Ciri Khusus pada Hewan

Setiap makhluk hidup diciptakan Tuhan dengan ciri khusus yang membedakannya dengan makhluk lain. Ciri khas tersebut bermanfaat bagi makhluk hidup tersebut untuk mempertahankan hidup di lingkungannya, yaitu untuk melindungi dirinya dari pemangsa, atau memudahkannya dalam mencari makanan.

Beberapa ciri khusus pada hewan antara lain :
  1. Ciri Khusus pada Kelelawar
    Kelelawar merupakan mamalia yang dapat terbang. Berbeda dengan spesies burung, sayap kelelawar tidak diselimuti bulu, melainkan perpanjangan dari kulit lengannya. Menurut Prof. Dr. Riset Ibnu Maryanto dari pusat Penelitian Biologi LIPI (http://www.jualbeliforum.com), di Indonesia terdapat sekitar 255 spesies kelelawar. Beberapa jenis kelelawar berdasarkan jenis makanannya antara lain : kelelawar pemakan buah ( kelelawar buah), kelawar pemakan ikan (kelelawar ikan), kelelawar pemakan katak (kelelawar katak), kelelawar penghisap darah (kelelawar vampir), kelawar pemakan nektar (kelelawar lidah panjang).
    Beberapa ciri khusus pada kelelawar antara lain :
    1. Suka hidup di gua yang gelap dan lembab atau pohon yang tinggi dan rindang
    2. Mencari makan pada malam hari (hewan nocturnal), dan tidur pada siang hari
      Tahukah kamu, kalau kelelawar tidur dengan posisi terbalik? Kelelawar biasanya menggantungkan diri di tempat yang tinggi misalnya langit-langit gua atau dahan pohon, dengan kaki di atas sedangkan kepalanya di bawah. Kebiasaan ini bkan tanpa alasan.
      Dengan posisi tidur demikian, akan memudahkan kelelawar saat mulai terbang. Seperti sudah kita ketahui, sayap kelelawar berbeda dengan sayap burung, begitu juga kaki belakang nya. Sayap dan kaki kelelawar tidak cukup kuat untuk mengangkat tubuh nya saat lepas landas dari permukaan yang lebih rendah.
    3. Memiliki pendengaran yang sangat tajam
      Menurut Cracknell, 1980 (http://wanibesak.wordpress.com), kelelawar mengeluarkan pulsa gelombang ultrasonik dengan frekuensi sekitar 40-50 kHz. Bentuk telinga kelelawar yang seperti corong berfungsi sebagai penerima gelombang ultrasonik yang dibalikkan seperti cara kerja alat radar penerima.
    4. Memiliki kemampuan melakukan ekolokasi.
      Ekolokasi adalah kemampuan untuk mengetahui kondisi lingkungan di sekiratnya menggunakan gelombang bunyi. (gelombang ultrasonik). Bagaimana kelelawar melakukannnya? Pada saat terbang, kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi ultrasonik. Jika gelombang bunyi tersebut mengenai benda-benda di sekitarnya, gelombang bunyi akan dipantulkan. Dengan pantulan suara tersebut, kelelawar dapat memperhitungkan jarak, ukuran, dan arah benda-benda di sekitarnya, bahkan kelelawar juga dapat mengetahui apakah permukaan benda-benda di sekitarnya tersebut kasar atau halus. Selain membuat kelelawar dapat terbang tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya pada malam yang gelap, kemampuan ekolokasi ini juga bermanfaat bagi kelelawar untuk mengetahui letak mangsanya.
  2. Ciri Khusus Pada Cicak dan Tokek
    Kemampuan khusus yang dikaruniakan Alloh pada tokek dan cicak adalah :
    1. Dapat merayap di dinding
      Pernahkah kamu perhatikan cicak yang merayap di dinding rumahmu pada malam hari, cicak dapat merayap di dinding bahkan langit-langit rumah bukan? Cicak dan tokek dapat melakukannya karena pada kakinya terdapat semacam perekat. Kaki cicak dilengkapi rambut-rambut halus yang disebut spatulae. Ketika cicak dan tokek merayap di dinding, spatula menyelip di antara atom-atom lapisan dinding, sehingga kaki cicak dapat menempel dengan kuat. Subhanalloh... hebat bukan?
    2. Memiliki lidah yang panjang dan lengket
      Lidah yang mampu menjulur panjang dan lengket, membantu tokek dan cicak untuk menangkap mangsanya.
    3. Dapat memutuskan ekornya saat terancam bahaya.
      Kemampuan cicak/tokek untuk memutuskan ekornya disebut autotomi. Dengan melakukan autotomi, pemangsa akan terkecoh. Bagian ekor yang terputus tadi akan bergerak-gerak sementara cicak/tokek melarikan diri.
  3. Ciri Khusus pada Laba-laba
    1. Memiliki 4 pasang mata, 4 pasang kaki, dua taring bisa dan dua peraba.
    2. Mampu menghasilkan benang sutera(disebut spinneret) dari kelenjar yang terletak di bagian belakang tubuhnya.
      Sebagian laba-laba menggunakan serat itu untuk membentuk jaring, untuk  memerangkap mangsanya. Serat sutera ini juga amat berguna untuk membantu laba-laba bergerak, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.
    3. Menghasilkan bisa
      Bisa laba-laba selain berguna untuk melindungi diri dari musuhnya dan 
      melumpuhkan mangsa, juga membantu laba-laba dalam mencerna makanan. Laba-laba tidak bisa mengunyah atau menelan, bisa yang disuntikkan ke tubuh mangsanya akan mencerna dan menghancurkan tubuh mangsanya dari dalam, selanjutnya laba-laba dapat menghisap cairan tubuhnya.
  4. Ciri Khusus pada Bunglon
    Ciri khusus pada bunglon antara lain:
    1. Mampu merubah warna tubuhnya sesuai kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menyembunyikan diri dari pemangsa.
    2. Memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsa.
    3. Matanya dapat berputar dan melihat ke segala arah.
    4. Memiliki kaki yang dapat mencengkeram dengan kuat
Referensi :
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Amin Priyono
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas VI Ari Pitoyo
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Heri Sulistyanto
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Mulyati Arifin
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Sulistyowati
BSE Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Yayat Ibayati
http://bpmkotabandaaceh.wordpress.com
http://www.jualbeliforum.com

0 komentar