Air dan Gerakannya

Kerugian karena Banjir
Air sangat berguna bagi tumbuhan, hewan dan manusia. Kita membutuhkannya untuk berbagai keperluan. Kita bahkan tidak dapat hidup tanpa air, begitu pula hewan dan tumbuhan. Air memang sangat berguna, tapi jika kita tidak mengelola lingkungan dengan baik, Air juga dapat mendatangkan kerugian bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Dapatkah kamu menebak kerugian kerugian apa yang dapat ditimbulkan oleh air?

Air Karunia Alloh untuk Makhluknya
Alloh tuhan kita menciptakan air dengan berbagai manfaat bagi manusia. Salah satu sifat air adalah sangat mudah melarutkan berbagai zat. Karena sifatnya ini kita dapat membersihkan tubuh kita dengan air saat mandi dan menggosok gigi. Kita juga dapat mencuci baju, mobil, dan benda-benda lain, karena kotoran yang menempel pada benda-benda tersebut akan dilarutkan oleh air. Apalagi jika kita menggunakan sabun atau deterjen. Jika tubuh dan alat-alat rumah tangga bersih, kita juga akan lebih sehat bukan?

Selain membersihkan, kita juga membutuhkan air untuk minum dan memasak. Pada kondisi normal kita disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Kualitas air juga penting untuk kesehatan, karena air berperan penting dalam proses metabolisme. Tahukah kamu, bagaimana kriteria air bersih? Air bersih adalah air yang memenuhi syarat-syarat sebagi berikut:
  1. ·         Jernih (tidak berwarna), tidak berbau, tidak berasa
  2. ·         Tidak mengandung zat-zat berbahaya
  3. ·         Tidak mengandung kuman penyakit
Bila syarat-syarat tersebut terpenuhi, barulah air tersebut dapat kita gunakan untuk mencuci dan memasak.

Air memang sangat penting bagi kehidupan kita, manfaat air yang lain adalah untuk mengairi tanaman, juga sumber energi untuk  pembangkit tenaga listrik(PLTA).  Di Kalimantan dan Sumatera Air juga digunaka sebagai sarana transportasi, karena di kedua pulau tersebut terapat sungai-sungai yang dalam dan lebar. Tidak hanya sebagai sarana angkutan dan perhubungan antar daerah, memalui perahu, rakit, atau kapal feri, di Kalimantan juga terdapat pasar terapung, dimana transaksi jual beli dilakukan di sungai, di atas perahu. Selain sungai, danau dan pantai yang indah juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi. Berbagai jenis olah raga juga memanfaatkan air, misalnya saja renang, selancar air, mendayung, ski air, loncat indah, menyelam, dan sebagainya. Sebagai tempat hidup berbagai jenis ikan, dan hewan air lainnya, daerah perairan biga bisa menjadi sumber penghasilan.

Bagaimana Air Bisa Merugikan Makhluk Hidup?
Walaupun sangat bermanfaat dalam kehidupan, dalam bentuk banjir air bisa menimbulkan banyak kerugian. Aliran air banjir yang deras dapat merobohkan rumah, jembatan, dan bangunan lain. Hewan ternak mati dan tanaman juga akan rusak. Dampak lebih lanjut adalah timbulnya berbagai penyakit menular seperti diare dan gatal-gatal akibat tercemarnya sumber air bersih.

Apa sih, penyebab terjadinya banjir?
Penebangan hutan adalah salah satu penyebab utama terjadinya banjir. Mengapa demikian? Karena jika hutan gundul air hujan tidak tertahan oleh tumbuhan, hanya sebagian kecil air dapat meresap ke dalam tanah, sebagian besar sisanya akan mengalir di permukaan tanah. Air tersebut akan mengalir ke tempat yang lebih rendah, kemudian saat saluran-saluran air tidak mampu lagi menampung luapan air hujan, tejadilah banjir. Sekarang ini area hutan semakin sempit, apalagi di pulau yang padat penduduknya seperti pulau Jawa, maka tidak heran jika Jakarta dan beberapa kota lainnya menjadi langganan banjir setiap musim hujan.

Selain menimbulkan banjir, kondisi tersebut di atas juga dapat menimbulkan erosi, yakni terkikisnya lapisan tanah bagian atas, terutama yang dilalui air. Pengikisan lapisan tanah oleh air disebut erosi. Apa sih bahaya erosi? Akibat dari erosi adalah berkurangnya kesuburan tanah. Zat-zat yang berguna bagi tumbuhan akan terkikis bersama air. Selain mengurangi kesuburan tanah, erosi juga dapat menimbulkan pendangkalan di sungai. Tanah yang terbawa air hujan akan mengendap di dasar dan tepi sungai. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan sungai dalam menampung air, sehingga akan semakin meningkatkan resiko terjadinya banjir. Selain erosi, kebiasaan membuang sampai sembarangan juga dapat menimbulkan banjir, karena sampah-sampah yang menumpuk di sungai akan menyumbat aliran air.



Adakah yang dapat kita lalukan untuk mencegah banjir?
Tentu kita harus berusaha mencegah terjadinya banjir. Beberapa usaha yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir adalah:
  1. Pembuatan dan pemeliharaan hutan lindung
  2. Reboisasi atau penghijauan
  3. Pembuatan talut beton di tepi sungai
  4. Pembuatan bendungan/waduk
  5. Tidak membuang sampah ke sungai, dan sebagainya.
Ketidakperdulian kita terhadap pelestarian lingkungan akan berdampak negatif terhadap diri kita sendiri, karenanya kita harus selalu berusaha melakukan yang kita bisa untuk menjaga kelestarian lingkungan.

0 komentar