Pembentukan Karakter Melalui Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng

Ilustrasi : Anak-anak lagi bermain Cublek-cublek Suweng
Lagu ini biasanya dinyanyikan dala permainan yang juga disebut permainan Cublek-cublek suweng. Syair lagu dolanan tersebut adalah sebagai berikut:
Cublak cublak suweng

Suwenge ting gelèntèr
Mambu ketundhung gudèl
Pak Empong lera-léré
Sapa ngguyu ndelikkaké
Sir sir pong dhelé kopong
Sir sir pong dhelé kopong

Permainan  Cublak-Cublak Suweng
Permainan ini biasanya dilakukan pada sore atau malam hari saat bulan purnama, di halaman yang luas. Asal muasal permainan ini kurang jelas, tapi permainan ini sangat tekenal di Jawa Tengah.

Cara memainkan Permainan  Cublak-Cublak Suweng adalah sebagai berikut:
Jumlah pemain :  5- 7 anak.
Langkah-langkah:
  • Siapkan satu buah  kerikil atau biji yang bisa digenggam.
  • Hompimpah, dan yang kalah menjadi Pak Empong. Pak Empong  berbaring telungkup di tengah, sedangkan anak-anak lain duduk melingkar dengan meletakkan  telapak tangan di atas punggung Pak Empong. Posisi telapak tangan  terbuka menghadap ke atas .
  • Salah satu anak bertugas memegang kerikil/biji dan dipindah dari telapak tangan satu ke telapak tangan lainnya diiringi lagu Cublak-Cublek Suweng.  Pada saat nyanyian sampai pada kalimat ”Sapa ngguyu delekake”  biji/ kerikil diserahkan pada seorang anak untuk disembunyikan dalam genggaman.
  • Pada saat lagu berakhir, semua anak menggenggam kedua tangan masing-masing , berpura-pura menyembunyikan kerikil,  sambil menggerak-gerakkan tangan .
  • Pak Empong bangun dan menebak di tangan siapa yang menyembunyikan kerikil/biji. Bila tebakannya benar, anak yang menggenggam biji/ kerikil gantian menjadi Pak Empong. Bila salah, Pak Empong kembali ke posisi semula dan permainan diulang lagi.

Manfaat:
Melalui permainan  anak dapat belajar menyanyi, mencocokkan ritme lagu dengan gerakan tangan, mengenal kosa kata bahasa Jawa, melatih motorik halus, belajar mengikuti aturan, melatih untuk kerja sama degan orang lain, dan belajar menyimpan rahasia.

Referensi:
http://jv.wikipedia.org/wiki/Cublak-cublak_suweng
http://rudy-cheyonkz.blogspot.com/2011/05/lirik-tembang-tembang-dolanan.html
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Balita/Bermain+dan+Permainan/permainan.tradisionalcublak.cublak.suweng/001/003/294/1

0 komentar