JIKA ADA PERTANYAAN SEPUTAR KONTEN DALAM BLOG INI, SILAHKAN INBOX FB SAYA SAJA KARENA SAYA SERING TIDAK SEMPAT MEMBACA KOMENTAR FACEBOOK DI TIAP POSTING

Selasa, 13 September 2011

Soal IPS Kelas 3

PB : Lingkungan Alam dan Buatan

Latihan 1
A. Pilihlah jawaban paling tepat!
1. Alam semesta adalah ciptaan ….
a. manusia
b. nenek moyang
c. Tuhan Yang Maha Esa
d. pahlawan

2. Pohon-pohon yang ditanam di halaman sekolah bermanfaat untuk ….
a. pelengkap
b. diambil kayunya
c. peneduh dan penyejuk
d. dipetik buahnya

3. Kita harus senantiasa berusaha … kelestarian lingkungan.
a. memanfaatkan
b. membiarkan
c. merusak
d. menjaga

4. Membuang sampah ke sungai dapat mengakibatkan ….
a. banjir
b. longsor
c. gempa
d. kekeringan

5. Tebang pilih adalah menebang pohon yang dilakukan dengan cara menebang ….
a. sembarangan
b. semua pohon
c. pohon yang sudah tua
d. pohon yang masih muda


6. Desa terdiri atas beberapa ….
a. dusun
b. kota kecamatan
c. kelurahan
d. kota kabupaten

7. Contoh batas wilayah buatan adalah ….
a. sungai
b. perbukitan
c. tugu
d. persawahan

8. Ikan yang dihasilkan dari tambak di dekat laut biasanya adalah ….
a. tongkol dan tengiri
b. bandeng dan udang
c. tawes dan gurami
d. arwana dan koi

9. Tanah di daerah aliran sungai cocok untuk ….
a. mendirikan kantor
b. membuka sawah
c. membangun rumah
d. mendirikan pabrik

10. Sebagian besar penduduk yang tinggal di desa biasanya bermata pencaharian sebagai ….
a. pegawai
b. pedagang
c. nelayan
d. petani

11. Persawahan adalah termasuk wilayah ….
a. perbukitan
b. pegunungan
c. daratan
d. perairan

12. Berikut adalah manfaat pembuatan waduk kecuali ….
a. irigasi
b. budi daya ikan air tawar
c. objek wisata
d. transportasi

13. Batas antara laut dan daratan disebut ….
a. rawa
b. lembah
c. pantai
d. sungai

14. Wilayah daratan dapat berupa ….
a. sungai
b. danau
c. rawa
d. lembah

15. Contoh ketampakan atau lingkungan buatan adalah ….
a. waduk
b. sungai
c. gunung
d. laut

B. Isilah dengan jawaban yang benar!
1. Rumah, gedung, dan jembatan termasuk ketampakan ….
2. Gunung, sungai, dan laut termasuk ketampakan ….
3. Jembatan berguna untuk menghubungkan ….
4. Membuang sampah … dilakukan di sembarang tempat.
5. Rumah bermanfaat sebagai tempat ….
6. Hutan yang lebat dapat mencegah ….
7. Ketertiban dan keamanan lingkungan harus….
8. Melestarikan lingkungan alam dan buatan bermanfaat untuk….
9. Perkebunan teh diusahakan di daerah yang udaranya ….
10. Tanpa udara, semua makhluk hidup akan ….

C. Jawablah dengan benar!
1. Bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan hidup?
2. Sebutkan dua ketampakan alam dan dua ketampakan buatan!
3. Apa saja penyebab terjadinya banjir?
4. Apa manfaat tanah yang subur?
5. Apa saja penyebab terjadinya pencemaran udara?

Latihan 2
A. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X)
pada huruf a, b, atau c!
1. Berikut ini yang termasuk kenampakan alam ialah . . . .
  1. sawah, rumah
  2. gunung, laut
  3. jalan, sawah

2. Berikut ini yang termasuk kenampakan buatan ialah . . . .
  1. sawah, rumah
  2. gunung, laut
  3. jalan, laut

3. Manfaat sawah adalah . . . .
  1. tempat menanam padi
  2.  untuk mencuci
  3. untuk berteduh

4. Manfaat sungai adalah . . . .
  1. tempat menanam padi
  2. untuk mencuci
  3. untuk berteduh

5. Berikut ini yang merupakan cara merawat lingkungan adalah . . . .
  1. mencoret-coret tembok
  2. sering menguras bak mandi
  3. membuang sampah ke selokan

6. Cara menjaga kebersihan yang baik yaitu . . . .
  1. membuang sampah ke selokan
  2. membuang sampah pada tempat sampah
  3. mencoret-coret tembok

7. Air hujan akan . . . oleh akar tumbuhan.
  1. diserap
  2. dibuang
  3. dibiarkan

8. Di bawah ini perbuatan yang melestarikan tanaman adalah . . . .
  1. menebangi pohon sembarangan
  2. menyirami tanaman
  3. mengotori tanaman

9. Rumah perlu kita rawat agar . . . .
  1. kita hidup nyaman
  2. cepat rusak
  3. dipuji orang lain

10. Melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab . . . .
  1. Ketua RT
  2. semua warga
  3. Kepala Desa

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Membuang sampah sebaiknya di . . . .
2. Pak Tani menanam padi di . . . .
3. Gunung dan sungai merupakan contoh lingkungan . . . .
4. Lingkungan harus kita . . . .
5. Manfaat rumah adalah . . . .

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan?
2. Sebutkan macam-macam lingkungan!
3. Bagaimana sebaiknya memperlakukan lingkungan?
4. Mengapa lingkungan harus kita lestarikan?
5. Sebutkan contoh upaya pelestarian halaman rumah!


PB2 : Denah dan Peta Lingkungan Sekitar Rumah dan Sekolah

A. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c!
1. Gambar yang menunjukkan suatu tempat disebut . . . .
  1. denah
  2. lingkungan
  3. arah mata angin

2. Penunjuk arah pada denah disebut . . . .
  1. garis
  2. keterangan
  3. arah mata angin

3. Arah mata angin antara timur dan selatan adalah . . . .
  1. timur laut
  2. tenggara
  3. utara

4. Arah yang menunjukkan terbitnya matahari adalah arah . . . .
  1. timur
  2. barat
  3. utara

5. Gambar yang menunjukkan suatu tempat yang lebih luas dengan menggunakan skala disebut . . . .
  1. denah
  2. peta
  3. arah mata angin

6. Jika ingin mengunjungi tempat yang belum diketahui alamatnya, sebaiknya kita membawa . . . .
  1. gambar rumah
  2. denah lingkungan
  3. catatan tentang jarak

7. Denah berguna untuk . . . .
  1. mempermudah bertanya
  2. mempermudah belajar
  3. mempermudah mencari tempat

8. Ketika kita menghadap ke utara, maka belakang kita adalah arah . . . .
  1. timur
  2. selatan
  3. barat

9. Ruang tamu, ruang makan, dan dapur merupakan bagian dari denah . . . .
  1. rumah
  2. kampung
  3. sekolah

10. Ruang kelas, perpustakaan, dan ruang guru merupakan bagian dari denah . . . .
  1. rumah
  2. kampung
  3. sekolah

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Denah adalah . . . .
2. Penunjuk arah mata angin disebut juga . . . .
3. Denah berguna untuk menunjukkan letak . . . .
4. Arah yang ditunjukkan antara barat dan utara adalah . . . .
5. Peta adalah . . . .

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Apakah manfaat denah?
2. Apa yang dimaksud dengan orientasi!
3. Bagaimana cara menggambar denah sekolah?
4. Bagaimana cara menggambar denah rumah?
5. Apakah manfaat arah mata angin?


Latihan 2
A. Pilihlah jawaban paling tepat!
1. Dalam mata angin arah utara selalu berada di posisi ….
  1. kanan
  2. kiri
  3. atas
  4. bawah

2. Sebelum kompas ditemukan, pada zaman dulu untuk menentukan arah mata angin menggunakan ….
  1. bulan
  2. jam tangan
  3. jangkar
  4. matahari

3. Antara arah barat dan selatan adalah arah ….
  1. barat daya
  2. timur laut
  3. barat laut
  4. tenggara

4. Pada waktu Doni berdiri menghadap ke arah matahari, berarti punggungnya menghadap ke arah ….
  1. utara
  2. timur
  3. selatan
  4. barat

5. Arah tenggara adalah arah yang terletak di antara….
  1. arah timur dan utara
  2. arah timur dan selatan
  3. arah barat dan selatan
  4. arah barat dan utara

6. Berdasarkan denah sekolah materi di depan, kantin SD Bakalan 01 berada di dekat….
  1. ruang UKS
  2. ruang kelas 1
  3. ruang kelas 2
  4. ruang penjaga

7. Alat untuk menunjukkan arah disebut ….
  1. mata angin
  2. bulan purnama
  3. matahari
  4. planet

8. Matahari terbenam di sebelah….
  1. timur
  2. utara
  3. barat
  4. selatan

9. Gambar yang menunjukkan tempat duduk siswa adalah ….
  1. denah sekolah
  2. denah kelas
  3. denah kantor
  4. denah rumah

10. Pada waktu istirahat kita dapat meminjam dan membaca buku di ….
  1. ruang guru
  2. kantin sekolah
  3. ruang perpustakaan
  4. koperasi sekolah

11. Penanaman pohon di taman bermanfaat sebagai ….
  1. penghalang
  2. peneduh
  3. perusak
  4. bahan bangunan

12. Pada surat undangan sering disertai dengan lembaran untuk menunjukkan tempat atau lokasi yang disebut ….
  1. foto
  2. surat
  3. denah
  4. agenda

13. Apabila kamu berdiri menghadap ke arah selatan maka di samping kananmu menunjukkan arah….
  1. timur
  2. barat
  3. tenggara
  4. utara

14. Pada kompas ada jarum yang selalu menunjukkan arah ….
  1. barat-timur
  2. utara-selatan
  3. timur-selatan
  4. utara-barat

15. Pada waktu istirahat sebaiknya jajan di ….
  1. restoran
  2. kantin sekolah
  3. warung di pinggir jalan
  4. mal

B. Isilah dengan jawaban yang benar!
1. Antara arah utara dan timur adalah arah ….
2. Jika kita tidak mengetahui arah, kita dapat memanfaatkan ….
3. Para nelayan saat berlayar pada malam hari memanfaatkan … untuk menentukan arah.
4. Gambar yang menunjukkan letak bagian-bagian dari suatu tempat disebut….
5. Denah sekolah dapat dimanfaatkan untuk mengenal lebih jelas tentang….
6. Mata angin berguna untuk mengetahui ….
7. Antara timur laut dan tenggara terdapat arah ….
8. Antara selatan dan barat terdapat arah ….
9. Meja dan kursi murid di depan kelas menghadap….
10. Ruangan untuk merawat sementara bagi murid yang sakit adalah….

C. Jawablah dengan benar!
1. Gambarkan arah mata angin yang lengkap!
2. Sebutkan batas-batas sekolahmu!
3. Gambarkan denah dari rumah sampai sekolah kalian!
4. Apa manfaat penghijauan di lingkungan sekolah?
5. Apa yang dimaksud dengan denah?

Dikutip dari 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI kelas III/ Oleh Muhammad Nursa’ban dan Rusmawan; editor Enny Sukasih dan Sri Wahyuni.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI Kelas III / Sunarso, Anis Kusuma

0 komentar:

Poskan Komentar

MESIN PENCARI