Sistem Endokrin

Sistem endokrin atau sistem hormon mencakup kelenjar endokrin yang tersebar di penjuru tubuh. kelenjar ini menghasilkan zat kimia pembawa pesan, disebut hormon, dan melepasnya ke aliran darah.

Hormon mengendalikan tingkat kerja organ dan kelenjar target. Sistem endokrin bersama dengan sistem saraf, mengendalikan dan mengkoordinasi semua aktifivitas tubuh.

Jika sistem saraf bekerja cepat dengan hasil jangka pendek, maka hormon bekerja lebih lambat dengan dampak lebih lama. Kelenjar endokrin meliputi :
  • kelenjar Pineal yang mengendalikan jadwal tidur dan bangun harian 
  • Kelenjar paratiroid penentu jumlah kalsium dalam darah
  • kelenjar tiroid pengendali  metabolisme (tingkat tubuh menggunakan energi); 
  • kelenjar adrenal  yang melepas sejumlah hormon, salah satunya hormon adrenalin yang dapat mempercepat denyut jantung dalam kondisi stress.
  • Kelenjar Pankreas yang mengendalikan jumlah gula darah (pemasok energi pada tubuh)
  • Kelenjar ovarium dan testis yang melepaskan hormon-hormon kelamin. Hormon ini menghasilkan karakter seksual sekunder, seperti berkembangnya buah dada pada perempuan dan munculnya rambut pada wajah laki-laki. 
 Sebagian besar, tetapi tidak seluruhnya, kelenjar endokrin dikendalikan oleh hormon yang dilepas oleh kelenjar pituitari di otak. Kelenjar Pituitari sendiri dikendalikan oleh Hipotalamus yang berdekatan dengan otak.

Kelenjar Pituitari

Gambar Kelenjar Pituitari pada Otak
Gambar Kelenjar Pituitari pada Otak
Kelenjar Pituitari terdiri atas du bagian. Pertama, lobus anterior yang menghasilkan sejumlah hormon, termasuk hormon pertumbuhan dan hormon pendorong kelenjar tiroid agar melepas hormon. Kedua, Lobus Posterior yang menyimpan 2 hormon yang dihasilkan oleh Hipotalamus , yaitu oksitosin dan hormon anti deuretik. Oksitosin menyebabkan kontraksi rahim saat proses melahirkan dan hormon antidiuretik mengendalikan konsentrasi urin.

Kelenjar Endokrin di Otak

Gambar kelenjar-kelenjar Endokrin di Otak
Gambar kelenjar-kelenjar Endokrin di Otak
Hiptalamus berperan penting dalam mengatur produksi hormon. Hipotalamus mengirim perintah ke sekitar kelenjar pituitari, yang kemudian akan melepas hormon. Hormon ini selanjutnya akan mempengaruhi kelenjar endokrin lain.

Cara Kerja Sistem Endokrin

Hormon dihasilkan kelenjar endokrin disekresikan ke dalam sistem peredaran darah dan dibawa oleh darah menuju jaringan target tertentu. Di sini, hormon melekatkan diri ke sel jaringan dan mengeluarkan pengaruhnya. Video dibawah ini adalah bagaimana menjelaskan tentang sistem Endokrin :
v style="text-align: justify;">


Berikut ini adalah simulasi tentang Kelenjar Endokrin semoga membantu Anda :


Kelenjar Endokrin

Kelenjar Endokrin

0 komentar