"Pendidikan Karakter" Satu lagi PR kita....

Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran, menjadi satu "pe-er" baru bagi para pendidik. Hal tersebut memang tidak dapat diabaikan mengingat kondisi para generasi muda kini, banyak yang jauh dari kepribadian yang luhur.

Seharusnya orang tua sebagai pendidik anak yang pertama dan utama lebih banyak berperan dalam pembentukan karakter anak, namun di tengah budaya modern kini, banyak orang tua yang meninggalkan peran tersebut. Padahal fakta membuktikan karakter seseorang, lebih banyak menentukan kualitas seorang manusia ketimbang kecerdasannya.

Sebagai seorang pendidik saya sendiri masih meraba-raba cara yang jitu dalam menanamkan karakter yang luhur pada anak-anak. Sebagai guru Sekolah Dasar, saya menyadari bahwa saya memiliki tugas "lebih". Namanya juga Sekolah Dasar, di sanalah dasar-dasar keilmuan pertama kali ditanamkan. Keberhasilan kami menentukan keberhasilan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, demikian juga dalam hal pendidikan karakter ini.

Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam pendidikan karakter bagi anak-anak usia Balita hingga Sekolah Dasar adalah dengan mengajak anak-anak menyaksikan video yang "berkualitas". Berikut adalah beberapa video yang saya temuka di YouTube  . Video-video ini mungkin juga bermanfaat bagi Anda

A. .Video pendidikan karakter untuk anak usia Balita
Video ini lebih cocok bagi anak-anak usia balita, untuk menanamkan nilai kemandirian pentingnya menjaga kebersihan diri, dan rasa tanggung jawab.

1. Aku Bisa Merapikan Mainanku Sendiri



Saksikan juga beberapa vdeo yang sejenis:
2. Aku bisa makan sendiri
3. Aku bisa pakai baju sendiri
4. Aku bisa mandi sendiri

B. Video Pendidikan karakter untuk anak usia SD
  1. Maafkan
  2. Malaikat Alloh
  3. Adikku


Untuk mengunduh video di atas dan juga video lain yang serupa, anda dapat mengcopy URL video yang anda inginkan, kemudian diunduk melalui www.keepvid.com

0 komentar