Kekuatan Sinar X

Pernahkah kamu atau salah satu anggota keluargamu mengalami kecelakaan, atau menderita suatu penyakit hingga perlu di rontgen?

Tahukah kamu, sinar apa yang digunakan pada alat rontgen dan siapa tokoh dibalik penemuan alat rontgen tersebut?

Sinar yang digunakan pada peralatan rontgen disebut sinar X. Sinar X ditemukan tokoh hebat bernama Wilhelm Conrad Rontgen. 

Penemuan Sinar X oleh Wilhelm Rontgen
Sinar X ditemukan Rontgen secara tidak sengaja pada tanggal 8 November 1895. Pada saat itu Rontgen sedang melakukan percobaan dengan sinar katoda. Rontgen mencari cara agar sinar katoda dapat menembus keluar tabung kaca hampa udara. Seluruh tabung tersebut telah dibungkus dengan karton hitam tebal.

Ternyata Rontgen menemukan sesuatu yang sangat luar biasa. Layar yang terbungkus platino cyanide, menangkap sebuah sinar  yang tidak tampak oleh mata. Sinar tersebut ternyata bisa menembus benda-benda, temasuk tubuh manusia. Rontgen bahkan bisa melihat tulang-tulang tangannya sendiri di layar.

Wilhem Rongen
Penemuan ini membuat Rontgen terkejut. Rontgen kemudian menyebut radiasi sinar yang tidak nampak tersebut sebagai sinar X, karena sinar tersebut merupakan sesuatu yang dirasa misterius, sedangkan huruf "x" biasanya menjadi lambang matematika untuk sesuatu yang tidak diketahui.

Penelitian lebih lanjut yang dilakukan Rontgen menemukan bukti-bukti lanjutan yang sangat penting, yakni:
  1. Sinar X dapat membuat berbagai benda kimia selain barium platinocyanide bersinar
  2. Sinar X dapat menembus berbagai benda yang tidak dapat ditembus cahaya biasa, Semakin padat suatu benda, semakin sulit benda ditembus oleh sinar X. Sinar-X dapat menembus daging manusia, tetapi tidak dapat menembus benda yang lebih padat seperti tulang atau timah.
  3. Sinar X bergerak lurus, dan tidak dapat dibelokkan oleh medan magnet.
Penemuan Rontgen di kemudian hari sangat beranfaat dalam dunia kedokteran, bahkan penemuan sinar X saat itu dianggap sebagai keajaiban dunia medis. Dengan sinar-X dokter bisa melakukan deteksi awal pada pasien dengan lebih mudah, karena dokter dapat melihat bagian dalam tubuh manusia, tanpa harus menyayat dengan pisau bedah. Pada Perang Balkan di tahun 1897, sinar-X untuk kali pertama digunakan. Berkat sinar X, dokter militer saat itu sudah bisa mengetahui peluru yang ada di dalam tubuh maupun patahan tulang pasien.

Atas penemuannya, pada tahun 1901, Rontgen mendapatkan penghargaan Nobel dalam bidang fisika. Kini sinar X juga sering disebut sebagai sinar Rontgen.

Pemanfaatan Sinar X
Pemanfaatan sinar X  dewasa ini telah berkembang dalam berbagai bidang, misalnya pada bidang riset, juga dimanfaatkan dalam membuat peralatan keamanan. Beberapa manfaat sinar X antara lain:
  1. Sinar-X lembut digunakan untuk mengambil foto yang dikenal sebagai radiograf.
    Kemampuan sinar-X dalam menembus badan manusia digunakan untuk mendeteksi kecacatan tulang, serta sebagai pemeriksaan dini untuk tulang yang patah dan memeriksa keadaan organ-organ dalam tubuh.
  2. Sinar-X keras digunakan untuk memusnahkan sel-sel kanser. Manfaat ini dikenal sebagai radioterapi.
  3. Dalam bidang perindustrian, sinar-X boleh digunakan untuk memeriksa kecacatan dalam struktur binaan atau bagian-bagian dalam mesin. 
  4. menyelidiki rekahan dalam pipa logam, dinding beton dan boiler tekanan tinggi. 
  5. memeriksa retakan dalam struktur plastik dan karet 
  6. Sinar-X digunakan untuk meneliti struktur kristal dan jarak antara atom-atom dalam suatu bahan kristal.  
  7. Sinar-X digunakan untuk mengkonfirmasi apakah suatu lukisan atau benda seni kuno itu asli atau tiruan.
  8. Di bandara, sinar-X lembut digunakan untuk memeriksa barang-barang dan tas penumpang.

Efek Samping Sinar-X
Meskipun sinar-X sangat berguna bagi manusia, tetapi paparan berlebihan terhadap sinar-X mungkin menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan, seperti:

  1. kerusakan sel-sel dalam tubuh.
  2. perubahan struktur genetik suatu sel.
  3. penyakit kanker.
  4. efek samping seperti rambut rontok, kulit menjadi merah dan berbisul.

Referensi:
Majalah Sains Kuark Level 3 Edisi 08 Tahun IV
http://infotemplatez.blogspot.com/2010/11/manfaat-sinar-x.html
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/365762-8-11-1895--penemuan-sinar-ronsen--x-rays-
http://annucigema.blogspot.com/2013/06/sejarah-penemuan-sinar-x.html
http://hospitaliumgroup.com/images/sayfalar/rontgen.jpg
http://www.windows2universe.org/people/images/roentgen.gif