Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 1 Tema 2 Kegemaranku

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 SD Tema 2 berjudul "Kegemaranku" ,  terdiri dari 4 Sub Tema  : Gemar Berolahraga, Gemar Bernyanyi dan Menari, Gemar Menggambar dan Gemar Membaca.


Pada Tema 1 Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 1 ini terdapat Karakteristik sebagai berikut :
  1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
  3. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  4.  Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Pada semester 1 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin  diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Belajar, Ayo Amati, Ayo Berlatih, Ayo Berkreasi, Ayo Mendengarkan, Ayo Bercerita, Ayo Menulis, Ayo Diskusikan, Ayo Menyanyi, Ayo Lakukan, Ayo Berhitung, Ayo Bermain Peran, Ayo Menggambar, Ayo Kerjakan, Ayo Bekerja Sama, Ayo Berlatih, Ayo Renungkan, dan Belajar di Rumah.
  7. Buku ini bersifat serbamencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah. 
  8. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul  Belajar di Rumah. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua  bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa. 
  9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan teks-teks itu, khusus untuk buku kelas 1 penggunaan tanda baca hanya pada yang bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda hubung (-) dan tanda tanya (?). Namun harus dipastikan bahwa tanda-tanda baca tersebut belum diajarkan kepada siswa. 
  10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan icon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
  11. Lembar penilaian merupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakan sebagai alat penilaian pencapaian kompetensi. Namun guru dapat mengembangkan alat penilaian sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 1 Tema 2 Kegemaranku
Untuk memudahkan bapak ibu Guru Kelas 1 dalam memahami per sub tema, saya bagi menjadi 5 Potongan yang bisa anda unduh dengan rincian sebagai berikut :


  1. Kata Pengantar
  2. Gemar Berolahraga
  3. Gemar Bernyanyi dan Menari
  4. Gemar Menggambar
  5. Gemar Membaca

Selamat beraktifitas !
Semoga Berkah dan Bermanfaat !
Jangan Lupa Tunyuk woro-woronya !


0 komentar