Teknik Penggunaan Dienes Blocks

Block Dienes
Blok Dienes adalah salah satua alat peraga yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Alat peraga ini cukup efektif untuk siswa SD kelas rendah, anak bisa bereksplorasi dan menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan bagi anak.
Banyak anak cenderung memiliki pemahaman yang agak terbatas dari sistem nomor. Secara khusus, saya melihat bahwa banyak dari anak-anak yang mengalami kesulitan dalam matematika kurang memahami nilai angka yang mereka hadapi.
Sebagian besar anak-anak diajarkan keterampilan membagi angka menjadi bagian-bagian penyusunnya ratusan, puluhan dan satuan. Misalnya, mereka tidak mengalami kesulitan mengatakan bahwa jumlah 378 terdiri dari 3 ratusan, 7 puluhan, dan 8 orang. Namun, ketika ditanya untuk membagi nomor ini dengan cara yang berbeda mereka mengalami kesulitan.
Apa yang mereka telah diajarkan adalah dengan melihat angka-angka dalam cara yang abstrak. pengetahuan mereka tentang apa yang ratusan, puluhan dan satuan yang hanya didasarkan pada posisi digit. Pemahaman sebenarnya dari nilai angka-angka ini hilang.
Sebuah cara yang umum mengajar anak-anak adalah dengan menggunakan dienes blok untuk memberikan anak-anak contoh praktis dari apa yang nomor seperti di dunia nyata. Misalnya, satu dapat menempatkan di depan anak 3 ratusan blok, 7 puluhan dan 8 orang untuk menggambarkan jumlah 378. Namun, seberapa sering kita menyajikan nomor ini dengan cara yang berbeda? Misalnya, jumlah yang sama dapat direpresentasikan sebagai 37 puluhan dan 8 orang, atau 378 orang, atau 2 ratusan, 17 puluhan dan 8 orang.
Pengalaman ini sangat penting untuk memberikan anak-anak pemahaman yang mendalam dan konkret dari sistem bilangan. Hal ini juga sangat penting jika anak-anak untuk menjadi efisien dan dapat diandalkan di menghitung.
Mempertimbangkan anak yang memahami sistem bilangan adalah murni berdasarkan pemahaman yang terbatas dari sistem nomor yang dijelaskan di atas. Ketika diminta untuk melakukan perhitungan 173 + 50, mereka dihadapkan dengan tantangan menambahkan 7 puluhan hingga 5 puluhan dan kemudian mengingat untuk menambahkan ekstra ratus mereka telah diciptakan untuk seratus kolom. Itu cukup rumit hanya untuk menuliskan, apalagi mengerti. Ia mendapat lebih buruk ketika berhadapan dengan mengurangkan. Namun, mempertimbangkan anak yang percaya diri di mengganti nama angka dalam berbagai cara. anak ini mengerti bahwa 173 dapat dibagi menjadi 17 puluhan dan 3 orang. Oleh karena itu merupakan langkah mudah bagi mereka untuk menambah 5 puluhan tambahan ini dan menyadari bahwa nomor baru akan terdiri dari 22 puluhan dan 3 orang (223).

Ini adalah keyakinan saya bahwa, kita mungkin terlalu sedikit memberi perhatian dan waktu mengajar yang diberikan untuk membantu anak-anak memahami cara-cara yang berbeda di mana nomor dapat diwakili dan berganti nama. Saya juga akan berpendapat bahwa keterampilan ini benar-benar penting dalam membantu anak-anak menjadi percaya diri dan efisien saat menghitung.

7 komentar