Tugaskan siswa untuk membaca setidaknya dua sesi sebelum masalah tersebut dibahas. Berikan siswa anda waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri, dan cobalah untuk menimbulkan rasa ingin tahu mereka, misalnya dengan mengatakan: " Ini adalah salah satu materi favorit ibu, Ibu ingin tahu bagaimana pendapat kalian tentang materi ini." (Sumber: Lowman, 1984; "When They Don't Do the Reading," 1989)
Tugaskan siswa untuk mempelajari soal-soal. Berikan siswa soal-soal yang mengingatkan siswa pada pokok-pokok materi pada tugas membaca. Untuk memberikan lebih besar dorongan, katakan pada siswa bahwa anda akan menggunakan soal-soal tersebut dalam tes. (Source: "When They Don't Do the Reading," 1989)
Jika kelas Anda kecil, tugaskan siswa untuk mengumpulkan rangkuman dari apa yang mereka baca setiap hari, yang dapat mereka gunakan sendiri saat untuk belajar sebelum tes.Seorang profesor dalam ilmu fisika, pada setiap awal pelajaran meminta siswa mengumpulkan sebuah karti berukuran 3" x 5 ", yang berisi garis besar, definisi dan ide-ide kunci, atau materi lain, danari tugas membaca pada hari sebelumnya. Seusai pelajarn dia memeriksa kartu-kartu tersebut dan memberikan stempel namanya pada kartu tersebut. Dia mengembalikan kartu tersebut pada pertemuan terakhir sebelum ulangan mid semester.Siswa dapat menambahkan materi yang mereka suka pada kartu tersebut, tapi tidak dapat mengumpulkan kartu tambahan.Kartu tersebut dikembalikan ke Staf pengajar yang mendistribusikan mereka kepada siswa selama ujian. Anggota staf pengajar ini melaporkan bahwa jumlah siswa yang menyelesaikan bacaan melonjak dari 10 persen menjadi 90 persen dan bahwa siswa menyebut kartu ini "kartu kelangsungan hidup." Sumber: Daniel, 1988)
Mintalah siswa menulis jurnal satu kata, atau kalimat satu kata. Angelo(1991) menggambarkan jurnal satu kata sebagai berikut: siswa diminta untuk satu kata yang paling mewakili dari bacaan, kemudian menulis satu halaman atau kurang tulisan yang menjelaskan atau membenarkan kata yang mereka pilih. Tugas ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk diskusi kelas. Sebuah variasi dilaporkan oleh Erickson and Strommer (199 1), yaitu dengan meminta siswa untuk menulis satu kalimat komplek yang menjawab pertanyaan yang Anda ajukan tentang bacaan. dalam satu kalimat.
Gunakan jam pelajaran sebagai waktu membaca. Jika Anda sedang mencoba untuk memimpin sebuah diskusi, dan menemukan bahwa beberapa siswa belum menyelesaikan tugas membaca, pertimbangkan untuk meminta siswa membaca materi tersebut selama pelajaran berlangsung. anda dapat meminta mereka untuk mebaca dengan pelan atau memintanya membaca dengan keras dan mendiskusikan key points. jelaskan bahwa Anda terpaksa mengambil langkah yang tidak biasa ini karena mereka tidak menyelesaikan tugas.
Siapkan pertanyaan ujian pada bacaan yang tidak dibahas. Salah satu pengajar bertanya di kelasnya apakah mereka telah selesai membaca. Jika jawabannya tidak, dia berkata, "Anda harus membaca materi Anda sendiri Harapkan sebuah pertanyaan pada ujian berikutnya yang meliputi bacaan.." Kali berikutnya ia menugaskan membaca, dia mengingatkan kelas tentang apa yang terjadi terakhir kali, dan siswa datang ke kelas dengan siap. (Sumber: "Ketika Mereka Tidak Lakukan Membaca," 1989)
Berikan tugas tertulis kepada para siswa yang tidak melakukan membaca. Beberapa pengajar bertanya pada awal kelas siapa yang telah menyelesaikan tugas membaca. Siswa yang belum membaca materi diberi tugas tertulis dan dikeluarkan dari dalam kelas. Mereka yang telah membaca materi tinggal dan ikut serta dalam diskusi kelas. Tugas tertulis ini tidak dinilai tetapi hanya diakui. Teknik ini tidak boleh digunakan lebih dari sekali. (Sumber: "Ketika Mereka Tidak Lakukan Membaca," 1989)
Tugaskan siswa untuk mempelajari soal-soal. Berikan siswa soal-soal yang mengingatkan siswa pada pokok-pokok materi pada tugas membaca. Untuk memberikan lebih besar dorongan, katakan pada siswa bahwa anda akan menggunakan soal-soal tersebut dalam tes. (Source: "When They Don't Do the Reading," 1989)
Jika kelas Anda kecil, tugaskan siswa untuk mengumpulkan rangkuman dari apa yang mereka baca setiap hari, yang dapat mereka gunakan sendiri saat untuk belajar sebelum tes.Seorang profesor dalam ilmu fisika, pada setiap awal pelajaran meminta siswa mengumpulkan sebuah karti berukuran 3" x 5 ", yang berisi garis besar, definisi dan ide-ide kunci, atau materi lain, danari tugas membaca pada hari sebelumnya. Seusai pelajarn dia memeriksa kartu-kartu tersebut dan memberikan stempel namanya pada kartu tersebut. Dia mengembalikan kartu tersebut pada pertemuan terakhir sebelum ulangan mid semester.Siswa dapat menambahkan materi yang mereka suka pada kartu tersebut, tapi tidak dapat mengumpulkan kartu tambahan.Kartu tersebut dikembalikan ke Staf pengajar yang mendistribusikan mereka kepada siswa selama ujian. Anggota staf pengajar ini melaporkan bahwa jumlah siswa yang menyelesaikan bacaan melonjak dari 10 persen menjadi 90 persen dan bahwa siswa menyebut kartu ini "kartu kelangsungan hidup." Sumber: Daniel, 1988)
Mintalah siswa menulis jurnal satu kata, atau kalimat satu kata. Angelo(1991) menggambarkan jurnal satu kata sebagai berikut: siswa diminta untuk satu kata yang paling mewakili dari bacaan, kemudian menulis satu halaman atau kurang tulisan yang menjelaskan atau membenarkan kata yang mereka pilih. Tugas ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk diskusi kelas. Sebuah variasi dilaporkan oleh Erickson and Strommer (199 1), yaitu dengan meminta siswa untuk menulis satu kalimat komplek yang menjawab pertanyaan yang Anda ajukan tentang bacaan. dalam satu kalimat.
Gunakan jam pelajaran sebagai waktu membaca. Jika Anda sedang mencoba untuk memimpin sebuah diskusi, dan menemukan bahwa beberapa siswa belum menyelesaikan tugas membaca, pertimbangkan untuk meminta siswa membaca materi tersebut selama pelajaran berlangsung. anda dapat meminta mereka untuk mebaca dengan pelan atau memintanya membaca dengan keras dan mendiskusikan key points. jelaskan bahwa Anda terpaksa mengambil langkah yang tidak biasa ini karena mereka tidak menyelesaikan tugas.
Siapkan pertanyaan ujian pada bacaan yang tidak dibahas. Salah satu pengajar bertanya di kelasnya apakah mereka telah selesai membaca. Jika jawabannya tidak, dia berkata, "Anda harus membaca materi Anda sendiri Harapkan sebuah pertanyaan pada ujian berikutnya yang meliputi bacaan.." Kali berikutnya ia menugaskan membaca, dia mengingatkan kelas tentang apa yang terjadi terakhir kali, dan siswa datang ke kelas dengan siap. (Sumber: "Ketika Mereka Tidak Lakukan Membaca," 1989)
Berikan tugas tertulis kepada para siswa yang tidak melakukan membaca. Beberapa pengajar bertanya pada awal kelas siapa yang telah menyelesaikan tugas membaca. Siswa yang belum membaca materi diberi tugas tertulis dan dikeluarkan dari dalam kelas. Mereka yang telah membaca materi tinggal dan ikut serta dalam diskusi kelas. Tugas tertulis ini tidak dinilai tetapi hanya diakui. Teknik ini tidak boleh digunakan lebih dari sekali. (Sumber: "Ketika Mereka Tidak Lakukan Membaca," 1989)
Diadaptasi dari tulisan Barbara Gross Davis, University of California, Berkeley dari Tools for Teaching
0 komentar