Mengenal Struktur dan Kerak Bumi

Mengenal Struktur dan Kerak Bumi
Gambar Struktur Bumi (Sumber : Wikipedia)
Struktur Bumi bagian dalam terbagi dalam beberapa lapisan, misalnya halnya sebuah bawang. Bumi secara umum terdiri dari beberapa lapisan yaitu bagian paling atas disebut litosfer atau crust, lapisan di bawahnya ialah astenosfer atau mantel & yang paling bawah ialah inti bumi. 

Bagian dalam dari bumi mampu diketahui dengan menyelidiki sifat-sifat fisika bumi yaitu dengan metode geofisika., terutama dari kecepatan rambatan "semen" getaran atau gelombang seismik, sifat kemagnetannya & gaya berat serta data panas bumi. 

Dari data tadi mampu diketahui bahwa bagian dalam bumi tersusun dari material yang berbeda-beda mulai dari bagian atas bumi sampai ke inti bumi. Dengan metode geofisika tersebut juga diketahui bahwa berat jenis bumi keseluruhan ialah sekitar 5,52. 

Kerak bumi sendiri yang merupakan lapisan terluar dan disusun sang batu-batuan mempunyai berat jenis antara 2,lima sampai 3,0. Dari hal tersebut mampu diketahui bahwa material yang menyusun bagian dalam bumi merupakan material yang lebih berat dengan berat jenis yang lebih besar daripada batuan yang menyusun kerak bumi.


Secara garis besar, lapisan bumi terdiri dari :

  1. Inti bumi dalam, atau lebih umum disebut dengan kata pusat bumi. Pada lapisan tersebut terdapat materi-materi logam dan nikel yang berbentuk bola bertekstur padat. Suhu di dalam lapisan ini mencapai 4800 derajat celcius dengan ketebalan inti sebesar 1200 km.
  2. Inti bumi luar, pada lapisan inti bumi bagian luar materi-materinya terdiri atas logam nikel & besi cair dan gas oksigen. Suhu pada lapisan ini sampai pada 3900 derajat celcius dengan ketebalan inti sebesar 2255 km.
  3. Mantel bumi, lapisan ini seringkali disebut juga dengan istilah selimut/penutup bumi. Terdiri atas materi-materi magma kental dengan rerata suhu antara 1400 - 2500 derajat celcius dengan ketebalan inti sebesar 2.900 km.
  4. Kerak Bumi, atau juga disebut dengan kata lapisan litosfer. Lapisan Kerak bumi ini memiliki ketebalan inti sebesar 15-60 km. Kerak bumi sendiri dibagi sebagai 2 macam yaitu kerak samudera dan kerak benua.

Mengenal Struktur dan Kerak Bumi
Gambar 2. Lapisan-lapisan Kerak Bumi (Sumber : jalanbaron.com )
Mengenal Struktur dan Kerak Bumi
Gambar 3. Irisan Lapisan Bumi
Apabila kamu mencari gambar struktur bumi beserta penjelasannya, gambar di atas merupakan lapisan-lapisan penyusun pada kerak bumi. Dilihat dari berbagai materi penyusunnya, kerak bumi masih diklasifikasikan menjadi beberapa lapisan yaitu:
  1. Lapisan atas, yaitu di dalam lapisan ini adalah tempat dimana makhluk hidup berkembang biak. Lapisan atas terdiri dari pelapukan bebatuan dan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati . Lapisan ini di klaim menjadi tanah humus yang kaya akan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.
  2. Lapisan tengah, pada lapisan tengah ini adalah lapisan yang agak sedikit gersang dan terdiri dari air beserta pelapukan bebatuan. Pada lapisan tengah disebut disebut dengan nama lapisan tanah liat.
  3. Lapisan bawah, lapisan bawah adalah lapisan batuan yang masih belum sempurna pembentukannya.
  4. Lapisan batuan induk, dalam lapisan ini terdapat bebatuan padat menjadi penyusunnya.
  5. Buat saat ini pambahasan mengenai struktur bumi cukup hingga disini. Pada lain kesempatan kita akan membahas materi mengenai struktur bumi yaitu pada bagian tanah serta lapisan atmosfer bumi.

0 komentar