Penyebab Akses Internet Modem Anda Lambat

Penyebab Akses Internet Modem Anda Lambat
Ilustrasi Akses Internet yang leled
Mungkin Anda pernah menjumpai ketika berkunjung di kota besar dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi cepat dan banyak , tetapi ternyata mengakses internet menggunakan modem anda terasa lambat. 

Atau Anda pernah ditawarkan berbagai teknologi intenet sekarang ini dari mulai 3G, LTE, Wimax dan sebagainya dengan berbagai keunggulan tetapi ketika anda mengakses menggunakan tekologi itu ternyata intenet terasa lambat ?


\Tidak usah galau karena berbagai masalah tersebut sudah lumrah terjadi pada teknologi jenis itu sehingga kadang kita akan mencari momen yang tepat untuk menggunakan internet ketika banyak orang tidak mengaksesnya. 

Kenapa akses intenet yang kita beli tidak sesuai dengan promosi yang digembor-gemborkan oleh penyedia jasa layanan internet ?

Ada berbagai penyebab yang mungkin akan berbeda sesuai kondisi tempat anda mengakses :

  1. Pengaruh dari Data yang Dibawa
    Anda mungkin membandingkan dengan melakukan SMS dan Panggilan dapat dengan mudah dilakukan tanp ada kendala yang berarti walaupun berada didalam gedung. tetapi ketika anda mengakses internet terjadi kelambatan yang sangat parah. 

    Hal ini karena modulasi sinyal yang berbeda antara SMS, Panggilan telpun dan Intenet. ketika Anda melakukan SMS / Panggilan telpun akan menggunakan Bandwith yang lebih kecil dibawah 128 kbps karena hanya membawa data suara ,sehingga akan berpengaruh kepada semakin jauh pancaran sinyalnya. 

    Ada sebuah Rumus : Semakin Besar bandwith frekuensi yang digunakan maka semakin Kecil jarak yang ditempuh tetapi Semakin Besar Data yang dibawa, begitu juga Semakin Kecil bandwith frekuensi semakin besar jarak yang ditempuh tetapi semakin kecil data yang dibawa. 

    ketika Anda mengakses internet ditempat yang sama maka akan dibutuhkan bandwith frekuensi yang besar untuk melewatkan data digital sehingga membutuhkan sinyal yang kuat. Itulah kenapa antara SMS/Panggilan dengan kecepatan intenet akan sangat berbeda karena memang menggunakan teknik modulasi yang berbeda dan kebutuhan transfer data yang berbeda pula.

  2. Sinyal Kirim / Terima yang tidak Optimal
    Perlu pembaca ketahui bahwa pada sistem Akses jaringan komputer, secara dasar akan terdiri dari 2 saluran yaitu saluran Kirim / Tx dan salura Terima/Rx. 2 saluran ini menggunakan jalur yang berbeda sehingga ini akan disebut Full Dupplex.

    Berbeda ketika anda menggunakan perangkat komunikasi Radio Walky talky  / Handy Talky akan menggunakan 1 jalur tetapi digunakan secara bergantian. Ketika yang satu bicara yang lainya mendengarkan. 

    Oleh karena ada 2 jalur transmisi yang berbeda tersebut maka Anda harus jeli mengamati sinyal kirim dan sinyal terima harus bagus.

    Modem hanya memberikan indikator Sinyal terima, tetapi tidak menampilkan sinyal kirim dari anda ke BTS sehingga Anda akan dibuat bingung, Kenapa sinyal 3G sudah full tetapi akses internet tetap juga lambat ?

    Untuk mengetahuinya silahkan lakukan speedtest dan lihat pada bagian Upload pasti akan mempunyai data yang sangat berbeda jauh perbandingannya dibandingkan dengan Download. Hal ini terjadi berarti sinyal Kirim dari tempat anda sampai ke BTS sangat kecil. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencari posisi yang tepat agar sinyal kirim anda bagus, mungkin dengan meletakkan modem ke tempat yang lebih tinggi kemudian dites lagi uploadnya.

    Solusinya adalah tempatkan modem di tempat yang tidak terhalang atau usahakan ditempat terbuka atau didekat jendela jika memang berada didalam ruangan. Bagi Anda yang menggunakan Modem Bolt bisa lebih bebas meletakkan sesuai kuatnya sinyal yang didapat

  3. Overload Traffic di ISP
    Sekarang katakanlah anda sudah menggunakan modem yang mendukung teknologi terbaru LTE misalnya dengan kecepatan katanya bisa 72Mbps (dibagi 2 untuk sinyal Kirim dan Terima) tetapi kenapa masih juga lambat ?

    Untuk mengetahui penyebabnya kita akan mencoba membayangkan ketika Mudik orang-orang yang bekerja di jakarta ke kampung halamannya. Apa yang terjadi ?

    Jalan Tol sudah begitu lebar dan infrastruktur jalan juga sudah lebar dan luas tetapi kenapa terjadi kemacetan di Tol Keluar Cikampek, tetapi Tol masuk cikampek begitu lengang ?

    Inilah yang terjadi ketika kita sudah dapat infrastruktur yang bagus tetapi Layanan ISP tidak bisa menangani Antrian permintaan yang begitu banyak sehingga akan terjadi Overload traffik yang mengakibatkan waktu delay yang lama, Istilah kerennya LAMBAT AKSESNYA
Mungkin 3 penyebab utama Akses internet modem Anda Lambat !
Semoga bermanfaat !
Jika ada info terbaru akan diupdate !


0 komentar