Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia

Menurut sensus BPS tahun 2010, bangsa kita terdiri atas 1.340 suku bangsa. Di pulau Jawa, terdapat Suku Jawa,   Suku Bawean, Suku Tengger, Suku Osing, Suku Sunda, Suku Baduy,Suku Banten, Suku Cirebon dan Suku Betawi. Di pulau Madura tinggal Suku Madura, kemudian di Sumatera tinggal Suku Melayu, Suku Batak, Minangkabau, Suku Aceh, Suku Lampung, Sukudi pulau Kubu. Sedangkan di pulau Kalimantan ada Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Kutai, suku Berau, Suku Bajau
Kemudian di Sulawesi tinggal Suku Makassar, Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Tolaki, Suku Minahasa, Suku Gorontalo, Suku Toraja. Di Kepulauan Sunda Kecil: Suku Bali, Suku Sasak, di Pulau Maluku berdiam Suku Ambon, Suku Nuaulu, Suku Manusela, dan Suku Wemale. Sedangkan di Papua tinggal Suku Dani, Suku Bauzi, dan Suku Asmat. Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan unik yang memperkaya budaya bangsa Indonesia yang kita cintai ini.


Video di bawah ini dapat memberikan gambaran pada kalian tentang keanekaragaman budaya di Indonesia. 




Hebat bukan bangsa kita?
Itu baru kekayaan budaya beberapa suku bangsa, nah kalian bisa mempelajari lebih banyak tentang rumah adat, tarian tradisional, dan keindahan kain tradisional pada link-link berikut:
  1. Rumah Adat 
  2. Tarian Tradisional Indonesia
  3. Ragam Hias pada Kain Tradisional Indonesia

Referensi:;
http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa_di_Indonesia



0 komentar