JIKA ADA PERTANYAAN SEPUTAR KONTEN DALAM BLOG INI, SILAHKAN INBOX FB SAYA SAJA KARENA SAYA SERING TIDAK SEMPAT MEMBACA KOMENTAR FACEBOOK DI TIAP POSTING

Sabtu, 28 April 2012

Teknik Penggunaan Dienes Blocks

Blok Dienes adalah salah satua alat peraga yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Alat peraga ini cukup efektif untuk siswa SD kelas rendah, anak bisa bereksplorasi dan menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan bagi anak. Kendala pada umumnya adalah  karena biasanya sekolah tidak memiliki dalam jumlah banyak, tidak semua siswa dapat menggunakannya dengan leluasa. Dewasa ini telah berkembangkan program visualisasi blocks dienes dengan komputer, untuk mengatasi keterbatasan tersebut.

Pada dasarnya pengguanaan blok Dienes cukup mudah. Berikut adalah beberapa video yang dapat memberikan gambaran, bagaimana menggunakan alat peraga ini.
Selamat menyaksikan, sekalian memperlancar kemampuan berbahasa inggris, soalnya belum menemukan video dengan bahasa Indonesia, :)

1. Penggunaan dalam operasi pengurangan 1 (pengurangan dua angka )

2. Penggunaan dalam operasi pengurangan 2 (pengurangan tiga angka )


3. Penggunaan dalam pengurangan dengan nol (nol)


4. Penggunaan dalam operasi perkalian


5. Penggunaan Dalam Operasi Penjumlahan


4 komentar:

  1. Oia Bu"Asih...ada gak konsep Blok Dienes termasuk cara-cara penggunaannya...di mbah Google dah capek saya cari gk dapat-dapat.

    BalasHapus
  2. Mungkin anda bsa mereview sendiri dari video di atas,....saya jg blm menemukan

    BalasHapus
  3. asyik bu blognya ^__^...o ya salam kenal deh...

    salam hangat dari Balikpapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal balik Pak Arya Devi....terima kasih sdh meninggalkan jejak di sini.

      Hapus

MESIN PENCARI