohidrat untuk energi sel dengan menggunakan energi matahari (Silahkan Baca : Materi dan Energi). Proses ini disebut sebagai Fotosintesis.
  3. Mayortitas sel berisi vakuola besar yaitu ruang bermembran yang terisi sel berair. Vakuola besar membantu sel menjaga bentuknya. Ciri-ciri ini digambarkan dalam sel Tumbuhan khas berikut
Gambar 3. Struktur Sel pada Tumbuhan

Jenis Sel Tumbuhan

Tumbuhan,seperti binatang, memiliki beragam jenis sel. Setiap sel menjalankan fungsinya masing-masing. Sel Xilem adalah sel berlubang berbentuk silinder dan mati. Sel ini membawa air dan garam mineral dari akar ke bagian lain tumbuhan. Sel Epidermis menyimpan zat makanan. satu contoh sel epidermis ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Sel itu berasal dari irisan bawang merah yang menyimpan makanan. Sel tidak memiliki kloroplas karena akar bawang tumbuh dibawah tanah dan tidak perlu melakukan Fotosintesis.
Gambar 4. Jenis Sel pada Tumbuhan
Referensi : Ensliklopedia IPA

0 komentar